Apa Sajakah Manfaat Dari Melakukan Olahraga di Akhir Pekan?

DokterSehat.Com – Banyaknya pekerjaan atau bahkan pekerjaan rumah tangga membuat banyak orang tak sempat lagi melakukan olahraga di hari kerja. Untuk mensiasatinya, banyak orang yang kini melakukan olahraga tersebut di akhir pekan saja. Sebuah pertanyaan pun muncul, sebenarnya apakah olahraga di akhir pekan bisa memberikan manfaat bagi tubuh?

doktersehat-olahraga-lari-sehat

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Loughborough University dan juga University of Sidney, diketahui bahwa olahraga di akhir pekan ternyata sudah mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Dengan rutin melakukannya, maka resiko terkena kematian dini pun bisa menurun dengan signifikan.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan melibatkan lebih dari 64 ribu orang yang berusia 40 tahun yang berasal dari Inggris dan Skotlandia. Para partisipan ini diketahui rutin melakukan olahraga setidaknya satu atau dua hari setiap pekannya dan mereka ternyata mampu menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular hingga 41 persen dan penyakit kanker sebesar 18 persen. Sementara itu, mereka yang rutin melakukan olahraga dengan frekuensi lebih dari dua kali dalam seminggu, maka resiko terkena penyakit kardiovaskular bisa menurun hingga 41 persen dan resiko terkena kanker juga bisa menurun hingga 21 persen.

Salah seorang peneliti, Gary O’Donovan, menyebutkan bahwa meskipun hanya sempat dilakukan di akhir pekan, ada baiknya memang kita tetap melakukan olahraga karena memang bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan layaknya membuat tubuh tetap bugar dan menurunkan resiko terkena penyakit. Beberapa olahraga layaknya berjalan kaki, berlari, atau bersepeda bisa kita pilih untuk dilakukan di akhir pekan karena bisa membuat tubuh sehat sekaligus bisa menurunkan kadar stress dengan signifikan. Hanya saja, mengingat rekomendasi pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa kita sebaiknya berolahraga minimal 150 menit dalam seminggu, maka di hari kerja ada baiknya kita menyempatkan diri untuk berjalan kaki atau melakukan olahraga ringan lainnya agar tubuh tetap sehat.