Apa itu kutil

Dokter Sehat – Kutil adalah sejenis tumor jinak yang menyerang kulit. Kutil disebabkan oleh virus yang biasa disebut HPV (human papilloma virus), dan menyerang lapisan kulit, dan infeksi kulit ini bisa menular pada orang lain atau diri si penderita bila bersentuhan secara langsung pada kulit yang terinfeksi. Kutil memang bisa hilang dalam beberapa bulan, namun juga bisa sampai bertahun-tahun pula. Menggunakan barang-barang pribadi secara bergantian seperti handuk, pakaian, pisau cukur dan sebagainya akan memberi peluang tertular kutil.



Kutil bisa tumbuh pada usia berapapun, kutil lebih sering ditemukan pada anak-anak di bandingkan dengan orang dewasa. Kutil di kulit lebih mudah menyebar dari suatu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya, kulit yang paling sering terjadi adalah tangan, kaki, wajah bahkan ada juga penyakit kutil yang menyerang alat genital (kelamin).

Untuk menghilangkan kutil bisa dengan cara menghindari penularannya, jangan coba-coba memegang kutil sendiri dan orang lain. Jangan memakai bersamaan barang milik pribadi, bila berjalan di tempat yang lembap atau basah diupayakan untuk memakai alas kaki. Jagalah diri kita terhadap iritasi pada telapak kaki, seperti tergores atau terluka. Bila terjadi upayakan dirawat dengan segera karena akan memudahkan virus kutil masuk pada kulit yang iritasi.

Kutil tentu saja bisa di hilangkan dengan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita seperti cuka. Anda bisa mencoba cuka, yang biasa di gunakan untuk bumbu masakan. Cuka mengandung bahan yang dapat merusak jaringan pertumbuhan kutil, Hanya dengan oleskan cuka dengan kapas, selama 3-4 minggu saja kutil bisa lepas sampai akar-akarnya.

Sabun colek dan deterjen juga dapat menyembuhkan kutil. Kedua bahan itu dicampur dengan takaran perbandingan 1:1, saat dioleskan dengan cotton bud diharapkan kutil mengering dan akhirnya lepas sendiri. Daun dewa yang dihancurkan juga mampu menyembuhkan kutil. Begitu juga dengan biji jali, dengan cara direbus dengan 6 gelas , sehari dimunum 2 kali, setiap minum satu gelas. Diupayakan supaya rutin mengobatinya.