Apa Saja Sih yang Menyebabkan Iritasi Mata?

Dokter Sehat – Iritasi mata adalah masalah umum yang dialami oleh setiap orang dan semua umur. Seperti gatal, rasa panas, terbakar atau iritasi yang menyakitkan di mata. Gejala-gejala umum yang berhubungan dengan iritasi mata gatal, kemerahan, nyeri, bengkak, robek, terbakar, sakit, kelelahan sehingga penglihatan kabur dan masih banyak lagi. Dalam situasi ini sering merasa seolah-olah ada sesuatu yang berada di matanya.

5

Sejumlah keadaan dapat mengakibatkan iritasi mata sehingga memerlukan konsultasi langsung dengan dokter mata, namun ada juga yang tidak memerlukan perawatan medis dan bisa sembuh dengan sendirinya . Tetapi jika anda pernah menderita kondisi iritasi mata, Anda harus menghindari menggosok mata Anda, menggunakan riasan mata dan anda juga harus melindungi mata dari debu.

Berikut merupakan beberapa hal yang dapat membahayakan mata, di antaranya :

1.Benda asing yang masuk ke mata
Benda asing seperti butiran debu, lensa kontak, atau bedak bubuk juga bisa membahayakan mata Anda. Benda tersebut dapat membuat kornea mata tergores dan ketika sudah terjebak di mata, akan sangat sulit untuk diidentifikasi. Bekas goresan tersebut akan membuat Anda dan mengucek mata Anda dan akhirnya bisa memperparah keadaan mata Anda.

2.Luka bakar pada mata
Luka bakar pada yang disebabkan oleh uap bahan kimia, uap panas, sinar matahari, pengeriting atau pengering rambut listrik (hairdryer), semburan api hingga ledakan kompor adalah hal yang sangat berbahaya bagi mata.

3.Pukulan atau benturan langsung pada mata
Beberapa kegiatan olahraga kadang ada yang membahayakan mata. Misalnya saja gulat, tinju, tenis yang bisa mengena mata. Karena olahraga tersebut memiliki kontak fisik yang cukup tinggi, selain itu pukulan atau benturan langsung pada mata dapat dapat merusak kulit dan jaringan di sekitar mata, bola mata, bahkan tulang-tulang rongga mata.

Baca Juga:  Waspadai, Luka Ginjal!

4.Kantong udara penyelamat (airbag)
Penggunaan kantong udara yang terbuka secara otomatis ketika mobil mengalami sebuah benturan keras. Sayangnya, hal tersebut justru dapat mencederai mata. Kecepatan kantong udara saat mengembang hampir serupa dengan pukulan pada mata. Tidak hanya itu, bahan kimia yang terdapat pada kantong udara pun bisa membuat luka bakar pada mata.

5.Serpihan yang berterbangan
Serpihan yang berterbangan seperti, serbuk kayu hasil gergaji atau potongan rumput yang terurai dari mesin potong rumput dapat menusuk mata. Serpihan tersebut dapat terbang dengan cepat ke mata dan mengakibatkan pendarahan antara iris dan kornea mata, dan berujung pada kerusakan struktur bola mata.

Nah Ladies, sebelum mata Anda terkena infeksi, sebaiknya Anda melakukan upaya pencegahan. Caranya dengan menggunakan kacamata pelindung saat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kontak fisik, bahan kimia, listrik ataupun bahan-bahan lain yang berbahaya bagi mata.