Apa Saja Dampak Buruk Dari Konsumsi Mie Instan?

DokterSehat.Com – Mie instan adalah salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang, khususnya orang-orang Asia. Selain rasanya yang enak, mie instan yang cenderung berharga murah kerap kali dianggap sebagai solusi cerdas bagi mereka yang ingin tetap kenyang dengan biaya yang rendah. Sayangnya, kebiasaan masyarakat yang mengkonsumsi mie instan layaknya makanan sehari-hari ternyata memberikan dampak kesehatan yang buruk bagi tubuh. The Journal of Nutrition mengeluarkan data dimana banyak kandungan mie instan yang memicu masalah sindrom cardiometabolic jika kita terlalu sering mengkonsumsinya. Sindrom ini ternyata bisa menjadi penyebab utama penyakit berbahaya layaknya diabetes, stroke, hingga penyakit jantung.

doktersehat-mie-bakmi

Penelitian juga dilakukan di Universitas Baylor pada masyarakat Negeri Korea yang juga memiliki kebiasaan menyantap mie instan. Partisipan mengisi survei pemeriksaan gizi yang dilakukan pada tahun 2007-2009 dan mengungkapkan beberapa fakta-fakta menarik tentang mie instan. Masyarakat Korea ternyata memiliki dua pola makan yang sangat berbeda dimana sebagian masyarakat Korea memilih untuk mengkonsumsi makanan sehat layaknya nasi, sayur-sayuran dan buah, daging, atau bahkan ikan, sementara sebagian lain akan lebih memilih makanan cepat saji yang berupa daging-dagingan, makanan gorengan, soda, dan juga mie instan. Mereka yang menyukai mie instan bisa mengkonsumsinya rata-rata dua kali dalam seminggu dan frekuensi ini ternyata sudah cukup untuk meningkatkan efek negatif bagi kesehatan, khususnya bagi kaum wanita.

Mengkonsumsi mie instan dengan frekuensi yang cukup sering berarti kita mengkonsumsi kalori dengan jumlah yang tinggi, karbohidrat, kandungan lemak jenuh, hingga bahan zodium dan zat kimia sintetis bisphenol A yang bisa memicu masalah obesitas dan sindrom cardiometabolic. Selain bahan mie yang kurang baik bagi kesehatan, kemasan mie instan yang berasal dari bahan styrofoam juga akan sangat buruk bagi makanan yang panas. Bagi kaum wanita sendiri, konsumsi mie instan berlebihan bisa memicu ketidakstabilan hormon estrogen yang juga memicu masalah metabolisme tubuh.

Baca Juga:  Bahaya Rokok Dan Alkohol Sebabkan Menopause Dini Bagi Kaum Wanita

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya kita mulai mengurangi konsumsi mie instan dengan signifikan karena bisa memicu masalah kesehatan yang besar di kemudian hari. Gantilah mie instan dengan jenis mie yang lain yang memiliki bahan alami dan tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia atau pengawet sehingga kesehatan tubuh anda pun tidak akan terkena dampak terlalu buruk.