Apa Saja Makanan Penyebab Eksim pada Anak?

DokterSehat.Com– Kulit bayi terbilang masih sangat sensitif. Salah satu masalah kesehatan kulit bayi adalah eksim. Ada beberapa penyebab eksim pada anak. Selain karena penggunaan zat kimia pada kulit, salah satu penyebabnya adalah makanan.

doktersehat-anak-kecil-tangan

Makanan penyebab eksim

Eksim adalah masalah peradangan kulit yang umumnya ditandai dengan kulit gatal, merah dan kering, bahkan kulit menebal, mengelupas hingga pecah-pecah. Pada bayi, penyebab eksim bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti alergi produk perawatan bayi, infeksi akibat jamur atau bakteri, dan perubahan cuaca seperti suhu yang dingin dan kering. Bahkan pakaian bayi pun dapat menyebabkan iritasi.

Selain faktor tersebut, para ahli menyimpulkan bahwa makanan juga bisa menjadi penyebab eksim pada bayi. Bahkan banyak orang tua yang menganggap bahwa eksim adalah reaksi alergi dari makanan tertentu. Namun faktanya, eksim dan reaksi alergi adalah dua hal yang berbeda. Hanya saja anak yang memiliki reaksi alergi memang memiliki kemungkinan risiko eksim lebih besar.

Beberapa makanan yang dapat menyebabkan munculnya eksim pada bayi antara lain kacang-kacangan, kerang, susu sapi, gandum, kedelai dan telur. Anda bisa membedakan antara reaksi alergi dan eksim dari jarak antara mengonsumsi makanan tersebut dengan reaksi yang muncul.

Jika reaksi alergi, gejala akan muncul segera setelah mengonsumsi makanan tersebut. Namun jika eksim, reaksi tersebut bisa muncul beberapa waktu bahkan beberapa hari setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Mencegah dan mengatasi eksim pada anak

Apabila anak mengalami eksim karena makanan, maka sebaiknya hindari mengonsumsi makanan penyebab eksim untuk sementara waktu. Para pakar merekomendasikan untuk memberi jeda sekitar 10-14 hari jika ingin memberikan makanan tersebut. Jika akan memberikannya lagi, berikan pada porsi kecil untuk melihat reaksi pada anak.