Apa Itu Vaginitis atau Keputihan?

herpes adalah penyakit kulit yang disebabkan karena virus.

DokterSehat.Com– Vaginitis adalah peradangan pada Miss V, yang disebabkan oleh infeksi atau flora bakteri. Salah satu gejalanya keluarnya cairan dari Miss V yang diikuti rasa gatal, iritasi bagian bawah, bau tak sedap, bahkan kadang terjdi pendarahan pada Miss V.

3 Jenis Vaginitis

  • Trichomonaisis. Disebabkan oleh parasit trichomonaisis Vaginalis yang menimbulkan cairan berbau, banyak, berwarna kuning kehijauan dan kadang berbusa, sangat gatal dan terasa perih, Bisa menular melalui hubungan seks.
  • Vaginosis. Disebabkan oleh bakteri Garnerella Vaginalis. Cairan yang keluar sedikit berwarna abu-abu, dan bau tak sedap.
  • Infeksi Jamur/ Candidosis. Disebabkan oleh Candida Albicans (salah satu enis jamur yang normal ditemukan dalam Miss V) jika terjadi perubahan kondisi ekosistem pada organ Miss V. Jamur ini akan membiak melampaui batas normal. Gejalanya: terdapat cairan kental dalam Miss V. berwarna putih dan berbau tak sedap, timbul rasa gatal, nyeri dan panas saat buang air kecil atau berhubungan intim. Candida albicans adalah jamur pelahap glukosa/ gula, jika terjadi ketidakseimbangan homonal dalam tubuh yang memicu naiknya gulah darah candida albicans akan membiak pesat, maka terjadilah infeksi jamur