Apa Penyebab Gigi Gingsul?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang menganggap gigi gingsul sebagai sesuatu yang bisa membuat senyum seseorang menjadi lebih manis. Penyebab dari munculnya gigi gingsul ini adalah karena faktor genetik dan berbagai hal lain yang ternyata tidak selalu baik. Berikut adalah beberapa penyebab dari munculnya gigi gingsul.



Kerap menghisap jempol saat masih kecil
Cukup banyak anak-anak yang menghisap jempolnya saat masih kecil. Hal ini ternyata bisa berimbas pada pertumbuhan gigi yang tidak baik. Tatanan gigi akan mengalami dorongan yang tidak alami sehingga bisa memicu gingsul pada gigi taring. Dalam beberapa kasus, kebiasaan buruk ini bahkan bisa menyebabkan gigi tonggos yang tentu akan membuat penderitanya bisa kehilangan kepercayaan diri.

Kerap menekan gigi dengan lidah
Tahukah anda jika lidah ternyata termasuk dalam bagian tubuh yang sangat kuat? Jika kita memberikan tekanan pada gigi dengan lidah secara berulang-ulang, bisa jadi gigi akan terdorong dari posisinya. Banyak anak kecil yang melakukannya saat kecil dan akhirnya memicu gigi gingsul.

Gigi pertama tanggal lebih cepat dari waktunya
Gigi yang pertama kali tumbuh saat bayi biasanya akan secara alami tanggal jika gigi dewasa sudah siap untuk menggantikanya. Sayangnya, ada beberapa kasus yang membuat gigi pertama ini tanggal lebih cepat dari waktu normal dan akhirnya membuat pertumbuhan gigi dewasa sedikit melenceng dari posisi yang tepat.

Gigi dewasa tumbuh dengan berlebihan
Tahukah anda jika terkadang jumlah gigi dewasa yang muncul lebih banyak dari yang seharusnya? Sebagai contoh adanya geraham bungsu di ujung rahang dan gigi di posisi lain yang akhirnya mendesak tatanan gigi sehingga menjadi gigi gingsul.

Ukuran gigi yang terlalu besar
Mereka yang berasal dari riwayat keluarga yang memiliki gigi besar namun memiliki rahang yang cenderung kecil bisa saja mengalami masalah pada tatanan gigi dan menyebabkan gigi gingsul.