Apa itu Selulit

DokterSehat.Com – Lemak yang tersimpan di bawah kulit di dalam serangkaian sel. Pola lemak yang tersimpan di dalam tubuh itu sebagian dikontrol oleh hormon sexual. Pada pria, lemak yang tersimpan lebih teratur, tapi pada wanita, lemak tersimpan di bagian tertentu seperti di paha dan di pantat. Untuk orang-orang yang berkecimpung di bagian perawatan tubuh, lemak ini dikenal sebagai selulit.

doktersehat-selulit-perut-buncit-sindrom-cushing

Selulit dikenal sebagai jel yang bentuknya seperti campuran lemak, air dan material lain yang tidak terpakai yang terjebak di berbagai benjolan yang tidak dapat bergerak. Letaknya pas di bawah kulit. Teori lain mengatakan saat serangkaian lapisan sel teracuni, lapisan tersebut membengkak dan menyimpan lemak, air dan buangan tubuh yang akhirnya membentuk selulit.

Ketegangan, kelelahan, merokok, kurang olah raga, minum alkohol dan obat-obatan adalah penyebab terbentuknya selulit. Faktor- faktor tersebut menghambat pembuangan material yang tidak terpakai di dalam tubuh dan menyimpannya dalam lapisan sel. Gambaran diatas adalah logis, bila anda makan lebih dari yang dibutuhkan, berat badan anda akan naik. Tubuh akan menyimpan kelebihan lemak ini di bawah kulit. Bila terlalu banyak lemak yang di simpan, dan menonjol di antara serat-serat dari kumpulan lapisan sel. Sehingga lapisan yang berlebihan dari kulit tersebut akan mulai dan kelihatan tidak rata dan kendar-kendur. Dokter juga menjelaskan bahwa kebanyakan kalori dan sedikit olah raga akan menyebabkan terbentuknya gumpalan lemak. Namun, dokter hanya menganggap selulit sebagai lemak yang berkelebihan. Analisa kimia juga menunjukan bahwa selulit adalah lemak biasa.

Diet Selulit
Dijelaskan bahwa diet ini membersihkan tubuh dan mengurangi racun dalam tubuh. Diet ini dasarnya terdiri dari makanan rendah kalori, sayur-sayuran mentah, susu tanpa lemak, keju, ikan dan daging tanpa lemak. Diet ini melarang makanan yang “merusak tubuh” seperti kue coklat dan alkohol dan lainnya yang mengandung banyak kalori. Jadi diet ini juga membantu anda mengurangi berat tubuh.

Baca Juga:  Alergi Susu

Diet anti selulit ini juga mengandung banyak cairan dan mengurangi garam dan mengandung banyak yodium. Cairan diperlukan karena mereka meningkatkan kerja ginjal, dan mempercepat kerja tubuh membuang sampah tubuh. Setelah racun tubuh dibuang, selulit berikutnya. Tapi ini hanya pendapat, karena kaum dokter tidak percaya kalau bekerjanya ginjal ada hubungannya dengan pengurangan lemak. Yodium digunakan tubuh untuk memproduksi hormon  yang mengontrol kecepatan lemak yang terbakar Jadi pemakaian tambahan yodium untuk mempercepat pembakaran lemak.