Apa Rahasia Panjang Umur Dari Pria Tertua di Dunia Ini?

DokterSehat.Com – Swami Sivananda, seorang biksu yang berasal dari India, mengaku jika Ia adalah pria tertua di dunia dengan usia 120 tahun. Ia mengaku jika dirinya dilahirkan pada 18 Agustus 1896. Mengingat usianya yang sudah sangat tua ini, banyak orang yang ingin tahu apa rahasia panjang umur sang biksu. Yang menarik adalah, Sivananda justru menjawab jika kunci panjang umurnya adalah tidak pernah berhubungan intim dan tidak pernah memakan makanan pedas.

doktersehat-tangan-orangtua

Sivananda sendiri berasal dari keluarga miskin di Kolkata. Namun, semenjak dewasa, Ia sudah tinggal di Varanasi. Ia mengaku jika sepanjang hidupnya, Ia sangat menjaga pola makan yang sehat, rutin melakukan aktifitas fisik, dan menjaga hasrat seksualnya. Ia juga mengaku jika seumur hidupnya Ia tidak mengejar materi karena menganggap hal tersebut tidak akan membuatnya bahagia. Dengan hidup sederhana, Ia justru mendapatkan ketenangan dan meskipun waktu telah berlalu, Sivananda menganggap waktu yang Ia lalui seakan-akan sama saja.

Sivananda melanjutkan jika karena Ia terlahir dari keluarga yang miskin, pikirannya sudah terlatih untuk tidak memiliki keinginan ataupun harapan besar dalam kehidupan. Yang Ia pikirkan hanyalah bagaimana Ia bisa hidup dengan sehat dan damai, serta melihat orang-orang di sekitarnya berbahagia. Hingga usianya yang sudah sangat lanjut seperti sekarang, Ia masih tetap tidur di atas lantai dan hanya beralaskan tikar yang terbuat dari rami dengan bantal dari batu-bata. Ia sendiri mengaku sudah mengunjungi berbagai tempat untuk mempelajari kedamaian dan berbagai rahasia hidup yang membuatnya lebih tenang.

Karena usianya yang sudah sangat lanjut, Sivananda pun mengajukan diri untuk dicatat sebaagi pria dengan usia terlama yang masih hidup di dunia pada Guinness World of Records. Andai hal ini dikabulkan, Sivananda akan mencatat sejarah baru sebagai pria tertua yang masih hidup, mengalahkan rekor Jiroemon Kimura, pria yang sudah meninggal pada bulan Juni 2013 silam dengan usia 116 tahun dan 54 hari.