informasi kesehatan


Apa itu TBC

Apa itu TBC

DokterSehat.com – Tuberkulosis atau TBC Adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini paling sering menyerang paru-paru walaupun pada sepertiga kasus menyerang organ tubuh lain dan ditularkan orang ke orang. Ini juga salah satu penyakit tertua yang diketahui menyerang manusia. Jika diterapi dengan benar tuberkulosis yang disebabkan oleh kompleks Mycobacterium tuberculosis, yang peka terhadap obat, praktis dapat disembuhkan. Tanpa terapi tuberkulosa akan mengakibatkan kematian dalam lima tahun pertama pada lebih dari setengah kasus.
Indonesia berada dalam peringkat ketiga terburuk di dunia untuk jumlah penderita TB. Setiap tahun muncul 500 ribu kasus baru dan lebih dari 140 ribu lainnya meninggal. Seratus tahun yang lalu, satu dari lima kematian di Amerika Serikat disebabkan oleh tuberkulosis.
Sehingga Tanggal 24 Maret diperingati dunia sebagai “Hari TBC” oleh sebab pada 24 Maret 1882 di Berlin, Jerman, Robert Koch mempresentasikan hasil studi mengenai penyebab tuberkulosis yang ditemukannya.
Penyebab TBC
Penyebab penyakit ini adalah bakteri kompleks Mycobacterium tuberculosis. Mycobacteria termasuk dalam famili Mycobacteriaceae dan termasuk dalam ordo Actinomycetales. kompleks Mycobacterium tuberculosis meliputi M. tuberculosis, M. bovis, M. africanum, M. microti, dan M. canettii. Dari beberapa kompleks tersebut, M. tuberculosis merupakan jenis yang terpenting dan paling sering dijumpai.

M.tuberculosis berbentuk batang, berukuran panjang 5µ dan lebar 3µ, tidak membentuk spora, dan termasuk bakteri aerob. Mycobacteria dapat diberi pewarnaan seperti bakteri lainnya, misalnya dengan Pewarnaan Gram. Namun, sekali mycobacteria diberi warna oleh pewarnaan gram, maka warna tersebut tidak dapat dihilangkan dengan asam. Oleh karena itu, maka mycobacteria disebut sebagai Basil Tahan Asam atau BTA. Beberapa mikroorganisme lain yang juga memiliki sifat tahan asam, yaitu spesies Nocardia, Rhodococcus, Legionella micdadei, dan protozoa Isospora dan Cryptosporidium. Pada dinding sel mycobacteria, lemak berhubungan dengan arabinogalaktan dan peptidoglikan di bawahnya. Struktur ini menurunkan permeabilitas dinding sel, sehingga mengurangi efektivitas dari antibiotik. Lipoarabinomannan, suatu molekul lain dalam dinding sel mycobacteria, berperan dalam interaksi antara inang dan patogen, menjadikan M. tuberculosis dapat bertahan hidup di dalam makrofaga.
Penularan TBC
Penularan penyakit TBC karena kontak dengan dahak atau menghirup titik-titik air dari bersin atau batuk dari orang yang terinfeksi kuman tuberkulosis.Jadi kita harus menghindari dengan orang yang terkena TBC untuk sementara waktu.Supaya kita tidak tertular.

Sumber : fatri-health.blogspot.com

pf button both Apa itu TBC
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

18 Responses to “Apa itu TBC”

  1. anwar says:

    saya pernah 2 kali terserang TBC dan tidak pernah selesai pengobatan karena suatu hal. sekarang saya merasa nafas saya pendek-pendek, mudah capek. tapi tidak batuk dan berat badan saya malah bertambah..apakah saya mengalami kecacatan paru-paru karena TBC yang tidak diobati secara tuntas? lalu apa yang harus saya lakukan? terimakasih…

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat sore,

      Di bulan berapakah bapak menghentikan pengobatan obat TB tersebut? Sesak nafas bisa terjadi karena banyak hal, karena pada kasus bapak ini 2x pernah tidak tuntas pengobatan TB , besar kemungkinan sesak nafas yang bapak rasakan sekarang karena bagian paru yang terganggu/ rusak akibat infeksi tersebut. Untuk memastikannya diperlukan rontgen dada untuk melihat keadaan paru bapak.

