informasi kesehatan


Apa itu Paru Paru Basah ?

Apa itu Paru Paru Basah ?

            

DokterSehat.com – Semua Paru-paru selalu basah karena dibasahi oleh darah. Sesuai fungsinya, paru2 adalah tempat pertukaran O2 dengan CO2 oleh Hemoglobin yang berada dalam sel2 darah merah. Oleh karena itu wajar kalo paru2 selalu basah, dan tidak pernah ada paru2 kering, kecuali tentunya orang mati. Oleh karena itu tulisan ini benar2 menyesatkan, tidak pernah ada siapapun yang sehat bisa terjangkit “penyakit paru2 basah” hanya karena tidur buka baju dilantai yang dingin.

Paru2 basah adalah istilah yang menyesatkan, karena yang dimaksudkan dengan “penyakit paru2 basah” tidak lain adalah “Pleuritis Serosa” atau “Pleuritis Exudativa”. Kedua penyakit ini memang banyak penyebabnya, tetapi penyebab yang sangat dominan di Indonesia adalah penyakit yang disebabkan oleh “tuberculosa” dan penderitanya biasanya berusia antara 10-30 tahunan. Artinya, tidak pernah ada siapapun akan menderita penyakit ini meskipun tidur telanjang bulat diluar rumah sambil kehujanan sekalipun. Sebagaimana yang harus diketahui anda semua adalah bahwa penyakit tbc adalah penyakit yang khronis yang artinya penyakit ini diderita banyak orang tanpa orang itu mengetahui menderita penyakit ini.

Gejalanya hampir tidak ada kecuali suka masuk angin dan merah waktu dikerokin. Apabila penderita tbc chronis ini tidur diluar rumah, kehujanan, buka baju tidur dilantai, maka tubuh yang sakit tbc chronis ini bisa mendadak menjadi akut akibat turunnya daya tahan tubuh akibat stress dari tidur buka baju dilantai tsb. Oleh karena itu, janganlah menyalahkan tidur dilantai dengan buka baju kalo anda dianggap menderita penyakit paru2 basah, melainkan disebabkan kuman penyakit itu sendiri yang sudah lama mengidap dalam tubuh anda, dan tidur dilantai dengan buka baju itu hanyalah sebagai pencetus saja sehingga penyakit yang tadinya tidak tampak jadi menampakkan diri.

DAN YANG PERLU ANDA SEMUA PAHAMI, BAHWA TIDAK ADA SATUPUN HERBAL YANG BISA MEMBUNUH KUMAN2 TBC INI KECUALI OBAT2 KHUSUS UNTUK TUBERKULOSIS INI SEPERTI INH, RIFAMPICIN, ETHAMBUTOL, DLL.

Ny. Muslim binti Muskitawati Dr. FKUI

pf button both Apa itu Paru Paru Basah ?


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

41 Responses to “Apa itu Paru Paru Basah ?”

  1. akbar says:

    bnar gagk klo mandi tngah malam itu membuatorg kena paru-paru basah,,,??

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 10 Thumb down 1

  2. tutii says:

    gejala lain selain sering masuk angin ap ya ?

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  3. paru basah adlah penyakit yg di akibtkan krna sring brgdang,dan terkena angn malam.. says:

    penyakit yg lumayan

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 3

  4. Agustina says:

    Ad tdk obt paru2 bsah dri tumbhn alam

    Like or Dislike: Thumb up 3 Thumb down 0

  5. anonim says:

    @Agustina
    buah MENGKUDU + 1 jari jahe + 1 sendok madu + aie secukupnya di buat JUS…

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. anch says:

    apakah paru-paru basah bisa menular melalui sendok yg dipakai secara bergantian??

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  7. cerely says:

    apa kah penyakit nhe bsa sembh………….???????????

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Lina says:

    gila aja lu dokter. menjudge ga ada obat herbal yg bisa nyembuhin kecuali obat kimia yg buatan manusia. obat herbal yg ciptain Allah.

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 1

  9. habibi says:

    saya jual produk kesehatan yg salah satunya adalah minuman herbal yg dibuat dari zat hijau daun tumbuhan alfalfa (disebut juga sebagai bapak tumbuhan). manfaatnya dapat membuang toksin/ racun dlm tubuh, menambah stamina kita, membuat tubuh jadi lebih segar dari pada biasanya, dan dapat dipakai untuk luka luar dengan cara di oleskan, minuman ini sangat bagus untuk tubuh kita.
    dan masih banyak produk kesehatan untuk sgala penyakit.
    yg berminat email aja ke [email protected]
    atau comment disini. terima kasih.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 1

  10. azis says:

    dok saya penderita paru2 basah, saya bingung penyebab,y ada yg bilang krna ktularan ada yg bilang turunan, n saya juga takut penyakit ini tidk bisa di sembuhkan, karana suda ada 2 kaka saya yg terkena paru2 basah yg prtama selamat tapi sampai skrng mash ada tapi brhubung di pinggir da2,y bolong bekas di operasi dan kaka yg ke dua tidak terselamatkan, jadi saya adalah orang ke tiga yg kena paru2 basah di keluarga saya, dok tlng kasih solusi ini no hp saya 087885984873

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Brahmana says:

      Ane punya saudara yang pernah kena paru-paru basah. Waktu itu beliau mrasa susah bernafas (bukan asma), setelah di bawa ke dokter ternyata paru-paru basah & disaran untuk menyedot cairan yg ada di paru-paru. Setelah disedot beliau bisa beraktivitas tanpa terhalang karena susah bernafas.

