Apa Saja Penyakit Kelamin Wanita yang Disebabkan Oleh Virus?

DokterSehat.Com – Kelamin merupakan organ yang sangat penting bagi manusia karena merupakan alat reproduksi, jika sampai kelamin mengalami gangguan atau penyakit akan menyebabkan juga gangguan pada system reproduksi. Jadi sangat penting untuk mengetahui penyakit kelamin, utamanya penyakit kelamin wanita.

15

Apa saja jenis penyakit kelamin wanita yang disebabkan oleh virus?

  • Herpes
    Herpes Simplex Virus (HSV) adalah jenis virus yang menyebabkan penyakit kelamin wanita herpes. Seperti dijelaskan www.nlm.nih.gov, terdapat banyak jenis virus dalam keluarga herpes, namun yang paling umum kita kenal adalah HSV 1 dan HSV 2. HSV 1 adalah jenis virus yang mengakibatkan penyakit luka dingin, sementara HSV 2 adalah jenis virus yang mengakibatkan penyakit herpes genital, yakni herpes yang menyerang alat vital wanita.
  • Kutil kelamin
    Human Papilloma Virus atau disingkat HPV adalah jenis virus yang menyebabkan terjadinya penyakit kelamin wanita kutil kelamin, kutil kelamin atau dikenal juga dengan nama genital warts adalah penyakit kelamin wanita yang menyebabkan timbulnya benjolan seperti bisul pada alat kelamin. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan suami-istri.
  • AIDS
    Penyakit kelamin wanita mematikan satu ini juga diakibatkan oleh virus. AIDS merupakan tahap akhir dari infeksi virus HIV pada tubuh. Seperti disebutkan www.aids.gov, AIDS sangat berbahaya karena penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, karenanya penderita AIDS akan mudah sekali terserang infeksi virus lainnya. Pendeteksian penyakit AIDS hanya bisa dilakukan melalui tes darah.

Nah, itulah informasi mengenai virus yang menjadi penyebab beberapa penyakit kelamin yang kita ketahui ladies!