Apa itu Ovulasi ?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Rata-rata dalam setiap siklus menstruasi, satu atau beberapa sel telur akan tumbuh dan matang. OVULASI merupakan proses pelepasan telur yang telah matang tersebut dari dalam rahim untuk kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi. Proses ini biasanya terjadi 16 hari setelah hari pertama siklus menstruasi atau 14 hari sebelum haid berikutnya.

Seorang wanita dikatakan sedang subur, jika ia melepaskan sel telur yang telah matang agar dapat dibuahi oleh sperma. Masa subur wanita hanya berlangsung selama 24 – 48 Jam, sedangkan kemampuan sperma untuk membuahi sel telur diperkirakan sekitar 48 – 72 jam.. Kemampuan terbaik sel telur untuk dibuahi oleh sperma adalah pada saat jam-jam pertama setelah pelepasan, begitu pula sebaliknya.

Jika anda menghendaki kehamilan, waktu terbaik untuk berhubungan intim adalah 1-2 hari sebelum ovulasi dan pada saat terjadinya ovulasi. Dengan ini, sperma akan dilepaskan ke dalam vagina dan berjalan menuju tuba falopi untuk membuahi sel telur pada saat yang tepat. Masa ini merupakan moment terbaik untuk terjadinya pembuahan sehingga memaksimalkan kesempatan anda untuk hamil.

Proses ovulasi dimulai dari dilepaskannya sebuah hormon dari dalam otak yang disebut dengan Luteinizing Hormone (LH). Kadar hormon ini meningkat secara drastic di dalam darah dan urin sesaat sebelum ovulasi.

LH memicu pelepasan sel telur yang telah matang dari dalam ovarium yang kemudian bergerak menuju tuba falopi untuk dibuahi. Jika sel telur tersebut tidak dibuahi, maka sel telur tersebut akan mati dan luruh bersama dengan dinding rahim pada awal siklus menstruasi.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. andi sari

    dok trakhir saya halangan bulan 28 Desember saya berhubungan tanggal 31 apa itu meru pakan masa subur saya dan? dan pada hari ini tanggal 15 saya mendapatkan bercak drh/flk dan merasakan kram pada perut, nah kan masa haid saya kan kalau tidak salah tanggal, 21 atau 22 atau 23, berarti minngu depan? apakah saya hml dok??/

    1. dr. Eko B

      Selamat malam andi sari
      masa subur anda adalah 14 hari sebelum perkiraan hari pertama haid berikutnya
      anda belum tentu hamil
      bila dalam 2 minggu kedepan anda tidak kunjung mendapat haid, silakan test dengan test urin kehamilan
      bila positif, anda kemungkinan besar hamil
      Terima kasih

  2. vett

    dok trakhir saya halangan bulan 28 Desember saya berhubungan tanggal 31 apa itu meru pakan masa subur saya dan? dan pada hari ini tanggal 15 saya mendapatkan bercak drh/flk dan merasakan kram pada perut, nah kan masa haid saya kan kalau tidak salah tanggal, 21 atau 22 atau 23, berarti minngu depan? apakah saya hml dok??/ apa kah pada saat melakukan itu sudah masuk ovulasi

  3. andi sari

    apakah saya hml dok??/ apa kah pada saat melakukan itu sudah masuk ovulasi? dan kalau tidak salah yang saya lihat katanya kalau keluarnya bercak darah sebelum masa menstruasi dan perut terasa kram itu meruakan tanda kehamilan?

    1. dr. Eko B

      Selamat siang andisari
      pada tanggal yang anda sebutkan kemarin, bukan merupakan ovulasi

      bila anda ingin memperkirakan tanggal ovulasi, dapat menggunakan:
      http://doktersehat.com/menghitung-tanggal-subur-kalkulator-ovulasi/

      keluarnya bercak darah sebelum masa menstruasi dan perut terasa kram bukan merupakan tanda kehamilan

      tanda kehamilan yaitu apabila dari tes urin menunjukkan hasil positif dan apabila dari pemeriksaan USG atau pemeriksaan fisik didapati denyut jantung janin

      terima kasih

  4. fira

    dok kalau melakukan hubungan suami istri itu 3 hari setelah haid , apa kah bisa mengakibatkan kehamilan?

    1. dr. Eko B

      Selamat pagi Fira,
      kecil kemungkinannnya karena tidak terjadi ovulasi
      terima kasih

  5. Anna

    Assalamualaikum doct. Nak tanya adalah kitaran haid saya normal ?

