Apa Itu Penyakit Psoriasis?

DokterSehat.Com – Psoriasis adalah suatu penyakit peradangan kronis (autoimun) pada kulit, dimana penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. Psoriasis ditandai dengan bercak-bercak merah dengan sisik kasar dan tebal.

doktersehat-dermatitis-kontak-Porfiria-kanker-kulit

Penyebab
Penyebabnya yakni Autoimun, dimana Sel-T (sel kekebalan di dalam tubuh) menjadi teraktivasi dan menghasilkan zat-zat peradangan, seperti TNF-alpha yang selanjutnya akan berinteraksi dengan sel-sel kulit, sehingga terjadi proliferasi dan diferensiasi secara abnormal pada sel kulit. Beberapa keadaan lingkungan atau faktor tertentu juga dapat memperburuk atau mencetus psoriasis, seperti trauma (garukan, gesekan), infeksi (kuman streptokokus, HIV), gangguan hormonal, stres emosional, obat-obatan, gangguan metabolisme, sinar matahari, alkohol dan merokok.

Efek
Biasanya penderita sering merasa gatal pada kulit tersebut, nyeri, kulit terasa kencang dan bahkan terjadi pendarahan pada kulit. Berbeda dengan pergantian kulit pada manusia normal yang biasanya berlangsung selama 3 sampai 4 minggu, proses pergatian kulit pada penderita psoriasis terjadi secara cepat yakni sekitar 2-4 hari, bahkan bisa lebih cepat.

Penyakit ini secara klinis tidak mengancam jiwa dan juga tidak menular, akan tetapi karena timbulnya dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, sehingga dapat menurunkan kualitas hidup si penderita. Selain itu psoriasis juga dapat menggangu kehidupan pribadi dan sosialnya, terlebih jika penyakit ini mengenai daerah-daerah tertentu, seperti wajah, telapak tangan, kaki atau alat kelamin.

Pengobatan
Menurut Journal of the American Academy of Dermatology (2008), penderita psoriasis memiliki kemungkinan juga untuk menderita penyakit lain yang lebih berbahaya, seperti penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, kanker, depresi dan obesitas. Oleh karena itu, pasien psoriasis dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lengkap dan teratur, serta pengobatan sedini mungkin.

Terdapat berbagai macam pengobatan untuk penyakit psoriasis, mulai dair pengobatan luar (tropical), foto terapi serta pengobatan sistemik. Pengobatan luar dapat dilakukan terhadap penderita Psoriasis ringan, dengan luas kelainan kulit kurang dari 5%, sedangkan foto terapi biasanya dilakukan untuk mengobati Psoriasis yang berhasil dengan pengobatan luar.

Baca Juga:  Diabetes Melitus

Pengobatan sistemik biasanya ditujukan untuk psoriasis yang berada pada level sedang hingga berat. Etanercept adalah salah satu jenis obat sistemik yang merupakan agen biologis, bekerja dengan mengikat TNF-alpha, agar tidak terjadi aktivasi abnormal pada sel-sel kulit, sehingga dapat memperbaiki gejala Psoriasis.