Apa Saja Penyebab Asam Lambung Berlebih?

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang sangat mengganggu adalah masalah asam lambung. Saat asam lambung memiliki jumlah yang berlebihan, perut bisa terasa sangat panas dan terasa hingga ke dada. Bahkan, jika asam lambung naik hingga ke pangkal kerongkongan, pangkal mulut pun ikut terasa panas. Kondisi ini dalam dunia medis disebut sebagai refluks asam lambung. Penyebab dari peningkatan jumlah asam lambung sendiri cukup banyak, dari yang disebabkan karena stress dan panik atau bahkan karena memakan makanan yang cenderung pedas, asam dan berlemak.

doktersehat-lambung

Sering kali masalah refluks asam lambung disebabkan karena konsumsi makanan yang membuat membuat lambung menjadi terkena iritasi. Makanan yang pedas atau terasa asam yang disertai dengan lemak dan juga panas akan membuat lambung memproduksi asam secara berlebihan. Selain itu, konsumsi minuman bersoda atau minuman beralkohol juga bisa memicu produksi asam lambung yang berlebihan sehingga akan sangat tidak nyaman pada perut. Jika setiap kali anda memakan makanan berlemak, pedas, atau asam maka perut anda terasa tidak nyaman, ada baiknya memang anda menghindari makanan-makanan tersebut sehingga anda tidak akan mendapatkan masalah refluks asam lambung.

Stress yang berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan produksi asam lambung yang berlebihan. Selain refluks asam lambung, stress berlebihan juga akan membuat tekanan darah tinggi dalam tubuh cenderung meningkat drastis. Cobalah untuk mengelola stress anda dengan baik. Berikan waktu untuk diri anda sendiri setidaknya seminggu sekali untuk menikmati pemandangan alam atau sekadar bercengkerama dengan keluarga.

Tahukah anda, refluks asam lambung ternyata juga bisa disebabkan oleh dehidrasi yang terjadi pada bagian atas saluran pencernaan. Selain dehidrasi, kebiasaan makan dengan minum air putih yang berlebihan juga bisa memicu refluks asam lambung. Pastikan bahwa anda meminum air beberapa saat sebelum makan dan setelah makan. Kebiasaan minum air saat makan ternyata kurang baik karena bisa memicu refluks pada asam lambung.