Apa Sajakah Penyebab Nyeri Dada Di Bagian Kanan?

DokterSehat.Com – Nyeri pada dada seringkali akan membuat banyak orang merasa panik dan khawatir mengingat rasa nyeri ini bisa menjadi tanda akan adanya penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung. Memang, rasa waspada akan sangat baik dalam membuat kita awas terhadap beberapa gangguan kesehatan pada tubuh. Namun, jika area dada, khususnya dada sebelah kanan mengalami rasa nyeri, kita tidak perlu mengkhawatirkan kondisi kita terlalu berlebihan meskipun sebaiknya tetap memeriksakan kondisi ini ke dokter tedekat. Berikut adalah beberapa penyebab mengapa dada bagian kanan bisa mengalami rasa nyeri secara tiba-tiba.

doktersehat-tanda-serangan-jantung

Jantung berada pada dada sebelah kiri sehingga banyak orang yang merasa heran tentang apa yang terjadi pada dirinya jika yang terasa nyeri adalah dada sebelah kanan. Kadangkala rasa nyeri ini bisa terasa layaknya ada tusukan yang berlangsung cukup lama sehingga menyebabkan kekhawatiran. Bisa jadi rasa sakit ini disebabkan karena adanya penyakit kandung empedu. Penyakit kandung empedu biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak tinggi sehingga menyebabkan pengendapan yang pada akhirnya berakhir dengan adanya batu pada saluran empedu. Selain itu, bagian hati juga bisa mengalami peradangan sehingga akan menyebabkan rasa nyeri pada bagian kanan dada.

Pleura atau sebuah jaringan yang mengelilingi dan melindungi paru-paru juga bisa mengalami peradangan dan pada akhirnya menyebabkan rasa nyeri pada bagian kanan dada. Biasanya, peradangan pada pleura akan mudah dikenali dengan adanya rasa nyeri yang kontras dengan kondisi batuk atau tarikan nafas. Selain penyakit pleura, rasa nyeri pada bagian kanan dada juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi virus atau riwayat cedera dan trauma yang pernah terjadi pada area dada bagian kanan.

Baca Juga:  Awas, Depresi Bisa Menyerang Mereka yang Tidur Dengan Televisi Menyala

Kadangkala, rasa nyeri pada bagian kanan dada akan hilang dengan sendirinya. Namun, anda harus memastikan bahwa rasa nyeri ini tidak muncul lagi dengan frekuensi yang cukup sering atau jika sekali saja muncul rasa nyeri, rasa tersebut bisa berlangsung cukup lama. Jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan kesehatan yang tepat sehingga kondisi tubuh pun bisa menjadi lebih baik.