Apa Itu Mesothelioma? Kenalan Yuk Dengan Kanker Paru-Paru Ini

DokterSehat.Com – Kanker memang menjadi salah satu penyakit yang mendunia akhir-akhir ini. Semakin banyaknya orang yang mengalami kanker, membuat banyak orang juga ingin mengetahui berbagai jenis kanker yang mungkin mengancam kesehatan mereka, salah satunya adalah mesothelioma.

11

Mesothelioma merupakan salah satu kanker paru-paru yang cukup jarang terjadi, namun yang paling berbahaya dan mematikan yang biasanya terjadi pada membran di sekitar paru-paru, yang disebut dengan pleura. Penyebab utama dari kanker yang menyerang sel paru-paru bernama mesothelium ini adalah paparan debu asbes.

Asbes bisa berbentuk papan atap, mineral, serat dan berbagai macam olahan produk asbes bisa menimbulkan debu dan dihirup bersama dengan udara. Biasanya ini terjadi di lingkungan industri, lokasi konstruksi, pertukangan dan toko material bangunan. Ketika serat dan debu asbes dihirup ke dalam paru-paru, maka debu tersebut akan berhenti di dalam paru-paru.

Jika terus-terusan menghirup debu asbes, maka debu akan berkumpul dan mengendap di dalam paru-paru. Hal inilah yang menjadi penyebab kanker dan risiko akan meningkat jika Anda merupakan perokok aktif atau memiliki riwayat keluarga penderita kanker.

Kanker akan sangat mematikan karena rata-rata waktu kelangsungan hidup penderita untuk kanker mesothelioma atau mesothelioma ganas berkisar antara 4 hingga 18 bulan, dan sekitar 10 persen pasien hidup setidaknya lima tahun setelah didiagnosis.

Gejala klinik yang terjadi pada mesothelioma yaitu :

  • Dyspnea dan nyeri nonpleuritic dinding dada adalah gejala yang paling umum terjadi pada mesothelioma ganas, (Sekitar 60-90% dari pasien mengalami gejala nyeri dada atau dyspnea.)
  • Pada pasien dengan mesothelioma yang ganas, temuan fisik efusi pleura biasanya diketahui dengan perkusi dan auskultasi.
  • Pada kasus yang jarang, mesothelioma ganas bermanifestasi sebagai cord compression, brachial plexopathy, Horner syndrome, atau superior vena cava syndrome. Kematian biasanya disebabkan oleh infeksi atau kegagalan pernapasan dari perkembangan mesothelioma.
  • Daerah utama yang sering terjadi pada pleura (87%), peritoneum (5,1%), dan perikardium (0,4%).
Baca Juga:  Sering Keputihan Bisa Jadi Tanda Adanya Kanker Serviks

Jadi jika Anda salah satu yang bekerja di bidang industri asbes, atau mengalami kontak langsung dengan asbes cukup sering, maka ada baiknya memeriksakan diri sebelum mesothelioma menyerang ya.