Apa Penyebab Rongga Mata Terasa Nyeri?

DokterSehat.Com – Pada zaman modern seperti sekarang ini, mata kita akan cenderung lebih mudah lelah. Bagaimana tidak, semenjak kita bangun tidur, mata sudah harus melakukan berbagai aktifitas yang cukup berat. Dari memandangi layar gadget, melihat siaran televisi, hingga memandangi layar komputer untuk bekerja seharian. Mata yang lelah tentu bisa memicu rasa sakit atau nyeri pada area rongga mata. Apa yang sebenarnya terjadi jika rongga mata kita terasa nyeri?

doktersehat-mata-katarak-Diabetes-retinopati

Ada beberapa penyebab rongga mata terasa nyeri. Selain adanya gangguan pada mata, alergi atau infeksi juga bisa menyebabkan rasa nyeri tersebut. Gangguan mata yang kerap memberikan rasa nyeri pada rongga mata adalah penyakit glaukoma. Penderita glaukoma akan mengalami gangguan pada saluran mata sehingga cairan mata pun akan menumpuk pada satu titik sehingga jaringan sekitar saraf mata pun akhirnya mengalami pembengkakan. Selain glaukoma, gangguan pada retina juga bisa menjadi penyebab rasa nyeri pada rongga mata. Gangguan retina akan mempengaruhi ketegangan saraf pada bagian belakang mata dan harus segera diperiksakan ke dokter karena bisa menyebabkan masalah penglihatan selain rasa nyeri yang bisa berlangsung cukup lama.

Penyebab rongga mata terasa nyeri berikutnya adalah adanya infeksi pada mata. Mata merah kerap kali kita sepelekan karena dianggap akan sembuh dengan sendirinya. Padahal, mata yang teriritasi bisa jadi terkena goresan pada jaringannya yang halus sehingga memberikan rasa nyeri yang hebat. Jika kita mengalami gejala mata memerah dan nyeri yang hebat, segera periksakan kondisi ini ke dokter untuk penanganan yang tepat. Selain infeksi, mata yang mengalami peradangan atau alergi juga akan terasa sangat nyeri. Beberapa orang mengalami kondisi mata kering dan jika dibiarkan begitu saja maka mata pun akan meradang dan terasa sangat nyeri. Penyebab berikutnya dari rongga mata yang terasa nyeri adalah karena adanya penyakit layaknya migrain, sinusitis, tumor pada tengkorak, atau bahkan adanya ketidakseimbangan hormon di area sekitar mata.

Baca Juga:  Manakah yang Lebih Baik Kandungan Gizinya? Ikan Laut Atau Ikan Air Tawar?

Satu hal yang pasti, jika kita mengalami rasa nyeri pada rongga mata dalam waktu yang cukup lama, maka ada baiknya kita langsung memeriksakan kondisi ini ke dokter terdekat. Dengan penanganan yang tepat, mata pun akan kembali terasa nyaman dan kita pun mengurangi resiko masalah mata yang jauh lebih besar.