Apa itu Purwaceng

DokterSehat.com – Purwaceng (purwoceng) (latin : Pimpinella Fruacan) merupakan jenis tumbuhan obat atau simplisia nabati, sehingga banyak dimanfaatkan untuk kesehatan. Tanaman purwaceng adalah sejenis ginseng yang hanya terdapat di Dataran Tinggi Dieng , dan hidup pada ketinggian 2000-2500 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan jenis tanah yang mengandung unsur-unsur tertentu serta kelembapan dan cuaca tertentu pula.



Purwaceng (purwoceng) dipercaya mempunyai khasiat khusus untuk keperkasaan laki-laki (baca: gairah). Purwaceng (purwoceng) merupakan ramuan alami dan berbeda dengan obat-obat perangsang. Purwaceng (purwoceng) adalah jamu yang memiliki kandungan zat-zat tertentu yang mampu membangkitkan dan menjaga potensi vitalitas pria, menambah stamina tubuh, menghilangkan masuk angin, menghilangkan pegal linu.

Khasiat Purwaceng tidak kalah dengan ginseng yang berasal dari Korea (Panax Gingseng), atau Pasak Bumi (Eurycoma Longifolia Jack) yang berasal dari Amuntai Kalimantan Selatan. Purwaceng memiliki kandungan sejumlah zat, seperti triterpenoid-steroid, sitosterol, dan stigmasterol, yang memiliki fungsi utama meningkatkan fertilitas spermatozoid. Tambah lagi senyawa afrodisialdi dalamnya. Afrodisial diyakini dapat membangkitkan hormon seksual. Tanaman ini juga mempunyai kandungan senyawa pergaphen dan iso pergaphen yang berfungsi meningkatkan stamina tubuh. Senyawa diuretik juga bisa ditemui di dalamnya. Senyawa tersebut mampu melancarkan air seni, peredaran darah, menghangatkan dan menyehatkan tubuh.

Purwaceng baik dikonsumsi oleh laki-laki, wanita dan anak-anak sekalipun. Namun, wanita hamil sangat tidak dianjurkan mengkonsumsinya. Jika minum purwaceng secara rutin akan membuat kejantanan pria stabil, jadi ngga naik, drop.
sumber :http://purwacengdieng.blogspot.com/

Sumber : purwaceng.com