Apa Perbedaan Antara Osteoporosis Dan Osteoarthritis

DokterSehat.Com – Tahukah Anda apa perbedaan Osteoporosis dengan Osteoarthritis ? Yuk kita telusuri dulu apa itu Osteoporosis, Osteoporosis adalah suatu penyakit yang mengurangi kepadatan tulang sehingga beresiko patah tulang, hal ini di sebabkan kurangnya olah raga guna memperkuat otot & struktur sendi, kekurangan gizi, serta efek samping sejumlah obat & tentu saja perubahan hormone setelah menopause pada wanita.



Gejala awal Osteoporosis bisa dimulai dari nyeri punggung bawah yang tajam, bisa jadi ini dari faktor stress. Untuk mendapatkan tulang yang kuat & sehat  setidaknya anda membutuhkan 1000 mg kalsium  per hari (sebaiknya dalam bentuk sitrat) tetapi tidak lebih dari 1200 mg. Pastikan untuk makan diet seimbang roti, buah /sayuran, ikan untuk asupan magnesium yang memadai. Sumber kalsium yang meliputi produk susu rendah lemak, hijau tua, sayuran & makanan yang diperkaya kalsium dan minuman. Kalsium sitrat adalah bentuk terbaik kalsium untuk mengambil dalam bentuk Suplemen vitamin D, yang dperlukan untuk penyerapan kalsium dalam tulang, disintetis dalam kulit melalui paparan sinar matahari. Sementara banyak orang dapat memperoleh cukup vitamin D secara alami.

Osteoarthritis adalah salah satu penyebab utama sakit punggung bagi orang-orang. Osteoarthritis, terutama terlihat pada orang tua, adalah mogok tulang rawan, disk, sendi dan cairan sinovial yang memungkinkan kebebasan tubuh kita gerak.

Osteoarthritis kebanyakan mempengaruhi tulang rawan, jaringan keras tapi licin yang menutupi ujung tulang di mana mereka bertemu untuk membentuk sendi. Tulang rawan yang sehat memungkinkan tulang untuk meluncur di atas satu sama lain. Hal ini juga menyerap energi dari shock gerakan fisik. Pada osteoarthritis, lapisan permukaan tulang rawan rusak dan menipis. Hal ini memungkinkan tulang rawan di bawah untuk menggosok bersama-sama, menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan hilangnya gerak sendi. Seiring waktu, sendi mungkin kehilangan bentuk normal.

Baca Juga:  Gejala dan Pencegahan Kanker Tulang

Juga, deposito kecil tulang yang disebut osteofit atau taji tulang mungkin tumbuh di tepi sendi. Potongan-potongan tulang atau tulang rawan dapat pecah dan mengapung di dalam ruang sendi. Hal ini menyebabkan lebih banyak rasa sakit dan kerusakan.

Untuk membantu mengelola dan mencegah osteoarthritis Anda harus :

  • Ambil suplemen glukosamin, kondroitin atau MSM untuk dukungan gabungan / tulang rawan dan mengurangi rasa sakit.
  • Minum banyak air untuk membantu sendi melumasi dan disk.
  • Cobalah untuk tinggal jauh dari tepung olahan, pasta atau beras.
  • Makan lebih banyak biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Hindari banyak lemak jenuh terutama lemak trans.
  • Makan banyak ikan dengan Omega-3 asam lemak esensial.
  • Makan banyak buah karena mereka memiliki anti-oksidan yang membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.
  • Makan banyak berbagai buah-buahan dan sayuran sebaiknya organik.

Pastikan untuk melakukan beberapa bentuk latihan aerobik ringan yang tidak akan begitu keras pada tubuh Anda seperti berenang, bersepeda, menggunakan mesin elips dan / atau stairmaster a.

Bahkan pergi berjalan-jalan sangat penting dan TIDAK dihitung sebagai olahraga. Jadi hanya bangun dan bergerak. Studi menunjukkan bahwa penderita osteoarthritis dapat mengurangi tingkat rasa sakit dan ketidaknyamanan dengan hanya 3 bulan latihan aerobik secara teratur. Anda perlu lebih sadar membangun dan memelihara tulang yang kuat dan otot yang sehat. Tulang kuat dan sehat, otot dan sendi tulang belakang akan memberikan Anda dasar yang lebih baik  dan mengurangi kesempatan Anda untuk sakit punggung. Jika Anda ingin hidup tanpa nyeri punggung dan tubuh yang akan bertahan lama coba manajemen yang berbeda dan teknik pencegahan. Seluruh tubuh Anda akan berterima kasih untuk itu.