Apa Itu Virus Zika?

DokterSehat.Com – Belakangan ini kita mendengar mulai maraknya infeksi virus zika di berbagai negara khususnya yang ada di benua Amerika. Kehebohan virus ini mirip dengan kehebohan virus ebola yang dianggap mampu merubah manusia menjadi zombie di Afrika pada tahun kemarin. Yang menjadi masalah adalah, virus zika ini menyebar dengan begitu cepat sehingga yang awalnya hanya ada di sekitar Brazil dan Kolombia saja, kini virus zika telah menjadi masalah besar di negara-negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah dan Karibia.

doktersehat-demam-berdarah-dengue-zika

Virus zika sendiri memiliki gejala yang cenderung terlihat sepele, dan bahkan kerap dianggap sebagai penyakit flu biasa. Selain itu, penderita infeksi virus ini akan mengalami demam atau nyeri pada sendi dan sakit kepala. Jika virus zika ini menginfeksi ibu hamil maka bayi yang ada di dalam kandungan akan beresiko mengalami kelahiran yang disebut dengan microcephaly. Bayi yang lahir dengan kondisi ini akan memiliki kepala dan otak yang cenderung kecil dan sangat tidak normal. Bayi dengan kondisi microchepaly dikhawatirkan akan mengalami keterbelakangan mental dan masalah dalam pertumbuhan layaknya bergerak atau bahkan bericara.

Penyebaran virus zika ini sangatlah cepat karena pembawanya adalah nyamuk yang bisa terbang bebas kesana kemari. Nyamuk pembawa endemi ini sendiri adalah nyamuk Aedes Aegypti yang lebih dahulu dikenal sebagai pembawa penyakit Demam Berdarah Dengue. Jika nyamuk ini menggingit orang yang telah terinfeksi virus zika, maka jika nyamuk ini menggigit orang lain, maka orang lain ini akan segera terinfeksi virus yang sama. Yang lebih mengerikan adalah, disamping penanganan pada penyebaran virus ini sangatlah sulit dilakukan, berbagai pakar kesehatan di dunia bahkan belum menemukan vaksin yang bisa menangani masalah virus zika.

Baca Juga:  Makan Ternyata Bisa Menyembuhkan Insomnia

Untuk menghindari tubuh kita terinfeksi virus zika, maka kita tentu harus menghindari gigitan nyamuk sedini mungkin. Selain menggunakan obat pembunuh nyamuk, kita juga harus menutup banyak genangan air yang bisa menjadi pemicu berkembang biaknya nyamuk dengan cepat. Selain itu, gunakan pula lotion anti nyamuk yang bisa mencegah nyamuk menggigit kulit kita. Jika diperlukan, kita juga bisa memakai fogging yang bisa secara efektif membunuh nyamuk dan jentik-jentiknya sehingga lingkungan kita pun setidaknya aman dari masalah nyamuk.