Apa Sajakah Gejala Dari Kanker Prostat?

DokterSehat.Com – Salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh hampir semua pria adalah kanker prostat. Prostat sendiri adalah sejenis kelenjar yang biasanya berbentuk layaknya kacang dan berukuran sangat kecil. Fungsi dari kelenjar ini adalah memproduksi cairan yang bisa melancarkan sperma. Jika prostat terkena kanker, maka tubuh bisa merasakan sakit yang hebat dan bahkan bisa menyebabkan masalah kencing berdarah. Apa sajakah gejala dari penyakit prostat yang bisa kita ketahui?

doktersehat-konsultasi-jantung

Sebagaimana kanker pada umumnya, jika kanker prostat masih dalam kondisi stadium awal, maka kita tidak bisa melihat gejala sama sekali dan seakan-akan prostat masih dalam kondisi yang baik-baik saja. Sayangnya, jika kelenjar prostat sudah mulai membengkak karena sel kanker yang mulai menyebar, maka kita pun akan mulai merasakan banyak gejala yang disertai dengan rasa sakit. Awalnya, kita akan memiliki keinginan untuk buang air kecil dalam frekuensi yang sangat sering, khususnya pada malam hari sehingga bisa membuat waktu tidur kita menjadi terganggu. Saat kencing sendiri, aliran air seni akan cenderung lemah namun akan sulit untuk dihentikan. Saat tertawa atau batuk dan keras, bisa jadi air seni bisa keluar dengan sendirinya. Beberapa pria juga mengeluhkan sulit untuk buang air kecil meskipun sudah sangat menginginkannya. Selain itu, saat kencing, tubuh akan merasakan rasa sakit layaknya terbakar dan air seni bisa jadi mengandung darah. Jika kanker prostat berlanjut tanpa adanya penanganan yang serius, rasa sakit bisa menjalar pada area panggul dan juga bagian punggung. Bahkan tulang-tulang pada paha bagian atas dan juga tulang rusuk bisa mengalami rasa sakit dan kaku. Selain itu, anda akan sering mengalami sembelit dan juga kehilangan berat badan dengan ekstrim.

Baca Juga:  Pakar Kesehatan: Kanker Banyak Muncul di Negara Berkembang dan Negara Miskin

Kanker prostat sebaiknya disembuhkan dengan sedini mungkin sehingga jika anda mengalami gejala yang mirip dengan kanker prostat layaknya permasalahan saat anda buang air kecil yang disertai dengan rasa sakit, nyeri di area punggung bawah dan panggul, atau bahkan berat badan yang menurun drastis dan juga pembengkakan pada kaki, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi ini ke dokter sehingga jika memang terjadi kanker prostat, kemungkinan penyembuhan kanker ini akan jauh lebih besar keberhasilannya.