Apa Sajakah Manfaat Melakukan Latihan Kardio?

DokterSehat.Com – Jika kita mendengar kata kardio, maka kita akan berpikir tentang kardiovaskular yang berkaitan erat dengan organ jantung dan juga pembuluh darah. Selain itu, kardio juga diartikan sebagai sebuah latihan yaang bisa membuat organ jantung lebih sehat dan aliran darah pun menjadi lebih lancar. Dengan melakukan latihan kardio, banyak otot-otot yang mendukung kinerja jantung menjadi lebih kuat dan juga mendukung kelancaran pembuluh darah sehingga kita pun bisa mempertahankan kesehatan jantung dengan lebih baik.

doktersehat-olahraga-exercise-sehat

Terdapat banyak sekali jenis latihan kardio yang bisa kita lakukan. Beberapa olahraga sederhana layaknya berjalan kaki, berlari, berenang, bersepeda, hiking, atau bahkan aerobik ternyata juga termasuk dalam latihan kardio. Dengan melakukan olahraga-olahraga tersebut, kita akan membuat jantung menjadi lebih terlatih dan berdetak dengan lebih cepat sehingga kekuatan jantung pun menjadi lebih baik. Kita pun akan menekan resiko terkena penyakit jantung atau stroke dengan signifikan jika rajin melakukan latihan kardio.

Selain membuat kesehatan jantung menjadi lebih baik, pakar kesehatan juga menyebut latihan kardio bisa memberikan efek yang baik bagi organ paru-paru. Sebagaimana kita ketahui, fungsi utama paru-paru bagi tubuh adalah untuk mengelola oksigen dan juga karbondioksida pada darah. Dengan melakukan latihan kardio secara rutin, paru-paru pun akan menggunakan oksigen dengan jauh lebih efisien. Darah segar yang kaya dengan oksigen pun akan semakin lancar mengalir ke seluruh tubuh. Latihan kardio juga sangat baik bagi organ otak karena diyakini mampu membuat kinerja kognitif otak meningkat hingga 25 persen. Suplai darah yang kaya dengan oksigen yang semakin baik dianggap sebagai penyebab semakin membaiknya kinerja otak.

Latihan kardio juga bisa memberikan kebaikan bagi tampilan fisik tubuh. Seiring dengan semakin lancarnya sirkulasi darah, maka kulit tubuh pun akan tampak jauh lebih sehat, lebih cerah, dan juga berseri-seri. Kulit mendapatkan asupan yang lebih baik sehingga banyak racun, radikal bebas, dan kotoran-kotoran yang dibersihkan dari sel kulit. Selain untuk kulit, latihan kardio juga bisa memberikan efek yang baik dalam hal menurunkan berat badan mengingat semakin banyaknya kalori yang dibakar saat kita melakukan latihan kardio dengan rutin. Jadi, sudahkah anda melakukan latihan kardio hari ini?