Apa Saja Manfaat Aromaterapi

Dokter Sehat – Aromaterapi sudah bukan hal yang asing lagi di dengar, manfaat aromaterapi hampir sama dengan manfaat obat herbal atau kimia. Hanya saja, aromaterapi mungkin lebih memiliki kemiripan dengan obat- obatan herbal, yaitu sama- sama alami. Selama ini, banyak orang yang menganggap fungsi aromaterapi hanyalah untuk relaksasi semata atau hanya sekadar pelepas stres dan penat.

7

Aromaterapi bisa dipergunakan sebagai obat kulit, wajah, dan badan. Cara pakainya sangat mudah, cukup dengan mencampurkan ekstrak bunga tea tree beberapa tetes ke dalam air yang kita gunakan untuk mandi atau keramas. Gunakan secara teratur.

Berikut ini adalah manfaat aromaterapi :

  1. Mencegah timbulnya berbagai penyakit karena bersifat antibakteri
  2. Menetralkan ketegangan dan mengurangi stres.
  3. Memberikan kenyamanan melalui aroma minyak esensial yang terhirup
  4. Menormalisasi metabolisme dan meningkatkan vitalitas
  5. Membantu mengatur keseimbangan tubuh dan menstimulasi proses terapi
  6. Mempercepat peremajaan kulit melalui minyak esensial yang meresap ke dalam kulit sehingga meningkatkan aliran darah.

Selain manfaat diatas, ada lagi manfaat aromaterapi yang mungkin sangat berguna untuk wanita. Cypress adalah aromaterapi khusus untuk wanita hamil dan wanita yang sedang datang bulan, gunanya untuk mengurangi bengkak-bengkak dan rasa nyeri. Cara menggunakannya pun cukup mudah, campurkan beberapa tetes aromaterapi tersebut kedalam air yang kita buat untuk berendam.

Penjelasan tentang manfaat aromaterapi di atas hanyalah sedikit dari sekian banyak manfaat yang diberikan oleh aromaterapi, bila kita ingin hidup sehat tidak ada salahnya menggunakan semua aromaterapi di atas.

Dokter Sehat