    15/10 – 20/10
    12/11 – 17 / 11
    10/12 – 14 / 12 sikit2 darah keluar
    6 /1 – 11/1 darah sikit2 keluar

    1. dr. Eko B

      Waalaikumsalam Anna
      Berapa umur anda sekarang?

      dari tanggal haid yang anda berikan, termasuk normal dan tidak ada kelainan
      Terima kasih

  6. septiyanuma

    Dok saya datang bulan cuma 2 hari itu pun kekuarnya sedikit2 saya takut mandul saya belum menikah masih 17 soalnya klo saya mandul saya mau mati aja paling lama haid saya cuma 3hari

    1. dr. Eko B

      Selamat siang septiyanuma
      haid yang sedikit tidak menunjukkan kemandulan
      berpa aumur anda sekarang?
      kapan anda pertama kamli mendapat haid?

      anda tidak perlu takut mandul, wajar kalau pada remaja siklus haid belum lancar
      terima kasih

  7. Nisa

    dok.. saya mau tanya sya berhubungan badan dengan istri saya setelah 14 hari sesudah haid apakah istri saya bisa hamil?terim kasih

  8. vita

    Dok saya berhubungan tgl 4 lalu sya haid tgl 8 dok tpi yg keluar bercak darah dan itu hanya 2 hari lalu sudh bersih apa sya hamil ?pertanda apa itu dok ?

    Tolong balas dok trimaksh

    1. vita

      Dok saya berhubungan tgl 4 lalu sya haid tgl 8 dok tpi yg keluar bercak darah dan itu hanya 2 hari lalu sudh bersih apa sya hamil ?pertanda apa itu dok ?

      Tolong balas dok trimaksh

      1. dr. Eko B

        Selamat Pagi Vita
        apabila haid anda berikutnya terlambat, silakan periksa denga alat test pack urin
        dari keluhan anda belum dapat disimpulkan apakah anda hamil
        karena yang anda alami pada tanggal 8 belum tentu menstruasi
        terima kasih

        1. vita

          Selamat malam dok.
          Tpi tgl haid sya memang di tgl 8 itu dok setiap bulan . Tpi bulan ini cuma 2 hari dok itu pun yg keluar hanya becak darah kecoklatan dok .menurut dokter apa ya ?

          Tolong bls ya dok:)

          1. Dr. Yulia Evita

            selamat malam ibu,
            apakah ibu sudah menikah?
            bila sudah keluar menstruasi, kemungkinan untuk hamil sudah kecil kecuali anda dan pasangan berhubungan kembali dimasa subur bulan berikutnya.
            terimakasih

  9. vita

    Selamat pagi dok.
    Sudag dok tpi bru 7 bln sya mnikah.
    Yg sya bingung knp pas tgl nya sya haid cuma 2 hri dok dan yg kluar hanya bercak darah hitam kecoklatan .jika sya browsing kluar sperti itu pertanda khamilan dok. ?
    Mohon di bls ya dok:)
    Trimakasih

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi mbak
      keluarnya bercak darah bukan merupakan tanda kehamilan di awal. itu merupakan tanda bila bayi sudah waktunya lahir.
      saran saya, bila ingin cepat mendapatkan keturunan., lakukan hubungan rutin dengan suami terutama disaat usia subur.
      untuk perhitungan usia subur, dapat anda liat di website kami.

      terimakasih :)

  10. Njah

    Slamat siang dok,saya mau tanya
    biasanya saya kalo haid itu tanggal 15 ataupun tanggal ahir bulan
    sedangkan saya melakukan hubungan intim bersama suami ditanggal 14 nya … Apakah saya bisa hamil dok ?

    Terimakasih,

  11. Tria

    Dok mau tanya. Aq haid awal tgl 7 feb 2016 dan terakhir tgl 13 feb 2016 (siklus haid aku lancar) .hari ini 22 feb 2016 perut aku terasa keram sekali dan suhu terasa agak anget. Apa saat ini merupakan waktu ovulasi aku Dok? 2 hari yang lalu aku melakukan hubungan dengan suami.
    Jika hari ini waktu ovulasi aku, apa yang harus aku lakukan? Apa aku harus melakukan hub kembali dengan suami?
    Maklum Dok kepengen banget cepat punya anak.
    Terima kasih semoga di jawab yah Dok.

