Apa Sajakah Pemicu Gatal-Gatal Pada Kelamin?

DokterSehat.Com – Rasa gatal memang bisa saja muncul pada semua bagian tubuh. Namun, andai gatal-gatal ini menyerang kelamin kita, kita tentu akan merasa sangat terganggu, apalagi jika rasa gatal ini muncul saat kita sedang dalam acara resmi atau bertemu dengan orang lain. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika gatal-gatal pada area kelamin kerap kali disebabkan oleh iritasi dan seringkali akan menghilang dengan sendirinya. Namun, sebenarnya, apa sajakah pemicu gatal-gatal pada kelamin kita?

doktersehat-pria-khitan-penis-sehat-bakteri-bersih-kecil-gemuk-manfaat-sunat

Bagi kaum wanita, ada banyak sekali pemicu gatal-gatal pada kelaminnya. Sebagai contoh, infeksi jamur atau infeksi bakteri kerap kali menjadi pemicu utama gatal-gatal pada kelamin wanita. Selain itu, ada pula penyebab lain layaknya munculnya penyakit kulit atau infeksi kutu, adanya iritasi yang disebabkan oleh sabun atau produk pembersih lainnya, penggunaan kertas toilet saat buang air, penggunaan pembalut, adanya alat kontrasepsi vaginal, penyakit kulit layaknya kudis, eksim, dan psoriasis, hingga fluktuatifnya kadar hormon estrogen saat menjelang fase menstruasi.

Penyebab gatal-gatal pada alat kelamin pria juga cukup beragam; dari adanya infeksi jamur, munculnya penyakit menular seksual layaknya herpes genital, kutil kelamin, atau bahkan kudis, adanya kutu pada bulu kemaluan, penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat, inflamasi pada kulup penis karena kurang terjaganya kebersihan kelamin, infeksi jamur, atau adanya reaksi alergi.

Andai rasa gatal tak kunjung mereda, ada baiknya kita segera berkonsultasi pada dokter karena andai kita asal menggunakan obat, bisa jadi kita akan menimbulkan masalah baru pada kelamin. Sebagai contoh, kaum wanita harus menjaga kebersihan dan keseimbangan kadar pH pada alat kelaminnya sehingga tidak bisa sembarangan menggunakan obat pereda rasa gatal. Selain itu, ada baiknya kita tidak sembarangan menggaruk kulit pada kelamin karena dikhawatirkan memicu iritasi atau lecet-lecet yang tentu akan membuat rasa tidak nyaman.