Apa Penyebab Batuk Susah Sembuh Dan Berkepanjangan

DokterSehat.Com – Batuk memang sangat sering dianggap gangguan kesehatan ringan. Biasanya dengan mengonsumsi obat batuk itu akan terasa efektif. Tetapi, pada beberapa orang cara ini tidak efektif dan batuk kembali muncul ketika tidak meminum obat. Mungkin tidak semua orang bisa mengetahui dengan pasti apa penyebab batuknya. Karena ada begitu banyak kondisi atau penyakit yang disertai dengan batuk berkepanjangan. Untuk itu, Anda harus ketahui apa saja penyebab batuk Anda tak kunjung sembuh.

4195919691_1dd18a0d3b_b

Berikut Penyebabnya :

• Infeksi bakteri
Bila anda mengalami batuk yang disertai demam dan nyeri, ada kemungkinan hal ini terjadi karena infeksi bakteri yang menjadi penyebabnya. Jika ini terjadi sebaiknya anda langsung pergi ke dokter untuk mendapat penanggulangan yang tepat.

• Kondisi Udara yang terlalu Kering atau Lembab
Keadaan udara sekitar yang kering hal ini dapat mengiritasi batuk. Selain itu udara yang lembap juga dapat memicu terjadinya asma serta meningkatkan pertumbuhan tungau debu sekaligus jamur.

• Dehidrasi atau Kekurangan Cairan
Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat memicu terjadinya kondisi batuk yang semakin mengkhawatirkan. Mengkonsumsi jenis cairan atapa pun seperti air putih, sup dan jus dapat membantu mengurangi produksi lendir atau dahak pada saluran pernafasan. Cairan yang harus anda hindari yaitu kopi serta alkohol karena minuman tersebut bisa menimbulkan dehidrasi atau kekurangan cairan.

• Saluran Pernafasan Mengalami Iritasi
Gejala batuk yang semakin kronis dapat di picu oleh tumbuhnya infeksi virus dan kondisi ini bisa berlangsung lama sekitar satu minggu. Maka dari itu, biasanya saluran pada pernafasan dapat menjadi lebih sensitif sehingga hal ini menyebabkan timbulnya iritasi.

• Stress
Cara untuk mengatasi gejala batuk yang berkepanjangan, maka anda harus dapat lebih memperhatikan waktu tidur serta berlajar untuk mengelola tingkat emosi atau stres. Manjakan diri anda untuk santai dalam beberapa waktu.

Baca Juga:  Mengenal Penyakit Otitis Media, Infeksi Pada Bagian Dalam Telinga

• Masalah Kesehatan Lainnya
Ada beberapa penyakit yang bisa mengakibatkan timbulnya batuk seperti asma, alergi, sleep apnes, asam lambung dan masig banyak lagi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 di terbitkan di Britist Journal of Nutrition yang mengemukakan bahwa nutrisi atau gizi ini berperan penting dalam seberapa efektif sistem imunnitas tubuh tersebut bisa melawan infeksi yang mengakibatkan timbulnya batuk dan gejala penyakit lainnya. Konsumsi gizi buryk atau bisa menghambat sistem daya tahan tubuh serta menekan beberapa fungsi pelindung. Oleh karena itu, agar gejala tersebut dapat cepat membaik , ada baiknya anda menghindari beberapa jenis makan-makanan tertentu seperti : roti putih, susu, gorengan, pasta, keripik, jenis makanan kemasan serta makanan manis yang rendah akan kandungan ( vitamin, mineral dan serat ).

Agar tubuh tak mudah terserang beberapa penyakit salah satunya batuk, maka anda harus memperhatikan pola makan dengan mengkonsumsi jenis makan yang sehat, berolahraga secara teratur dan rutin.

BACA JUGA : Rutin Sarapan, Diabetes Menjauh