informasi kesehatan


Apa Penyebab Gusi Berdarah ?

Apa Penyebab Gusi Berdarah ?

Dokter Sehat – Masalah gusi berdarah bisa jadi pernah dialami sebagian besar orang. Umumnya masalah ini disadari saat menyikat gigi. Namun, mungkin belum semua orang tahu apa sebenarnya penyebab dari gusi berdarah dan bagaimana cara penanganan yang tepat.

Gusi berdarah bisa disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab yang paling sering adalah adanya plak dan karang gigi (kalkulus) yang menempel pada permukaan gigi. Gigi kita dilapisi oleh lapisan transparan licin yang disebut pellicle. Pellicle yang dikolonisasi oleh bakteri disebut plak. Selanjutnya, bila tidak dibersihkan maka plak dapat mengalami mineralisasi (pengerasan) sehingga membentuk karang gigi yang melekat pada permukaan gigi. Biasanya karang gigi dijumpai pada leher gigi.

Karang gigi tidak hanya melekat pada permukaan gigi yang tampak (terletak di atas garis gusi) tapi juga dapat melekat pada permukaan gigi yang tertutup oleh gusi. Pada permukaan karang gigi biasanya juga terdapat koloni bakteri. Koloni bakteri pada plak dan karang gigi inilah yang mengakibatkan kerusakan jaringan penyangga gigi, yang dimulai dari gingiva (bagian gusi yang dapat kita lihat). Keadaan ini disebut gingivitis (radang gusi). Karena ada peradangan maka gusi menjadi mudah berdarah apabila terkena trauma mekanis, misalnya sikat gigi atau tusuk gigi. Jadi, gusi berdarah adalah tanda awal adanya kerusakan gusi.

Apabila tidak segera ditangani maka karang gigi dapat terus bertambah sehingga perlekatan gusi pada permukaaan gigi menjadi lepas dan terbentuk adanya kantung pada gusi (disebut periodontal pocket). Kondisi ini disertai juga dengan perdarahan gusi dan kerusakan tulang penyangga gigi. Akibatnya bila tidak segera ditangani gigi menjadi goyang dan akhirnya tanggal. Keadaan ini disebut periodontitis.

Karena penyebabnya adalah koloni bakteri pada plak dan karang gigi, maka solusi masalah ini adalah dengan melakukan pembersihan plak dan karang gigi. Plak dapat dibersihkan dengan cara menyikat gigi secara teratur dan benar. Frekuensi menyikat gigi minimal dua kali tiap hari, pagi setelah makan pagi dan malam sebelum tidur. Arah menyikat gigi adalah dari gusi ke arah gigi. Penyikatan gigi dalam arah horizontal tidak dibenarkan karena akan menyebabkan abrasi leher gigi dan resesi gingiva (gusi rahang atas tampak naik, gusi rahang bawah tampak turun, sehingga permukaan akar gigi terlihat).

Karang gigi tidak dapat dibersihkan dengan menyikat gigi. Jadi apabila terdapat karang gigi maka perlu datang ke dokter gigi untuk dilakukan scaling (pembersihan karang gigi). Selanjutnya dokter gigi akan melihat sampai mana kerusakan jaringan penyangga gigi yang terjadi. Apabila hanya terjadi gingivitis, maka tindakan scaling biasanya sudah mencukupi. Tapi bila sudah terjadi periodontitis, maka akan dilakukan perawatan periodontal lebih lanjut. Sebaiknya kita datang ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh sehingga masalah dapat ditangani sejak dini.

Selain karang gigi dan plak, perdarahan gusi juga berhubungan dengan beberapa penyakit, antara lain kekurangan vitamin C dan kelainan darah. Kekurangan vitamin C terjadi pada orang yang tidak makan sayur atau buah dalam jangka waktu lama. Gusi pada penderita kekurangan vitamin C menjadi bengkak, berwarna keunguan dan terjadi perdarahan. Keadaan kekurangan vitamin C ini dinamakan Scurvy. Cara penanganannya adalah dengan memberikan vitamin C.

Kelainan darah yang biasanya berkaitan dengan perdarahan gusi adalah leukemia dan trombositopenia. Leukemia adalah keganasan sel darah putih sedangkan trombositopenia adalah kondisi di mana terjadi penurunan jumlah trombosit dalam darah. Pada penderita leukemia, gusi terinfiltrasi oleh sel-sel darah putih ganas. Secara klinis gusi tampak membesar. Karena pada leukemia umumnya juga terjadi trombositopenia maka gusi penderita leukemia juga mudah berdarah. Trombosit adalah salah satu elemen darah yang diperlukan untuk pembekuan darah. Apabila jumlahnya menurun sampai di bawah batas normal maka kemungkinan terjadi perdarahan lebih besar. Trombositopenia dapat merupakan penyakit yang berdiri sendiri atau bagian dari penyakit lain, misalnya demam berdarah. Jadi apabila didapati gusi berdarah disertai gejala-gejala lain seperti badan mudah lelah, demam, penurunan berat badan, berkeringat di waktu malam dan lain-lain sebaiknya segera datang ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

sumber: drg. Nita Margaretha, SpPM – Staf Pengajar Ilmu Penyakit Gigi dan Mulut FKUAJ – tanyadokteranda.com

pf button both Apa Penyebab Gusi Berdarah ?
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

88 Responses to “Apa Penyebab Gusi Berdarah ?”

  1. na'ah elok says:

    setelah saya membersihkan plak dan karang gigi di rumah sakit international BLA2(tidak disebutkan nama) gusi saya sering berdarah bahkan sekarang beng tiap hari tambah banyak. terus saya ke profesional dokter gigi yang lain katanya gak apa2 nanti sembuh sendiri dalam kurung 1 bulan,sekarang sudah hapir 4 bulan belum sembuh. mohon saranya. trimakasih dokter

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 1

  2. nurina says:

    @dr. Intan
    mlh beli tambahan vitamin c. kok sama aja ya?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. riris says:

    dok, mau tanya bagaimana cara tradisonal untk mengurangi karang Gigi?
    karena setiap saya gosok gigi, akhir2 ini keluar darah,

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. putri says:

    gusi saya berwarna merah, gatal dan kalo sikat gigi tu keluar darah. terus kalo disikat tu rasanya gatal-gatal sakit.gimana cara mengatasinya ya dokter??
    terima kasih sebelumnya.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 1

  5. say says:

    Fungsi behel gigi tu apa aja dok? Apa bisa untuk mencegah gusi berdarah. Trima ksh sblumnya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Iche says:

    Bagian gusi bwah sya bengkak,gatal nyeri,terasa goyang,dan telinga sy terasa sakit apabila menelan.Itu knp y dok?Sy takut gigi sy rontok.Trims

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Apa Penyebab Gusi Berdarah? « Kosan Gelar S. Ramdhani - [...] dari: http://doktersehat.com/apa-penyebab-gusi-berdarah/ Share this:FacebookTwitterDiggEmailLike this:SukaBe the first to like this [...]
  2. Beautiful.Fabulous - [...] penjelasan lebih lanjut mengenai “Penyebab Gusi Berdarah” yang gw kutip dari drg. Nita Margaretha, SpPM – Staf Pengajar Ilmu …