Apa Itu Intoleransi Laktosa?

DokterSehat.Com – Terdapat banyak sekali jenis penyakit perut yang bisa menyerang tubuh kita. Namun, ada salah satu penyakit perut yang cukup jarang diketahui dan disebut sebagai intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa sendiri bisa dianggap sebagai sebuah kondisi tubuh dimana organ pencernaan kesulitan untuk mencerna atau menyerap kandungan laktosa dari minuman. Laktosa sendiri sering kali ditemui dalam minuman susu sehingga mereka yang mengalami intoleransi laktosa tentu kesulitan untuk meminum susu.

doktersehat-susu-keju-telur

Intoleransi laktosa sendiri terjadi karena tidak adanya kadar laktase aktif dalam tubuh. Laktase aktif sendiri bisa membagi kadar gula dalam makanan atau minuman menjadi glukosa dan galaktosa sehingga akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Biasanya, penderita intoleransi laktosa akan mengalami diare atau kondisi perut kembung setelah mengkonsumsi susu dan produk sejenisnya. Selain itu, kita juga bisa mengalami mual-mual dan rasa ingin muntah, apalagi jika tubuh juga berada dalam kondisi yang kurang sehat.

Anda sendiri bisa melakukan pengetesan pada diri anda sendiri untuk mengetahui apakah anda mengalami intoleransi laktosa atau tidak. Sakit perut ternyata tidak selalu menandakan intoleransi laktosa pada tubuh. Anda bisa mencoba untuk meminum segelas susu di pagi hari tanpa adanya konsumsi makanan atau minuman apapun selama setidaknya tiga hingga lima jam. Sistem pencernaan yang hanya mencerna susu pada periode tersebut akan memberikan gejala-gejala intoleransi laktosa, namun, jika tidak ada gejala layaknya mual-mual, diare atau bahkan sakit perut pada periode tersebut, maka anda tidak mengalami intoleransi laktosa.

Intoleransi laktosa sendiri memang lebih kerap terjadi pada anak-anak dan pada bayi. Anak-anak yang mengalami intoleransi laktosa akan cenderung mengalami sakit pada perut dan disertai dengan mual-mual setelah meminum susu. Selain itu, anak atau bayi juga akan mengalami diare. Yang menjadi masalah adalah, anak-anak atau bayi biasanya membutuhkan susu untuk membantu tumbuh kembang dari tubuh dan otaknya. Jika anak atau bayi kita mengalami intoleransi laktosa. Jangan ragu untuk segera mengecek kondisinya ke dokter agar bisa ditangani dengan baik sehingga anak pun bisa mencerna susu dengan lebih baik dan perkembangan tubuhnya menjadi tidak terganggu.