Apa Sajakah Jenis Alas Kaki Yang Tidak Baik Bagi Tubuh?

DokterSehat.Com – Alas kaki adalah salah satu benda yang sangat berguna bagi tubuh untuk kehidupan sehari-hari. Dengan adanya alas kaki, anda bisa berjalan di jalan yang panas di siang nan terik atau menghindari luka yang diakibatkan batu yang tajam. Kini, alas kaki juga memiliki fungsi estetika bagi penampilan manusia. Sayangnya, dari berbagai alas kaki yang terlihat cantik untuk digunakan, tidak semua alas kaki tersebut baik untuk digunakan. Apa sajakah alas kaki yang kurang baik digunakan oleh tubuh?

doktersehat-sepatu-wanita

Sandal jepit ada dalam daftar pertama alas kaki yang sebaiknya tidak digunakan sembarangan. Memang, sandal jepit sangatlah praktis dan bisa kita gunakan untuk berjalan kemana-mana. Sayangnya, banyak orang yang memakai sandal jepit untuk berbagai keperluan tanpa memperhatikan keamanan kaki. Sebagai contoh, banyak orang yang tetap memakai sandal jepit meskipun sedang mengendarai sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh. Sandal jepit memang nyaman dan akan melindungi bagian bawah kaki, tapi secara keseluruhan telapak kaki tidak benar-benar terlindungi dan jika terjadi kecelakaan kaki pun akan mudah terluka karena tidak ada lagi pelindungnya. Gunakan sandal jepit untuk keperluan dekat-dekat rumah saja.

Bagi para wanita, sepatu hak tinggi adalah salah satu cara untuk menaikkan kepercayaan diri. Sepatu hak tinggi memang bisa membuat postur tubuh menjadi lebih cantik. Sayangnya, sepatu hak tinggi bisa memberikan efek kesehatan yang tidak baik bagi tubuh. Beberapa penyakit layaknya achilles tendoitis atau bahkan gangguan tulang belakang bisa didapatkan jika kita memakai sepatu hak tinggi terlalu sering, khususnya jika anda wanita karir yang memperhatikan penampilan dengan maksimal. Selain sepatu hak tinggi, sepatu dengan ujung lancip juga akan membuat peradangan diantara jari-jari kaki yang bisa membuat kaki terasa nyeri.

Baca Juga:  Tips Menurunkan Bobot Badan

Sepatu flat shoes kerap kali dianggap sebagai solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan tampilan cantik namun tidak berbahaya layaknya memakai sepatu hak tinggi. Sayangnya, sepatu flat shoes sebenarnya hanyalah jenis lain dari sandal jepit yang terlihat layaknya sepatu. Bantalan sepatu ini kurang memberikan perlindungan bagi kaki karena tidak sesuai dengan proporsi kaki dan tekanan tubuh pada kaki saat berjalan. Jika kita terlalu sering memakai flat shoes, maka kita akan beresiko mengalami masalah tendonitis atau plantar fascitis.