Apa Sajakah Hal Yang Bisa Menyebabkan Kadar Gula Darah Meningkat?

DokterSehat.Com – Jika kita mendengar tentang tingginya kadar gula dalam darah, maka kita tentu akan langsung teringat dengan penyakit diabetes yang sangat membahayakan. Penyakit diabetes sendiri cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia mengingat cukup banyak orang yang mengidapnya. Tingginya penderita diabetes disebabkan oleh fakta dimana pola makan masyarakat biasanya tidak begitu baik dan bahkan sama sekali tidak sehat. Berikut adalah beberapa penyebab paling umum meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.



Membicarakan tentang kadar gula dalam darah yang tinggi maka kita tentu harus memperhatikan pola makan kita. Apakah kita terlalu sering mengkonsumsi makanan yang terasa manis? Makanan yang manis jika dikonsumsi terlalu banyak ternyata memang bisa meningkatkan kadar gula darah dengan signifikan. Padahal, makanan layaknya es buah, kue, atau bahkan makanan jalanan layaknya martabak manis telah menjadi favorit bagi banyak orang. Agar kadar gula darah kita tidak naik dengan signifikan, ada baiknya kita membatasi konsumsi makanan-makanan manis tersebut meskipun terasa sangat enak. Selain makanan-makanan yang manis, makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi juga bisa menjadi penyebab naiknya kadar gula dalam darah sehingga harus kita waspadai.

Selain karena konsumsi makanan yang kurang sehat, kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh juga bisa disebabkan karena gaya hidup yang kurang baik. Jika kita termasuk orang yang jarang melakukan olahraga, maka akan ada banyak kalori yang tidak bisa dibakar sehingga kalori yang terpendam dalam tubuh membuat kadar gula dalam darah meningkat. Selain kurang berolahraga, masyarakat modern juga cenderung lebih sering mendapatkan stress atau depresi karena berbagai faktor, khususnya karena pekerjaan sehari-hari yang memberikan tuntutan yang sangat tinggi. Tanpa kita sadari, stress juga bisa memicu naiknya kadar gula dalam darah sehingga kita pun harus pandai-pandai mengelola stress untuk menghindari hal ini.

Baca Juga:  Kesalahan Dalam Membersihkan Vagina Ini Kerap Dilakukan Oleh Wanita

Dengan kadar gula darah yang berada dalam level yang normal, maka kita pun bisa menurunkan resiko terkena penyakit diabetes dengan signifikan. Cobalah untuk menerapkan gaya hidup yang sehat dengan mengatur pola makan, stress, hingga rajin-rajin berolahraga sehingga gula darah pun akan tetap dalam level yang normal dan aman bagi kesehatan tubuh.