informasi kesehatan


Apa itu Step

Apa itu Step

DokterSehat.com – Step adalah istilah umum pada masyarakat yang arti sebenarnya adalah kejang, kejang yang dimaksud dalam hal ini umumnya adalah kejang demam yaitu suatu reaksi kejang yang terjadi pada anak-anak yang disebabkan oleh suhu tubuh yang sangat tinggi. Meski kejang demam jarang menyebabkan kematian atau gejala sisa, namun kejang pada anak perlu diwaspadai karena kejang yang lama (lebih dari 15 menit) dapat menyebabkan kerusakan saraf otak sehingga menjadi epilepsi, kelumpuhan, bahkan retardasi mental.

Apa penyebabnya
Tiap penyakit atau kelainan yang mengganggu fungsi otak dapat menyebabkan timbulnya bangkitan kejang. Contohnya, trauma lahir, trauma kepala, radang otak, tumor otak, perdarahan otak, hipoksia (kekurangan oksigen dalam jaringan), gangguan peredaran darah, gangguan metabolisme, gangguan elektrolit, alergi, keracunan obat/zat kimia, faktor keturunan, serta cacat bawaan. Ada dua kelompok kejang, yaitu kejang dengan demam, baik kejang demam sederhana maupun kejang demam karena penyakit lain atau ada gangguan dalam batok kepala. Dan, jenis kedua adalah kelompok kejang tanpa demam yang disebabkan gangguan elektrolit darah akibat muntah dan diare, gula darah rendah akibat sakit lama, asupan makan kurang, atau kejang lama serta yang disebabkan epilepsi.

Gejala klinis
Kriteria kejang demam sederhana, antara lain, umur penderita berkisar empat bulan sampai empat tahun, kejang tidak lebih dari 15 menit, kejang timbul dalam 16 jam pertama demam, frekuensi kurang dari empat kali dalam setahun, serta neurologis normal sebelum atau setelah kejang. Bentuk kejang bermacam-macam, tergantung sel neuron yang terangsang dan berapa luas rangsangan menjalar. Dari yang ringan seperti rasa tidak enak di perut, sampai yang berat seperti kesadaran menghilang disertai kejang.

Faktor resiko
Dua sampai tiga persen anak dapat mengalami kejang demam. Bila salah satu orang tua mempunyai riwayat kejang demam, risiko kejang pada anak lebih tinggi. Sekitar 25-50 persen anak yang pernah kejang demam berisiko kena kejang demam kembali dalam tahun pertama setelah kejang. Ada kemungkinan penderita kejang demam menjadi epilepsi jika ada riwayat kejang demam dalam keluarga, kelainan neurologis atau gangguan perkembangan sebelum menderita kejang demam, serta jika kejang demam berlangsung lebih dari 15 menit. Risiko retardasi mental lima kali lebih besar jika kejang demam diikuti kejang tanpa demam.

Pengobatan
Pengobatan kejang demam yang disarankan adalah antipiretik (penurun panas) dengan diazepam. Sedang kejang epilepsi diobati dengan obat anti-epilepsi.

Pencegahan

  • Jika anak Anda terserang panas tinggi dan mengalami kejang demam (stuip), berikut saran-saran untuk mengatasi anak kejang demam :
  • Bersikaplah tenang, jangan panik.
  • Anak jangan diselimuti, karena suhu badannya akan semakin tinggi, lepaskan kancing bajunya.
  • Kompres dengan air suam-suam kuku, dimaksudkan agar uap air dari badannya mengurangi suhu badannya.
  • Kompres dengan alkohol 70% (awas jangan sampai kena mata) di sekujur badannya.
  • Beri minum air putih yang banyak, karena banyak minum air putih diharapkan akan sering kencing dan suhu badan badan segera turun.
  • Beri obat penurun panas. Jika dalam waktu 5 menit, keadaan anak tidak membaik segeralah bawa ke Dokter atau Puskesmas terdekat.

Sumber : kimiafarmaapotek.com

pf button both Apa itu Step
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

6 Responses to “Apa itu Step”

  1. Diana says:

    apaan itu?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Libania ximenes marcal says:

    Saya paling takut penyakit serangan jantung karna saya melihat banyak orang yang mati karna penyakit ini

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Libania ximenes marcal says:

    Dokter saya ingin berkonsultasi dgn Dr mengenai kesehatan anak saya boleh ngga ?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      @libania,
      Silahkan sampaikan keluhan yg dialami anak ibu secara jelas, kami Akan berubah a memberikan penjelasan, namun bila memang kondisi anak ibu membutuhkan tindakan segera, sebaiknya bawa ke dokter/rumah sakit terdekat. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. meliantha multi says:

    aku pernah mengalami step waktu usia ku masih bayi
    aku sekarang udah sembuh
    kata mamaku aku masuk rumah sakit 5 kali sampai pada kelas 4 aku dinyatakan sembuh dalam penyakitku

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. kursi mebel says:

    penyakit step juga berbahaya ..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0