Apa Itu Sindrom Kelelahan Kronis?

DokterSehat.Com – Pernahkah anda mengalami rasa lelah yang berkepanjangan? Meskipun anda merasa sudah tidur dengan waktu yang cukup dan tidak melakukan banyak aktifitas namun masih saja ada rasa lelah dan lesu, bisa jadi anda sedang mengalami masalah sindrom kelelahan kronis atau Chronic Fatigue Syndrome (CFS). Penderita sindrom kelelahan kronis biasanya akan merasa kantuk terus menerus dan seperti apakah sindrom kelelahan kronis ini?

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

Pakar kesehatan yang mendalami sindrom kelelahan kronis ini; Leonard Jason, menyebutkan jika kita bisa membedakan antara kelelahan biasa dengan sindrom kelelahan kronis. Caranya adalah dengan mengecek seberapa sering kita merasakan kantuk di siang hari. Jika kita mengalami kelelahan biasa, maka rasa kantuk ini hanya akan berlangsung sebentar dan dengan mudah menghilang setelah kita beristirahat. Hal yang berbeda terjadi jika kita merasakan rasa kantuk ini hingga berhari-hari atau berminggu-minggu yang merupakan tanda dari sindrom kelelahan kronis.

Jika kelelahan biasa, kita bisa saja beristirahat di akhir pekan dan kita pun akan segera segar dan bugar kembali. Namun, sindrom kelelahan kronis akan membuat kita seakan-akan terkena flu dalam waktu yang lama. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah ada cara agar kita bisa mengatasi masalah sindrom kelelahan kronis ini?

Jason menyarankan kita untuk tetap memberikan porsi beristirahat pada tubuh jika memungkinkan. Sebagai contoh, kita harus lebih baik dalam menjaga waktu tidur setiap hari; yakni cukupilah waktu tidur setidaknya tujuh jam dalam sehari. Selain itu, jika ada waktu untuk melakukan tidur siang, lakukanlah meskipun hanya 10 atau 20 menit setiap hari. Jika perlu, lakukanlah meditasi yang bisa membuat tubuh kita menjadi lebih segar.

Baca Juga:  Tips Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Selain itu, cobalah untuk mencoba melakukan olahraga ringan layaknya berjalan kaki atau bersepeda. Tak perlu lama-lama, 30 menit akan sudah cukup untuk membuat tubuh kita menjadi lebih segar kembali dan sindrom kelelahan kronis pun segera menghilang.