Apa Itu Torch?

Dokter Sehat – Torch merupakan singkatan dari Toxoplasma gondii (toxo), yaitu gabungan dari empat jenis penyakit infeksi yaitu toxoplasma, rubella, cytomegalovirus dan herpes. Keempat jenis penyakti infeksi ini, sama-sama berbahaya bagi janin bila infeksi diderita oleh ibu hamil.



Penyebab infeksi virus dan parasit torch adalah hewan yang ada di sekitar kita, seperti ayam, kucing, burung, tikus, merpati, kambing, sapi, anjing, babi dan lainnya. Pada umumnya, infeksi toxoplasma terjadi tanpa disertai gejala yang spesipik. Kira-kira hanya 10-20% kasus infeksi, toxoplasma yang disertai gejala ringan, seperti gejala influenza, lelah, malaise, demam, pada umumnya tidak menimbulkan masalah.

Awalnya seseorang yang mengidap toxo ini tampak sehat, tetapi ketika sedang hamil mulai muncul sejumlah gejala. Gejala yang sering terjadi adalah flek pada wanita yang sedang hamil, flek ini bisa terjadi terus menerus sepanjang kehamilan. Janin di dalam rahim tidak berkembang, hamil anggur, atau bayinya meninggal pada usia kandungan 7-8 bulan.

Sebenarnya toxo bukanlah penyakit menular kepada pasangan, tetapi ia menular pada keturunan. Bisa jadi anak pertama dan kedua sehat, tetapi anak ketiga cacat atau mengalami epilepsi dan autisme. Tetapi yang sering terjadi, baik anak pertama maupun anak kedua sesungguhnya turut terinfeksi.

Berbeda dengan rubella, penyakit ini sering disebut campak jerman. Pada kasus Rubella, ibu hamil tidak mengalami keguguran. Tetapi yang sering terjadi adalah bayi yang dilahirkan mengalami glukoma, pengapuran pada otak, bibir sumbing, tuna rungu dan sulit bicara.

Sedangkan pada pengidap cyto megalo virus adalah pada saat seorang ibu hamil ia akan mengalami keguguran terus menerus, atau bayi yang dikandungnya lahir dalam keadaan cacat fisik, seperti pembesaran kepala, pengecilan kepala, dan lahir dengan usus keluar tubuh.

Baca Juga:  Waspadai Penyakit Jantung Terendam Cairan

Kemudian pada penyakit herpes, munculnya tanda dengan bintik-bintik pada tubuh dan alat genital. Seorang yang mengidap herpes, akan mengalami kesakitan dan panas. Bagi wanita hamil, sering keguguran atau bayinya lahir dalam keadaan cacat.