Apa Penyebab Berat Badan Menurun Drastis?

DokterSehat.Com – Kebanyakan orang akan senang jika mendapati berat badannya menurun dengan signifikan dalam jangka waktu yang cepat. Dengan adanya penurunan berat badan, bentuk tubuh biasanya akan menjadi lebih ideal sehingga membuat kepercayaan diri meningkat. Hanya saja, jika penurunan berat badan ini terjadi sangat drastis dalam waktu yang sangat singkat, bisa jadi tubuh mengalami gangguan kesehatan yang harus diwaspadai. Berikut adalah beberapa penyebab berat badan yang turun dengan drastis.

doktersehat-wanita-susah-kurus-diet

Penyakit kanker adalah penyebab pertama berat badan bisa tiba-tiba menurun dengan drastis. Kanker ternyata bisa mempengaruhi sistem metabolisme tubuh sehingga menjadi lebih cepat dalam melakukan pembakaran kalori dan berat badan pun akan menurun dengan cepat. Penderita diabetes juga bisa menyebabkan berat badan mudah turun dengan cepat. Memang, penyakit ini biasanya ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah, dan kelebihan kadar ini akan terbuang langsung melalui urine mengingat ginjal akan kesulitan menyerap kandungan gula berlebihan. Kondisi ini ternyata bisa membuat penderita diabetes menjadi lebih sering haus dan akhirnya bisa menyebabkan penurunan berat badan secara drastis.

Saluran pencernaan yang mengalami peradangan yang disebut sebagai kolitis ulseratif bisa menyebabkan inflmasai atau peradangan pada usus, khususnya usus besar dan juga rektum. Rektum bisa mengalami rasa nyeri atau pendarahan sehingga memicu diare berdarah yang bisa memicu penurunan berat badan secara drastis. Selain itu, gangguan pada paru-paru berupa penyakit paru obstruktif kronis akan membuat kantung udara pada paru-paru yang disebut emfisema akan hancur dan juga peradangan pada saluran bronkial bisa membuat penderitanya mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Penyebab berat badan turun dengan drastis berikutnya adalah masalah hiperkalsemia atau kadar kalsium yang berlebihan dalam darah. Tingginya kadar kalsium ini disebabkan oleh kelenjar paratiroid yang terlalu aktif dan pada akhirnya akan membuat penderitanya kehilangan nafsu makan dan lebih mudah haus. Kondisi kehilangan nafsu makan ini bisa berlangsung cukup lama sehingga penderitanya pun akan mengalami penurunan berat badan dengan drastis.

Baca Juga:  Tremor Esensial, Pemicu Tangan Gemetar Tanpa Sebab

Karena adanya kemungkinan penyakit-penyakit serius dibalik penurunan berat badan yang drastis, kita tentu tidak boleh senang terlebih dahulu jika berat badan kita menurun. Cermati dulu apakah penurunan berat badan ini termasuk dalam kondisi yang normal atau tidak sehingga kita bisa segera memeriksakan kondisi kesehatan kita ke dokter dengan cepat jika mencurigai adanya penurunan berat badan yang tidak normal.