informasi kesehatan


Apa Penyebab Bau Badan ?

Apa Penyebab Bau Badan ?

            

DokterSehat.com – Setiap orang mempunyai masalah sendiri dengan bau badan. Namun orang gemuk biasanya cenderung memiliki bau badan yang lebih menyengat. Infeksi yang terjadi pada kulit juga bisa mengakibatkan bau badan lho. Pada dasarnya aroma tubuh yang kurang sedap itu berasal dari terkekangnya pernapasan tubuh. Seperti sebuah ruang tanpa ventilasi. Pastinya udara akan berputar-putar di daerah yang sama dan membuat aroma apek di sekitar ruangan.

Begitu juga dengan tubuh. Tubuh Anda bernapas lewat pori-pori. Jika pori-pori ini tersumbat, akibatnya nafas tubuh yang seharusnya dikeluarkan terjebak dalam keringat dan membuat bau tak sedap. Bakteri yang sangat berperan membentuk bau badan adalah Anaerobik. Ketika tubuh bermetabolisme, nafas pembuangan bercampur dengan bakteri ini. Semakin banyak Anda beraktivitas bau badan sulit dikendalikan.

Gemuk
Hal ini juga terjadi pada orang gemuk. Dr Peter Gott mengatakan orang gemuk memiliki banyak pori-pori yang tersembunyi dalam lekuk tubuhnya. Karena area ini hangat, beruap dan gelap, mikroorganisme berkembang pesat disana. Maka tak diragukan lagi, bau badan pun muncul.

Infeksi
Kulit yang terinfeksi juga bisa menyebabkan bau badan. Bakteri yang terdapat pada kulit terinfeksi bisa menyebabkan keringat berurea. Komponen inilah yang menghasilkan bau. Ada baiknya Anda segera mengatasi bagian kulit yang terinfeksi. Jika dibiarkan, bakteri mikro organisme semakin berkembang.

Toksin
Tubuh manusia sebenarnya menyimpan racun yang disebut toksin. Dewasa ini toksin bisa berasal dari mana saja, lingkungan, makanan juga udara. Ketika organ tak bisa mengatur pengeluaran toksin, maka racun ini akan berkumpul dalam tubuh. saluran hati dan usus besar yang tersumbat akan menyebabkan aroma tak sedap keluar dari tubuh. Bila hal ini terjadi, lakukan program detoksifikasi (proses pembuangan racun dari tubuh) di bagian hati, ginjal dan usus besar.

Diet Tak Berimbang
Diet tak berimbang dapat menyebabkan sembelit dan kekurangan magnesium atau zinc sebagai pemicu bau badan. Setiap orang mempunyai unsur kimia tersendiri dalam tubuhnya. Jika ia mengkonsumsi banyak daging atau sayur-sayuran, hasilnya bau badannya akan beda. Aromanya akan tercium lebih menyengat. Beberapa individu tak bisa memetabolisme makanan yang mengandung banyak zat choline seperti telur, ikan, hati dan polong-polongan. Hasilnya akan tercium aroma “fishy” atau amis seperti ikan. Bawang merah, merica, bawang putih, kari, makanan pedas, kopi dan alkohol bisa juga memicu bau badan.

Kelenjar Keringat
Kelenjar keringat di ketiak dan pangkal paha biasanya memiliki aroma tersendiri. Hal ini dikarenakan protein, karbohidrat, dan lipid yang biasanya dikeluarkan oleh hormon seks menyebabkan tensi tinggi atau emosiinal yang tak stabil. Inilah yang dengan mudahnya menyerang bakteri.

Penyakit
Beberapa macam penyakit juga bisa menyebabkan seseorang lebih banyak berkeringat. Seperti kadar gula darah rendah, liver, diabetes. parasit, disfungsi metabolisma, menopause juga emosi.

Untuk mengatasi aroma tak sedap dari ketiak, coba gunakan zat hydrogen peroxide yang bisa Anda didapatkan di toko obat. Masukan satu sendok penuh zat ini dalam segelas air dan bilas ketiak Anda. Jika tak berhasil, tambahkan jumlah zatnya.

Jika toksin menjadi penyebab utama bau badan, coba lakukan steam bath atau sauna. Sauna akan menguraikan proses detoksinasi secara alami.

Semua cara sudah dilakukan tapi bau badan masih menyengat? Penyebabnya juga bisa berasal dari dalam tubuh atau hormonal, untuk masalah ini sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter Anda.

sumber: doktertomi.com

pf button both Apa Penyebab Bau Badan ?


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

8 Responses to “Apa Penyebab Bau Badan ?”

  1. rizal says:

    oke..

    Hot debate. What do you think? Thumb up 6 Thumb down 3

  2. Misty Marine says:

    aku mw tnya,,, bulu ktiak aku nggak prnah d ckur tpi tmbuhnya cma dkit,,
    tp knapa ya?? klw stiap pke kaos dlam,, tercium bauh gitu,, kta tman” bauh jd aku mlu bngeeet!!

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Telah diuraikan penjelasannya pada artikel diatas. Java kebersihan badan, mandi secara teratur Dan bersihkan keringat dengan tissue atau Nyuk. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Fitriani ani says:

    aku punya masalah dengan bau badan ,,,ku yakin ini karena “keturunan” ,,,karena nenek,ayah,dan 4 dari 5 saudara ku mengalami masalah yang sama ‘bau badan menyengat’ ,,,kalau mau periksa ke dokter ,,dokter spesialis apa yaa ???help me …:'(

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  4. Aini Bontotan says:

    mungkin karna aku diet yg kurang baik juga…dan terlalu banyak makan yg berlemak…aku gak doyan sayuran.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 1

  5. tono says:

    saya mengalami bau badan dok dan cepat berkeringat
    tapi cuman di bagian ketik aja ,,biar digin tetep keluar keringgat
    2 thn dulu sering komsumsi obat obatan terlarang dan minum2man keras jga ,,tpi skarang udah gk gtu lagi
    nah pas itu mulai timbul bau badan dan sering berkeringgat di bagin ketik
    dan keringgatx dan bau badan gak mau ilang
    kalo masalah kebarsian kya engak deh dok soalx rutin mandi

    udaah minum daun beluntas n daun sirih peke tawas ,minum kunyit tpi gak sembuh2 dok
    kira ada obat apotek yang hrus sya beli gak dok
    atau herbal

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Cukur bulu ketiak anda. Making itu dapat membantu.
      Disini kami tidak meresepkan obat. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0