      Lebih lanjut bisa langsung konsultasi ke dokter

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. tips kesehatan says:

    kalau sudah ada gejalanya,paling baik konsultasi ke dokter ahli,,

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 12 Thumb down 2

  12. Hallo Salam Kenal Dok

    Nama Saya GoMe. Saya pernah kena paru paru basah sewaktu kecil Dok..disuntik 39 kali waktu itu. Kena penyakit ini waktu umur 6 tahun gejalanya gampang terkena batuk setelah itu sembuh total malah jarang sekali terkena batuk sampai umur Saya 37 tahun saat ini…yang saya mau tanyakan apakah seseorang yang pernah mengidap paru paru basah bisa terjangkit lagi? kalau membaca tulisan Dokter masalah penamaaan sakit paru paru basah itu salah, tetapi Dokter yang sering memvonis pasien dengan nama itu. Lalu yang benar nama penyakitnya apa? Saya pernah membaca artikel tentang paru paru basah katanya ada bakteri yang hidup di dalam paru berkembang biak ditempat di daerah lembab atau dingin gejalanya sering linu disekitar tulang iga kalau diperiksa di lab ada sejenis cairan seperti minuman extra joss “maaf bukan maksud menyebutkan iklan” mohon pencerahannya Dok..Terimakasih

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 25 Thumb down 3

  13. Dhee says:

    Saya mau nanya dok. Kalo tangan sering basah itu termasuk penyakit paru2 basak bukan ya?

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 17 Thumb down 3

  14. ira safitri says:

    saya mw nanya dok
    saya gk pernah buka bju klo mw tdur tapi knapa bisa kena paru paru basah ??
    trus knapa jga pngobatan paru paru basah sampe 6 bulan lamanya

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 4 Thumb down 0

  15. amel says:

    dok,saya mau tanya…
    kalok tangan sering basanh ituh termasuk paru” basah gag..???
    and paru” basah tuh biza gag menyebabkan kematian…??

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 5 Thumb down 0

  16. Chandra says:

    Selamat malam dokter
    Terima kasih telah berbagi iilmu
    Bagus sekali informasinya, sangat bermanfaat.
    Saya ingin bertanya dok
    Saya ini pria, usia 25 tahun, 5 tahun lalu sempat di opname karena penyakit/luka yang berhubungan dengan paru” , menurut dokter yang merawat pada waktu itu penyebabnya rokok..
    Dan beberapa waktu ini, saya mengalami sering sendawa, perut terasa kembung, pusing, gampang masuk angin.
    Apakah hal ini berkaitan dengan penyakit saya dahulu?
    Dan apakah ini masuk angin biasa, atau efek penyakit lain?
    Terima kasih banyak dokter sebelumnya

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. anik says:

    telapak tangan dan kaki sering basah itu bisa dimungki penyakit apa saja dok

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 2

  18. idamurtono says:

    semenjak sy sering menghirup chemical.sy sering pusing n batuk trus sesak d dada. n capec juga.telapak tangan jg basah.it bisa d namain gejala pada paru2 bukan.mohon dblss

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  19. myla says:

    dokter saya mau tanya,
    saya sudah 1 tahun lebih mengalami batuk berdahak yang tidak kunjung berhenti. saya sudah pernah melkukan rontgen 2kali dan hasilnya bersih serta cek dahak dan hasilnya pun negatif. karena batuk yang tidak kunjung henti sekarang dileher saya ada tumbuh benjolan sebelah kanan dan kalau ditekan terasa sakit. saya juga sering mengalami sakit tenggorokan dan rasanya luar biasa sakit. saya pernah naik berat badan sampai 43kg, tapi ketika saya merasa kecapean berat badan saya langsung hilang 5kg dalam 1minggu, dan sekarang berat badan saya cuma sekitar 37kg sedangkan tinggi badan saya 162cm. mohon beri solusi x dok, dan penyakit apa yang sebenarnya saya derita?terima kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  20. Saya Dr. Koentjahja SpP ahli saluran dan paru malang. Bagi anda yang ingin berobat dan berkonsultasi silahkan mengunjungi docplanner atau mengunjungi website saya di :
    koentjahja.com

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0