informasi kesehatan


Apa itu Kehamilan Sunsang dan Bagaimana Mengatasinya?

Apa itu Kehamilan Sunsang dan Bagaimana Mengatasinya?

DokterSehat.com – Posisi setiap bayi dalam rahim ibu bisa tidak bisa sama. Memang pada umumnya, posisi bayi dalam rahim adalah posisi terbaring telungkup denag punggung di bagian depan atau Left Occipito Anterior (LOA). Selain posisi tersebut, biasa pula jika bayi berbaring dengan punggung menghadap ke sisi kiri. Lalu, bagaimana jika posisi bayi sungsang?

Menurut Richard Fischer, MD, dari Departement of Obstetrics and Gynecology, Section of Maternal-Fetal Meidicine, Cooper Hospital/University Medical Center, ada beberapa posisi bayi sungsang. Posisi itu adalah presentasi bokong. Artinya, pada pemeriksaan dalam yang teraba hanya bokong bayi saja. Posisi itu terjadi karena janin meluruskan (ekstensi) kedua sendi lututnya, sehingga kedua kaki mengarah ke atas dan kedua ujungnya sejajar dengan bahu atau kepala. Posisi sungsang berikutnya adalah presentasi bokong teraba dengan satu kaki di sampingnya, sedangkan kaki yang lain terangkat ke atas. Posisi sungsang berikutnya adalah presentasi kaki. Saat pemeriksaan yang teraba lebih dulu adalah salah satu atau kedua kaki, karena posisi kaki berada di bagian paling rendah.

Sebab Sungsang
Bisa dikatakan letak janin bergantung pada proses adaptasinya di dalam rahim. Tak perlu terburu khawatir bila posisi sungsang terjadi di bawah usia kehamilan 32 minggu. Sebab, pada usia kehamilan ini, jumlah air ketuban relatif lebih banyak, sehingga janin masih dapat bergerak bebas. Artinya dari yang posisinya sungsang bisa berputar menjadi melintang lalu berputar lagi, sehingga posisi kepala di bagian bawah rahim. Jangan heran kalau pada kehamilan belum cukup bulan, frekuensi letak sungsang menjadi lebih tinggi.

Nah, ketika memasuki usia kehamilan 37 minggu ke atas, posisi sungsang sudah sulit untuk berubah karena bagian terendah janin sudah masuk ke pintu atas panggul. Namun semestinya di trimester ketiga, bokong janin dengan tungkai terlipat yang ukurannya lebih besar daripada kepala akan menempati ruangan yang lebih besar yakni di bagian atas rahim. Sedangkan kepala berada dalam ruangan yang lebih kecil, di segmen bawah rahim. Tetapi muncul masalah mengapa posisi sungsang kok, masih bisa hingga usia kehamilan cukup bulan?

Menurut Fischer, ada beberapa sebb, yakni hamil kembar. Artinya, adanya lebih dari satu janin dalam rahim menyebabkan terjadinya perebutan tempat. Setiap janin berusaha mencari tempat yang lebih nyaman, sehingga ada kemungkinan bagian tubuh yang lebih besar (yakni bokong janin) berada di bagian bawah rahim. Sebab lainnya adalah multiparitas, yaitu ibu telah melahirkan banyak anak sehingga rahimnya sudah sangat elastis dan membuat janin berpeluang besar untuk berputar hingga minggu ke 37 dan seterusnya.

Penyebab sungsang bisa pula karena hidramnion, itu loh jumlah air ketuban yang melebihi normal. Keadaan itu menyebabkan janin lebih leluasa bergerak walau sudah memasuki trimester ketiga. Selain itu, karena gangguan hidrosefalus bisa pula menyebabkan bayi sungsang. Hidrosefalus adalah besarnya ukuran kepala akibat kelebihan cairan yang membuat janin mencari tempat yang lebih luas, yakni di bagian atas rahim. Karena plasenta previa pun dapat mengakibatkan bayi sungsang. Plasenta previa adalah adanya plasenta yang menutupi jalan lahir, sehingga dapat mengurangi luas ruangan dalam rahim. Kemudian panggul sempit, yakni ruang panggul mendorong janin mengubah posisinya menjadi sungsang. Kelainan bawaan juga dapat mengakibatkan bayi sungsang. Jika bagian bawah rahim lebih besar daripada bagian atasnya, maka janin cenderung menngubah posisinya menjadi sungsang.

