apa pula itu Bulimia

DokterSehat.com – Bulimia merupakan kelainan mental atau psikis yang ditandai kelainan perilaku makan. Penderita bulimia akan makan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat, namun setelah itu berusaha mengeluarkan kembali makanan yang telah dimakan dengan cara memuntahkannya atau menggunakan obat pencahar.



Tindakan ini dilakukan terus-menerus sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan yang bisa berakibat fatal. Keadaan ini juga menyebabkan pengidap bulimia lebih mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh menjadi lemah.

Masalah kesehatan yang paling sering muncul adalah gigi busuk dan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh akibat muntah dan obat pencahar. Selain itu, juga dapat terjadi kerusakan usus dan dehidrasi yang bisa berakibat fatal. Penderita bulimia menyadari dirinya memiliki perilaku makan yang tidak normal, namun mereka merasa tidak mampu untuk mengubahnya.

Bulimia kerap terjadi pada remaja atau dewasa muda. Kelainan ini lebih banyak diidap oleh wanita dibandingkan pria (sering diidap oleh wanita pada usia SLTA atau saat mahasiswa).

Penyebab bulimia belum diketahui. Berbagai teori psikologi mengatakan, bulimia merupakan perilaku yang muncul sebagai respons dari situasi stres. Sementara studi biologi menunjukkan adanya hubungan antara bulimia dan tekanan psikis yang dialami oleh seseorang (depresi dan kegelisahan). Rasa percaya diri yang rendah juga kerap berhubungan.

Teori lainnya mengatakan bulimia muncul akibat tekanan dari lingkungan sekitar agar seorang wanita menjadi langsing (kebanyakan pengidap bulimia memiliki berat badan normal).

Jika dibawa ke dokter, pengidap bulimia biasanya tidak mengakui perilakunya. Oleh karena itu harus dilakukan pemeriksaan yang lebih teliti, yakni dengan memeriksa kadar kalium. Karena sering muntah dan diare, kadar kalium dalam darah biasanya menurun. Sebaliknya, kadar kalium dalam urine meningkat.

Untuk menanggulangi bulimia tidak cukup dengan bantuan ahli gizi, namun diperlukan juga psikoterapi bagi penderitanya. arp

 

Baca Juga:  Infeksi HPV Sebabkan Kutil Di Berbagai Bagian Tubuh

 

Sumber : mia4457.multiply.com