Apa Sajakah Penyebab Dari Radang Tenggorokan?

DokterSehat.Com – Musim hujan telah tiba dan banyak sekali penyakit yang berhubungan dengan tenggorokan dan saluran pernafasan pun menyerang. Tak percaya? Cobalah anda melihat banyaknya orang-orang di sekitar anda yang terkena flu atau batuk dikala musim hujan ini. Memang, hujan yang datang hampir setiap hari dan membuat suhu udara menjadi lebih lembab akan membuat penyakit mudah datang. Salah satu penyakit yang cukup menyiksa saluran pernafasan adalah radang tenggorokan.

doktersehat-pembesaran-tonsil-kelenjar-gondok-amandel-tenggorokan-Hipotiroidisme-Kelenjar-Tiroid-Hipotiroid-Hipertiroid-mual-gangguan-kelenjar-tiroid

Jika kita terserang radang tenggorokan, tenggorokan akan terasa sangat gatal, sakit, terbakar, dan bahkan akan membuat kita tersiksa saat menelan. Radang tenggorokan yang juga disebut sebagai faringitis ini seringkali disebabkan oleh adanya infeksi virus dan bakteri atau adanya gangguan pada saluran pencernaan dimana asam lambung bisa saja kembali ke atas atau yang disebut sebagai reflux. Virus-virus yang menyebabkan radang tenggorokan biasanya adalah firus flu atau influenza dan juga virus croup, sebuah virus yang bisa menyebabkan batuk yang sangat keras layaknya menggonggong. Sementara itu, bakteri yang bisa menyebabkan radang tenggorokan adalah streptococcus pyogenes, sebuah bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan. Beberapa penyebab lain dari radang tenggorokan adalah makanan berlemak layaknya gorengan hingga polusi udara dan konsumsi air es yang tidak higienis.

Selain memberikan rasa sakit pada tenggorokan, batuk, dan gejala pilek, radang tenggorokan juga bisa memicu tubuh mengalami demam hingga suhu 38 derajat Celcius. Penderita radang tenggorokan juga akan mengalami rasa nyeri dan pegal-pegal pada beberapa otot-otot tubuh. Selain itu, kepala juga akan terasa sakit dan disertai dengan tubuh yang terasa lemah dan lesu. Untuk mengatasinya, mau tidak mau kita harus memeriksakan kondisi kita ke dokter untuk meredakan masalah radang tenggorokan ini. Hal ini dikarenakan beberapa jenis penyakit lain ternyata memberikan gejala radang tenggorokan sehingga kita harus mewaspadai penyakit ini.

Baca Juga:  Mengkonsumsi Tiga Asupan Sebelum Berolahraga

Radang tenggorokan bisa dihindari jika kita menghindari makanan yang cenderung berlemak, pedas, dan panas yang bisa memicu reflux asam lambung. Selain itu, kebiasaan buruk mengkonsumsi alkohol dan merokok juga harus dihilangkan selain dengan cara menjaga saluran pernafasan kita dari polusi yang bisa membuat masalah pada saluran pernafasan kita dengan mudah.