Apa Itu Operasi Lasik Pada Mata?

Dokter Sehat – Mata merupakan salah satu alat indera yang berfungsi untuk mendeteksi cahaya yang masuk ke mata melalui kornea, jika kornea mata sudah tidak normal lagi maka fokus cahaya akan terganggu, dan penglihatan akan menjadi kabur yang disebut kelainan refraksi. Dulu orang yang mengalami penglihatan kabur mulai dari minus kecil sampai besar harus menggunakan kacamata sebagai alat bantu penglihatan, ketika minus mata semakin besar maka lensa kacamatapun semakin tebal. Kadang hal ini sangat menganggu penggunanya, namun sekarang penderitaan itu bisa hilang dengan sebuah prosedur operasi yang dinamakan operasi lasik.



Operasi lasik adalah prosedur operasi rawat jalan, yang dilakukan untuk mengobati rabun jauh, rabun dekat dan astigmatisme. Saat lasik, dokter spesialis mata menggunakan laser untuk membentuk ulang kornea dan memperbaiki fokus cahaya yang masuk ke mata menuju retina sehingga menghasilkan penglihatan yang lebih baik. Dengan operasi ini dapat mengurangi ketergantuangan orang pada penggunaan kacamata atau lensa kontak.

Untuk penglihatan yang jelas, mata dan lensa harus bisa membengkokkan sinar dengan baik sehingga gambar akan terlihat jelas pada retina. Jika tidak bisa, maka penglihatannya akan menjadi kabur. Kaburnya penglihatan ini di sebut dengan gangguan bias, gangguan ini disebabkan oleh perbedaan antara bentuk kornea dengan panjang mata.

Lasik menggunakan sinar laser ultraviolet untuk menghilangkan jaringan kornea mata dan membentuk baru sehingga cahaya bisa focus dengan jelas pada retina, operasi lasik bisa menyebabkan kornea mata menjadi tipis. Operasi lasik hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja. Bius yang digunakan hanyalah sejenis tetes mata yang membuat permukaan mata menjadi mati rasa.

Operasi lasik dilakukan dengan pasien dalam keadaan sadar, hanya saja pasien di beri obat supaya nyaman dan tidak tegang. Lasik bisa dilakukan untuk satu mata atau dua mata sekaligus dalam satu sesi operasi. Ketika sedang operasi, pisau atau biasa disebut mikrokeratome digunakan untuk memotong jaringan mata yang mengganggu di lapisan luar bola mata.

Baca Juga:  Dokter Anak Agung Mas Putrawati Triningrat

Setelah pembentukan selesai, kelopak kemudian diamankan dan tidak memerlukan jahitan karena kornea akan menahan kelopak di tempatnya, Perban akan diletakkan di luar kelopak untuk melindungi mata dari gosokkan tangan atau tekanan sampai kondisinya benar-benar sehat kembali. Itulah hal yang perlu di ketahui mengenai operasi lasik pada mata.