Mengatasi Bayi Sungsang
Jika bayi Anda berada dalam posisi sungsang, dokter mungkin akan berkeinginan untuk memturanya. Hal ini dikenal dengan nama External Cephalic Version (ECV), dengan menempatkan tangannya pada perut ibu dan perlahan mencoba memutar janin sampai kepala di bawah, semuanya dilakukan dibantu dengan USG. Cara ini efektif pada sekitar 70% kasus, dan menghindari operasi cesar yang tidak perlu. Setelah posisi bayi diketahui dengan pasti, dokter akan berupaya memperbaiki letak bayi lewat perut Anda. Ini butuh waktu sekitar setengah jam dan mungkin terasa kurang nyaman, walaupun tidak sakit.

ECV sangat bergantung dengan keahlian dokter yang menangani. Dalam memperbaiki posisi ini, kepala bayi bisa teraba dan rahim Anda dalam keadaan rileks (sebelumnya Anda mungkin akan mendapatkan obat peregang terlebih dulu). Jika gagal memperbaiki untuk pertama kalinya, dokter mungkin akan mencobanya kembali dalam beberapa hari. Atau menyarankan lahir dengan operasi yang reltif lebih aman.

Berikut ini beberapa tips mempergunakan gravitasi untuk meningkatkan posisi bayi menjadi posisi anterior, yaitu posisi yang paling baik untuk persalinan. Jika bayi Anda telah menempati posisi terbaik, cara ini akan mempertahankan posisi janin. Tips ini intinya adalah meminta Anda untuk menyandarkan panggul saat berdiri, duduk dengan lutut melebar dan lebih rendah dad panggul, serta berbaring dengan posisi menghadap ke kiri.

  • Bila duduk, duduklah di atas bantalan dan sandarkan panggul di meja
  • Seringlah berdiri di depan lemari atau dinding, dan sandarkan bagian depan dada Anda pada lemari atau dinding
  • Duduklah dengan menghadap sandaran sofa atau berlututlah di lantai.
  • Taruhlah bantal di belakang Anda dan bersandarlah di atasnya.
  • Bila tidur atau berbaring di kasur atau sofa, usahakan dalam posisi miring ke kiri.
pf button both Apa itu Kehamilan Sunsang dan Bagaimana Mengatasinya?
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

43 Responses to “Apa itu Kehamilan Sunsang dan Bagaimana Mengatasinya?”

  1. ella says:

    Hidden due to low comment rating. Click here to see.

    Komentar Tidak Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 8

  2. endi dwi sahputra says:

    Dokter sehat ini sangat berguna bagi orang banyak,, dan kalau bisa beri tahu obat dan apapun yang dibutuhkan setiap orang yang membutuhkan informasi ini….

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 3 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Terimakasih. Namun kami memang tidak dapat meresepkan obat. Untuk meresepkan obat diperlukan diagnosa, Dan sebelumnya perlu melakukan anamnesa Dan pemeriksaan langsung terhadap pasien. Disini kami tidak dapat memeriksa langsung pasien. Dan dikhawatirkan obat yg telah kami berikan disalahgunakan atau dipakai oleh banyak orang tidak sesuai indikasi Dan malah berakibat buruk, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Situs Hebat says:

    Saya akui memang dewasa ini minim sekali pengetahuan kita dan internet adalah salah satu sumber untuk menambah ilmu dan wawasan. Terima kasih atas infonya, semoga blog ini makin berjaya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Obat Ereksi says:

    Informasi disitus ini memang sangat berharga, saya tidak bosan-bosannya berkunjung kesini. Terima kasih atas kebaikannya ya om admin! Saya banyak belajar dari situs ini

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Supriyanto says:

    Mksh infonya,sangat bermanfaat

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Salam kenal agan admin situs hebat, saya sangat tertarik dengan artikel yang anda sajikan selain bermanfaat juga disajikan dengan cara yang super hebat. Thanks

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. klik disini says:

    Mari kita sama-sama mencegah sejak dini dengan menambah wawasan tentang kesehatan pada wanita hamil, agar terhindar dari masalh yang tidak diinginkan.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Salam kenal dan terima kasih atas informasinya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. Semoga para bayi bisa diselamatkan dengan memahami artikel diatas.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. nana says:

    dokter bayi saya jg sungsang UK31W ari2x d atas kepala … saya udah nyoba sujud dsb tp mc jg kpalax d atas…gmn y dok??? thanks

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Teruskan gerakan bersujud, Dan jangan lupa komtrol kandungan anda secara teratur, Dan persiapkan bila anda tidak bisa melahirkan secara normal, maka segera Lakukan tindakan Yg tepat Dan sesuai jangan ditunda2. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. info yang sangat menarik

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. bagus sekali informasinya sangat bermanfaat gan thanks

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0