Apa Penyebab Penyakit Kulit Panuan?

DokterSehat.Com – Ladies, Anda tentu sudah mengenal penyakit panu bukan? Penyakit yang menyerang kulit dengan bercak-bercak putih, kadang juga berwarna coklat maupun merah dan menimbulkan rasa gatal di permukaan kulit ini memang tidak berbahaya. Tapi, penyakit kulit panu ini tentu bisa menurunkan rasa PD, apalagi bagi seorang wanita yang sangat memperhatikan penampilan. Nah, sebenarnya apa sih penyebab penyakit kulit panuan ini?

8

penyebab penyakit kulit panu ini adalah jamur Pityrosporum ovale, jamur penyebab penyakit kulit panu ini muncul bisa dikarenakan kebersihan diri yang kurang terjaga atau melalui orang lain. Karena pPenyakit kulit panu ini bisa menular dari satu orang ke orang yang lain. Jalur penularannya bisa terjadi melalui berbagai media, seperti pakaian atau handuk penderita penyakit kulit panu yang tidak sengaja kita pakai.

Penyakit kulit panu sering muncul tanpa disadari, apalagi jika terjadi di punggung yang tidak terlihat oleh mata. Gejala yang sering timbul yaitu rasa gatal ketika berkeringat dan warna permukaan kulit berubah menjadi putih, coklat bahkan merah, tergantung dari pigmen kulit penderita. Pada bagian kulit yang terserang penyakit kulit panu ini biasanya terdapat sisik halus yang menutupinya. Bagian-bagian yang sering diserang penyakit kulit panu yaitu :

  • Kulit kepala
  • Lipatan tangan
  • Leher
  • Wajah
  • Tangan
  • Punggung

Cara pengobatan

Cara mengobati panu yaitu bisa menggunakan cara tradisional, cara ini sangat mudah kita lakukan sendiri di rumah. Bahan-bahannya yaitu dari hasil perkebunan maupun pertanian. Walaupun cara tradisional namun cara ini sudah banyak terbukti bisa menyembuhkan penyakit panu.

Beberapa pengobatan penyakit panu yaitu sebagai berikut :

  • Lengkuas
    Lengkuas merupakan bahan yang juga sering digunakan untuk campuran masakan. Lengkuas juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit panu. Caranya yaitu siapkan beberapa lengkuas kemudian kupas hingga bersih dan basuh menggunakan air. Setelah itu, tumbuk hingga halus dan campur dengan minyak tanah. Oleskan ramuan ini secara rutin setiap pagi setelah madi dan malam hari sebelum tidur. Sebelum mengoleskan, usahakan kulit benar-benar kering dan bebas dari keringat. Lakukan hal ini secara rutin hingga panu hilang dan kulit anda menjadi normal lagi.
  • Bawang Putih
    Bawang putih merupakan bahan yang sering ditemui di pasar. Bahan ini sering digunakan untuk campuran dalam memasak berbagai sayur. Walaupun demikian, bawang putih juga dapat digunakan untuk mengobati panu. Caranya yaitu mudah sekali, siapkan 1 siung bawah putih kemudian potong menjadi 2 menggunakan pisau. Setelah dipotong, oleskan potongan bawang putih pada bagian kulit yang terkena penyakit panu. Potongan bawang putih ini biasanya terdapat getah. Getah itulah yang dimanfaatkan untuk penyembuhan penyakit ini. Lakukan hal ini secara rutin setiap pagi setelah selesai mandi dan malam hari ketika mau tidur.
  • Jeruk Nipis
    Jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk pengobatan secara alami maupun untuk perawatan kecantikan. Selain itu juga bidapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan kulit yang terkena panu. Caranya yaitu siapkan satu buah jeruk nipis kemudian potong menjadi 2 bagian. Siapkan juga belerang yang sudah ditumbuk secara halus. Ambil potongan jeruk nipis kemudian oleskan pada belerang dan oleskan pada kulit yang diserang penyakit panu. Lakukan ini secara rutin hingga panu berangsur-angsur hilang.
  • Daun Pare
    Pare merupakan tanaman yang sering digunakan untuk campuran sayur dan rasanya pahit. Untuk mengobati panu bisa menggunakan daun pare. Caranya yaitu tumbuk secara halus beberapa daun pare kemudian campur dengan kapur sirih. Setelah itu gunakan untuk mengoleskan bagian kulit yang terdapat panu. Lakukan rutin setiap pagi dan malam ketika akan berajak tidur.