  12. dinda

    selamat pagi dok, saya sudah menikah 6 bln pengen bgt pnya baby.. siklus haid teratur selama 27 hari..saya memang punya body gemuk dok tp temen byak yg gemuk tp sudah punya baby.. tolong saran dan masukannnya dok…

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat siang ibu,
      lakukan hubungan sesering mungkin dengan suami terutama saat masa subur, bila memungkinkan lakukan setiap hari selama masa subur, selain itu ada baiknya untuk mulai mengontrol pola makan karena ketika hamil anda akan mengalami pertambahan berat badan yang signifikan.

      untuk menghitung masa subur bisa diliat disini :http://doktersehat.com/menghitung-tanggal-subur-kalkulator-ovulasi/

      terimakasih

  13. awi

    Dok, saya baru sj melakukan tes HSG, dan itu masuk di hari ke 15 HPHT. Apa todak berbahaya dok,? Barusan sy baca2 di internet alias mbah googling, harusnya hsg disekitar hr ke 9-12. (Tp menurut lab tmpt saya di tes hsg, tidak apa2, yg penting sudah berhenti masa haidnya) tp sy jd khawatir dok, soalnya smp sekarangpun masih merasa keram perut. Takutna ada apa2. Mohon jawabannya, terimakasih

    1. dr. Eko B

      Selamat Malam Awi
      HSG atau Histero Salpingo Grafi merupakan pemeriksaan radiologis untuk memeriksa apakah ada sumbatan pada saluran telur (tuba falopii)
      HSG dilakukan dengan cara memasukkan zat kontras (barium) ke dalam rahim dan mengisi tuba falopii
      HSG tidak bolah dilakukan pada saat sedang haid maupun sedang hamil

      disarankan pada hari ke 9-12 agar tidak mengganggu proses pembuahan bila anda nanti berhubungan pada saat ovulasi

      Barium meang menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman di rongga perut, dan wajar terjadi setelah pemeriksaan HSG
      Bila rasa nyeri dan kram perut tidak kunjung hilang dalam 2-3 hari silakan kontrol kembali pada dokter Sp. Kandungan (SpOG)
      Terima kasih

  14. merchan

    Dok, hari pertama haid saya tanggal 26/2. Tanggal 6/3 saya dan suami berhubungan pada siang hari. Apa ditanggal tersebut sudah masuk masa subur dok? Dok, setelah berhubungan, pas saya basuh vagina terlihat ada darah bercampur lendir. Setelah itu, sampai malam setiap saya basuh vagina, dari vagina saya keluar lendir warnanya seperti warna bening telur jumlahnya banyak dok. Lendir itu apa ya dok? Kenapa hal itu bisa terjadi? Makasi dok.

  15. merchan

    Dok, makasi atas penjelasan dokter. Tp saya kuatir nih dok sampai saat ini saya keluar lendir warna seperti bening tp butek dok (coklat kebening2an gitu). N saat saya bersihkan ada darah dok. Sedikit sih dok tp saya takut. Karna saya pernah mengalami erosio portionis dok. Menurut dok apa ini kambuh atau tdk bermasalah dok? Btw, dok, pinggang belakang saya berasa pegal. Makasi dok.

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Merchan
      Sudah berapa tahun anda menikah?
      dari keluhan dan riwayat yang anda bagikan, bercak coklat yang keluar bersama lendir dapat disebabkan karena erosi portio yang pernah anda alami

      sebaiknya anda secara berkala melakukan pemeriksaan pap smear setahun sekali
      dan bila perdarahn sulit berhenti silakan periksa ke Dokter Spesialis Kandungan (SpOG)
      Terima kasih

  16. ika

    Dok saya mw bertanya jika saya dapet tanggal 29 ferbruari 2016 tetapi bulan berikutnya saya dpet tanggal 6 maret 2016..
    Apakah itu normal dok cz suka telat ..

  17. ika

    Dok jika saya salalu telat 6 hari apakah itu normall..
    Misall saya haid pertama pada tanggal 1 ferbruari tp di bulan maret saya haid pada tanggal 7 ..
    Mohon penjelasannya dok

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      siklus bulanan sebelumnya biasanya bagaimana?
      mohon menjelaskan mengenai siklus anda
      terimakasih

  18. laras rahmaningtyas

    Dok saya pernah keguguran . Dan dikuret tanggal 10 agustus 2015
    Dan skrang saya sudah trlambat 13 hari
    Apa saya hamil ? Lalu jika saya hamil apa kandungan saya akan lemah juga dok ?

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi mbak,
      silahkan melakukan pemeriksaan testpack untuk mengkonfirmasi apakah terjadi kehamilan atau tidak.
      terimakasih

  19. larasrahmaningtyas

    Tapi jika saya hamil lagi apakah nanti kandungan sama lemah juga karena kmaren saya habis dikuret

    1. dr. Eko B

      Selamat malam laras
      nanti jaringan yang dikerok saat kuret akan tumbuh kembali seiring berjalannya waktu
      tetapi anda hars menjaga agar tidak terjadi infeksi (ditandai keputihan, demam)
      karena bila terjadi infeksi dalam rahim dapat terbentuk perlengketan ataupun jaringan parut yang tidak dapat dilekati oleh janin
      terima kasih

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *