Apa Penyebab Gonorrhea

Dokter Sehat – Penyebab Gonorrhea disebabkan oleh kuman Neisseria Gonorhoeae ( gonococcus ), yang merupakan diplococcus gram negative. Kuman ini terutama menginfeksi pada selaput lendir manusia, yaitu alat kelamin, liang dubur, selaput lendir mata, dan tenggorokan. Gonore dapat menular kalau seseorang melakukan hubungan seks, vagina, dubur atau mulut dengan seseorang yang sudah mengalami infeksi tersebut tanpa memakai kondom.

14

Tidak semua gejala gonore itu sama, namun penyebab gonore tetap sama. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit kelamin gonore tergantung dari jenis kelamin serta tingkatan penyakit gonore tersebut, pada pria gejala yang ditimbulkan dari penyakit gonore ini adalah sering mengeluarkan nanah dari saluran kencing dan rasanya sangat panas seperti terbakar, ujung buah zakar berwarna merah dan membengkak.

Sedangkan pada wanita hampir banyak sekali gejala yang ditimbulkan oleh penyakit gonore ini, diantaranya merasakan nyeri perut, infeksi pada saluran kencing, vagina ataupun cervic, air kencing berwarna kuning kehijauan, bertambahnya cairan yang keluar dari vagina serta merasakan sakit saat buang air kecil.

upaya pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit gonorrhea ini adalah menghindari penyebab gonorrhea dengan menggunakan kondom saat berhubungan seksual, hindari kontak langsung dengan penderita yang terkena virus Neisseria gonorrhea dan obatilah sedini mungkin bagi orang yang terkena virus Neisseria gonorrhoea supaya penyakit gonorrhea yang diderita tidak semakin parah.