      Kepada bapak saya menganjurkan untuk memeriksakan diri lagi ke dokter (lebih baik lagi bila spesialis paru) dan melanjutkan pengobatan sampai tuntas. Infeksi dapat saja sedang tidak akif sekarang ini karena daya imun bapak sedang baik, namun bila keadaan sedang tidak fit, dengan tidak menuntaskan pengobatan seperti yang bapak lakukan maka peluang untuk terjadinya kekambuhan akan besar bahkan lebih parah dari sebelumnya karena kuman sudah kebal terhadap obat TB.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Gian says:

    Gini dok, kebetulan sy pernah mengalami batuk sampai 2 minggu lebih,sehingga tanpa sy sadar ketika sy batuk dan mengeluarkian dahaknnya entah kenapa juga keluar darah dari dahak saya,dan memang akhir2 ini nafsu makan saya kurang,terus sering berkeringat pada malam hari, namun saya tidak mengalami sakit pada bagian dada.. boleh di jelaskan dok, apakah sy positif teridentifikasi tbc atau tidak

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. soero says:

    Selamat sore Dokter,

    saya pernah berobat TBC dan sdh selesai pengobatan, saat ini saya mempunyai 2 orang puteri (10 & 8 thn) dan 2 orang putra ( 4 thn dan 4 bulan ).

    ke 2 puteri saya sudah saya periksakan X-ray thorax PA hasilnya “Kesan : – Penebalan hilus bilateral suspect limfadenopati akibat proses spesifik.”

    apa yang mesti saya lakukan utk pengobatan ke-2 puteri saya. sya berhenti setelah pemeriksaan X-ray thorax PA karena faktor biaya.

    antisipasi apa yg harus saya lakukan utk ke 2 putera saya, perlukah anak2 saya di beri vaksin pneumonia.

    mohon sarannya, terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. saya sudah berobat dari awal 2013, namun berhenti pada bulan ke3, lalu berobat lagi pada bulan november, belum sebulan saya berhenti lagi. apakah ada harapan untuk sehat total kembali?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Untuk pengobatan TBC, disarankan untuk minum obat teratur, Dan tidak putus obat sampai dinyatakan sembuh Oleh dokter, Karena dikhawatirkan Akan terjadi resistensi obat Dan terjadi penyebaran infeksi ke bagian lain tubuh. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Selamat pagi dok, maaf mengganggu waktu dokter
    Saya menderita penyakit TBC selama tahun 2013 ini. Pada januari, saya berobat hingga 4 bulan minum obat, pada bulan ke 5 saya berhenti karna suatu hal. Pada bulan november, saya mengulang kembali, belum satu bulan saya menghentikannya kembali
    Bagaimana ini dokter? Apakah saya tidak bisa sembuh total kembali? Apakah saya harus oprasi? Terima kasih dokter, jawaban dokter sangat membantu

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Untuk pengobatan TBC, disarankan untuk minum obat teratur, Dan tidak putus obat sampai dinyatakan sembuh Oleh dokter, Karena dikhawatirkan Akan terjadi resistensi obat Dan terjadi penyebaran infeksi ke bagian lain tubuh. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. ayu says:

    Dear dokter,
    Dok sekarang saia seDang mengalami bAtUk flu dEmam jg,
    tp kalau seDang bAtUk kadang dada saia sampe sesak peruT pun ikuT sakit,
    dan ketika batUk terkadang jg lama b.hentiny sampai2 saia lemas sndri,
    suka pengen nangi nahan bAtuknya,
    ap saia terkena TbC ? Ap ad tes darah buat mengetahuinya? Dmana?
    Soalny dulu sahaBat q terkena TbC
    Sampai2 menjalani pengobAtan 6 bulan tanpa berhenti,
    dulu saia tidak tau bahayanya dan penularan ny,
    jadi dlm posisi itu saia mash suka makan bAreng satU piring satU sendok minum pun satu gels satu botol ap bsa menular ?
    Tapi batuk saia tidak berdarah,

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Batuk Yg lama Dan kuat memang bisa menimbulkan rasa sakit pada dada Dan perut. Untuk anda, kami sarankan langsung periksakan ke dokter. Karena kami tidak bisa menyatakan anda menderita TB atau tidak tanpa pemeriksaan langsung. Semoga lekas sembuh. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Anonim says:

