Apa Penyebab Munculnya Lebam-lebam

DokterSehat.Com – Tentu kita sekali waktu mengalami biru dan lebam-lebam karena terbentur sesuatu atau jatuh, tapi beberapa orang tampaknya sangat mudah mengalami biru dan lebam-lebam. Apakah biru dan lebam-lebam berlebihan hanya sekedar pengingat bahwa kita kurang berhati-hati, ataukah justru pertanda dari masalah kesehatan serius yang kita abaikan?

19

Kenapa lebam

Biru dan lebam dapat muncul kapanpun dan di manapun pembuluh kapiler di bawah kulit rusak karena mengalami benturan. Sementara sebagian besar biru dan lebam cenderung akan hilang dengan sendirinya dalam 1 – 4 minggu, ada juga lebam yang mengalami fase perubahan warna dari kehitaman hingga kecoklatan.

Hal ini disebabkan, seperti dikutip dari laman greatist.com, sel imun macrophages mencerna sel darah merah yang masuk ke dalam jaringan pembuluh kapiler yang rusak setelah mengalami benturan. Akibatnya, kita akan mengalami biru dan lebam yang mengalami fase perubahan warna dari hitam dan biru, berubah menjadi hijau, kuning, lalu kecoklatan.
Tapi, kenapa beberapa orang cenderung gampang sekali mengalami biru dan lebam bahkan karena senggolan atau benturan terkecil? Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kita gampang sekali mengalami biru dan lebam.

• Usia
Alasan paling umum dari mudahnya kita mengalami lebam bukan berarti tanda bahwa kita mengalami gangguan kesehatan yang serius, melainkan tanda bahwa usia kita terus bertambah. Lebam mudah sekali terjadi saat kita bertambah tua karena pembuluh kapiler yang juga menua, kulit yang mulai keriput, dan efek paparan sinar matahari berlebih.

• Olahraga
Mudahnya kita mengalami lebam juga bisa disebabkan karena level olahraga yang kita lakukan. Beberapa orang yang melakukan olahraga pada tingkat yang berlebihan akan cenderung mengalami lebam dan memar yang diakibatkan sobekan kecil pada jaringan pembuluh kapiler karena intensitas aktivitas latihan yang dilakukan. Semakin berat aktivitas yang dilakukan, semakin mudah mengalami lebam.

Baca Juga:  Mengapa Banyak Orang yang Deg-Degan Setelah Minum Kopi?

• Kurang vitamin
Apa yang Anda konsumsi juga memungkinkan Anda menjadi lebih rentan terhadap memar dan lebam. Obat-obatan seperti aspirin, beberapa suplemen diet (minyak ikan dan ginkgo) bisa menyebabkan Anda mudah sekali mengalami memar dan lebam. Selain itu, kurangnya asupan vitamin B12, C, K, dan asam folat juga dapat mengubah seseorang menjadi lebih rentan terhadap lebam dan memar.

• Kegemukan
Semakin gemuk seseorang, semakin tinggi kadar lemaknya. Dan, semakin tinggi kadar lemak seseorang, semakin mudah ia mengalami lebam.

• Sun-damage
Paparan sinar matahari yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama dapat membuat kulit kita menjadi lemah. Oleh sebab itu, kulit menjadi lebih rentan, sehingga benturan sekecil apapun dapat meninggalkan lebam yang cukup dalam. Jika Anda tidak ingin mengalami hal ini, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setiap saat Anda beraktivitas di luar ruangan.

BACA JUGA : Bahaya Daging Babi Untuk Kesehatan