informasi kesehatan


Apa itu Ovulasi ?

Apa itu Ovulasi ?

DokterSehat.com – Rata-rata dalam setiap siklus menstruasi, satu atau beberapa sel telur akan tumbuh dan matang. OVULASI merupakan proses pelepasan telur yang telah matang tersebut dari dalam rahim untuk kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi. Proses ini biasanya terjadi 16 hari setelah hari pertama siklus menstruasi atau 14 hari sebelum haid berikutnya.

Seorang wanita dikatakan sedang subur, jika ia melepaskan sel telur yang telah matang agar dapat dibuahi oleh sperma. Masa subur wanita hanya berlangsung selama 24 – 48 Jam, sedangkan kemampuan sperma untuk membuahi sel telur diperkirakan sekitar 48 – 72 jam.. Kemampuan terbaik sel telur untuk dibuahi oleh sperma adalah pada saat jam-jam pertama setelah pelepasan, begitu pula sebaliknya.

Jika anda menghendaki kehamilan, waktu terbaik untuk berhubungan intim adalah 1-2 hari sebelum ovulasi dan pada saat terjadinya ovulasi. Dengan ini, sperma akan dilepaskan ke dalam vagina dan berjalan menuju tuba falopi untuk membuahi sel telur pada saat yang tepat. Masa ini merupakan moment terbaik untuk terjadinya pembuahan sehingga memaksimalkan kesempatan anda untuk hamil.

Proses ovulasi dimulai dari dilepaskannya sebuah hormon dari dalam otak yang disebut dengan Luteinizing Hormone (LH). Kadar hormon ini meningkat secara drastic di dalam darah dan urin sesaat sebelum ovulasi.

LH memicu pelepasan sel telur yang telah matang dari dalam ovarium yang kemudian bergerak menuju tuba falopi untuk dibuahi. Jika sel telur tersebut tidak dibuahi, maka sel telur tersebut akan mati dan luruh bersama dengan dinding rahim pada awal siklus menstruasi.

pf button both Apa itu Ovulasi ?
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

41 Responses to “Apa itu Ovulasi ?”

  1. dina says:

    Siang Dok,

    Mau tanya nich….kmren tgl 16 saya cek ke dokter ternyata ada telur yang sudah matang dan siap untuk di ceplok(hehhehe),dan dianjurkan si dokter tgl 17,19,21 melakukan hubungan…..kira2 hasilnya itu bisa terlihat berapa hari kedepan ya Dok….karna saya sudah kepingin banget mendpatkan momongan lagi setelah 7tahun lalu melahirkan,mohon informasinya

    Terima Kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila terjadi kehamilan dapat diketahui saat mens yg berikutnya tidak Ada. Bila saat ini sedang ovulasi (biasanya ovulasi terjadi 14 hair sebelum mens berikutnya), maka bila dalam kurang Lebih 14 hari ke depan tidak mens, kemungkinan terjadi kehamilan. Namun Perlu diingat, Hal ini dapat terjadi bervariasi pada tiap orang. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. dwi says:

    hai,dok.mau nanya nih,kalau mau punya anak laki – laki gmna sih caranya? Saya rencananya mau punya anak lagi tapi saya ingin punya anak laki – laki,anak saya yang pertama perempuan.

    Terima Kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Anda bisa ikuti programnya, konsultasikan dengan dokter obgyn. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0