    Terimakasih postingannya.
    Selamat siang dokter.
    Maaf saya baru-baru ini sudah periksa ke dokter tentang paru-paru saya. Hasilnya kata dokternya rontgennya positif tapi dari hasil pemeriksaan dahaknya sebanyak 3 kali negatif. Sebenarnya saya tidak pernah batuk, cuman sering, maaf, ada lendir putih di tenggorokan. Meski begitu saya tetap disuruh berobat selama 6 bulan. Saya kemudian diberi pilihan untuk berobat di RS atau Puskesmas, saya pilih di Puskesmas dengan alasan mobilitas.
    Pertanyaan saya:
    1. Apakah obat yang diberikan di RS sama dengan yg di puskesmas?
    2. Saya diberi satu macam obat yang bungkusnya warna merah, katanya obat tersebut satu paket mengobati gejala2 TB. Pertanyaan saya, apakah itu aman dikonsumsi mengingat saya tidak mengalami gejala batuk sama sekali.

    Terimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bisa anda perjelas positif penyakit apa?
      1. Obat Yg diberikan sama hanya beda merk dagang Dan harga
      2. Bila Tidak Ada batuk, apa Yg menyebabkan anda periksa ke dokter? Gejala apa Yg anda rasakan sampai anda ke dokter?
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • Anonim says:

        Terimakasih banyak dokter

        Penyakitnya TB
        1. Rifampicin 150mg/isoniazid 75mg/pyrazinamide 400mg/ethambutol hydrochloride 275mg Tablets. Diproduksi oleh Phapros
        2. Gejala yang saya rasakan, badan sering demam, dahak yang sering ada di tenggorokan, terkadang ada rasa nyeri di paru-paru ketika kena dingin/waktu tengah malam. Saya memiliki badan kurus. Oh iya, dan satu lagi yang memberanikan saya untuk periksa juga karena hasil diagnosis dokter beberapa tahun yang lalu yang menganjurkan saya untuk berobat selama 6 bulan namun tidak saya lakukan.

        Terimakasih banyak dokter.

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Untuk obat2an, kandungannya sama, besarnya di RS harga ya pasti Lebih mahal dibanding puskesmas dimana biasanya di puskesmas obat2nya di subsidi pemerintah. Yg penting ialah anda Rajin berobat Dan minum obat secara teratur jangan putus 1 hari pun dengan Alasan apa pun, Karena pengobatannya Akan sia2 Dan harus diulang Dari awal, Dan kuman TB Nya bisa resisten atau Kenal terhadap obat2an tersebut.

          Dari gejala Yg anda Alami, meskipun tanpa disertai batuk, Sudah jelas sekali mengarah ke TB ditambah Dari hasil rontgent Sudah jelas. Dari hasil pemeriksaan dahak memang terkadang sulit Karena Kadang dahak bercampur dengan air liur, Dsb. Namun Dari hasil dahak Yg negatif, sementara gejala klinis Sudah jelas Dan rontgent pun mendukung, maka diagnosa pun dapat ditegakkan. Mengingat anda memang Sudah didiagnosa TB bertahun2 Lalu, maka sebaiknya anda benar2 melakukan terapi TB sampai benar2 dinyatakan sembuh Oleh dokte, bukan sembuh kata anda sendiri. TB perlu diwaspadai Karena bisa menyebar ke organ lain Dan dapat menular serta dapat menyebabkan kematian. Usahakan sinar matahari masuk ke rumah Dan Lamar tidur anda agar kuman TB mati. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • Anonim says:

            Sungguh sangat memuaskan jawabannya. Terimakasih banyak pak dokter. Semoga sukses selalu.

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • dr. Vanny Bernadus says:

            semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh. trims

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • hadi says:

            Dok saya mau bertanya.
            Saya mengalami batuk hampir 2 minggu dan setelah itu berhenti. Karna saya cemas kemudian saya tes TB. Dari hasil tes lab dahak saya negatif, dari hasil LED saya tinggi 85 mm/jam dan foto rontgen saya sinistra aktif. Apakah saya positif terkena TB? saat kecil saya juga pernah terkena TB dan sudah selesai pengobatan sampai tuntas.
            Terimakasih

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • Dr. Vanny bernadus says:

            @hadi, Dari gejala Dan rontgent Sudah nampak bahwa memang kemungkinan besar anda menderita TB, ditambah Ada riwayat serupa pada saat Yg lampau. Lakukan terapi secara teratu sampai dinyatakan sembuh Oleh dokter. Trims

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0