Apa Sajakah Tanda-Tanda Dari Mata Lelah?

DokterSehat.Com – Mata yang lelah adalah salah satu masalah yang cukup banyak dihadapi oleh masyarakat modern yang tinggal di perkotaan. Banyaknya pekerjaan yang menuntut kejelian dari mata yang dikerjakan dalam waktu yang lama akan membuat mata terasa sangat berat dan lelah. Hanya saja, ada beberapa orang yang masih belum tahu kapan saat yang baik untuk mengistirahatkan matanya sejenak sehingga matanya pun terus dipaksa bekerja dan beresiko mengalami kerusakan. Berikut adalah tanda-tanda mata sudah mengalami kelelahan.

doktersehat-mata-kerja

Penyebab utama dari mata lelah sangatlah bervariasi. Banyak pekerja kantoran yang merasakan mata lelah setelah seharian menatap layar komputer sebagaimana para pecandu internet atau game. Selain itu, mereka yang harus berkendara dalam jarak jauh dengan fokus yang tinggi atau para kutu buku pun akan cenderung mudah mengalami mata lelah. Mata yang sudah lelah biasanya dapat dikenali dengan beberapa gejala layaknya rasa yang sudah sangat berat dan terkadang berair. Dalam beberapa kasus, mata juga ikut terasa perih, kering, atau bahkan sedikit gatal. Jika mata sudah benar-benar sangat lelah, maka kita pun akan kehilangan fokus dalam pandangan dimana dalam beberapa kali pandangan bisa kabur dan sensitif pada cahaya. Selain itu, area kepala, leher, bahu, atau bahkan punggung juga biasanya ikut terasa nyeri jika mata kiat sudah lelah.

Untuk menangani mata yang sudah lelah, mau tidak mau kita memang harus mengistirahatkan mata. Jika mata kita lelah karena menatap layar komputer saat bekerja. Segera alihkan pandangan mata dari layar komputer. Berjalan kaki sejenak untuk melihat taman yang menenangkan bisa membuat mata kita segar kembali. Saat istirahat siang, kita juga bisa tidur siang sejenak untuk mengistirahatkan mata. Satu hal yang pasti, saat kita mengistirahatkan mata, ada baiknya kita tidak menatap layar ponsel atau gadget karena hal tersebut tentu sama saja dengan membuat mata kita bekerja keras kembali. Jika diperlukan, kita bisa memakai obat tetes mata yang bisa mengurangi iritasi atau gejala mata lelah. Berikan pula pijatan lembuat pada area kelopak mata atau pada otot-otot di bagian atas alis dan pipi. Pijatan ini juga bisa membuat mata kita segera rileks dan segar kembali.