Apa itu Ovulasi ?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Rata-rata dalam setiap siklus menstruasi, satu atau beberapa sel telur akan tumbuh dan matang. OVULASI merupakan proses pelepasan telur yang telah matang tersebut dari dalam rahim untuk kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi. Proses ini biasanya terjadi 16 hari setelah hari pertama siklus menstruasi atau 14 hari sebelum haid berikutnya.

Seorang wanita dikatakan sedang subur, jika ia melepaskan sel telur yang telah matang agar dapat dibuahi oleh sperma. Masa subur wanita hanya berlangsung selama 24 – 48 Jam, sedangkan kemampuan sperma untuk membuahi sel telur diperkirakan sekitar 48 – 72 jam.. Kemampuan terbaik sel telur untuk dibuahi oleh sperma adalah pada saat jam-jam pertama setelah pelepasan, begitu pula sebaliknya.

Jika anda menghendaki kehamilan, waktu terbaik untuk berhubungan intim adalah 1-2 hari sebelum ovulasi dan pada saat terjadinya ovulasi. Dengan ini, sperma akan dilepaskan ke dalam vagina dan berjalan menuju tuba falopi untuk membuahi sel telur pada saat yang tepat. Masa ini merupakan moment terbaik untuk terjadinya pembuahan sehingga memaksimalkan kesempatan anda untuk hamil.

Proses ovulasi dimulai dari dilepaskannya sebuah hormon dari dalam otak yang disebut dengan Luteinizing Hormone (LH). Kadar hormon ini meningkat secara drastic di dalam darah dan urin sesaat sebelum ovulasi.

LH memicu pelepasan sel telur yang telah matang dari dalam ovarium yang kemudian bergerak menuju tuba falopi untuk dibuahi. Jika sel telur tersebut tidak dibuahi, maka sel telur tersebut akan mati dan luruh bersama dengan dinding rahim pada awal siklus menstruasi.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. ika

    Mba gmn . Apkah mba hamil pas kmren mba keluar bercak itu… tnda ap itu mba

  2. Elisa

    Siang dok , saya elisa dok mau tanya tanggal haid saya tiap bulanya selalu mundur tidak pernah sama tanggalnya. Bagaimana cara menghitung masa subur saya dok ?
    Terimakasih

    1. Dokter Eko B

      Selamat siang Elisa
      Sebainya tandai hari pertama haid anda setiap bulannya
      misal
      bulan mei tanggal 2
      bulan juni tanggal 5
      maka siklus haid anda adalah 35 hari

      maka perkiraan haid anda berikutnya adalah 5 juni +35 hari = 10 juli
      dan ovulasi adalah 14 hari sebelum perkiraan haid berikutnya

      yaitu sekitar 25-26 juni

      Terimakasih bapak/ ibu telah mengirimkan pertanyaan, untuk konsultasi harap melalui fitur konsultasi kami di: http://doktersehat.com/tanya-dokter/
      Hal ini supaya kami dapat menjaga privasi anda dan menjawab anda dengan lebih baik.

  3. ayiee

    selamat sore dok…..
    saya mau tnya…. saya dulu pernah mengalami keguguran pda usia kehamilan dua bulan pada tnggl 24-12-2014 dan diquret gara2 kecapekkan dan kandungan lemah…
    nah sekrg ingin program hamil.. tp haid sya tdk teratur tngglnya dan saya juga suka makan makan yg sngat pedas… n sering kali perut rasax panas…. apaboleh dok mkn pedas saat program hamil….

    1. dr. Vanny Bernadus

      Kurangi makan makanan pedas, karena kondisi kesehatan yg baik diperlukan untuk kehamilan yg sehat.

      Terimakasih bapak/ ibu telah mengirimkan pertanyaan, untuk konsultasi harap melalui fitur konsultasi kami di: http://doktersehat.com/tanya-dokter/
      Hal ini supaya kami dapat menjaga privasi anda dan menjawab anda dengan lebih baik.

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *