informasi kesehatan


Apa Itu Herpes?

Apa Itu Herpes?

DokterSehat.com – Anda pasti pernah mendengar tentang penyakit yang satu ini, bukan? Apa lagi sekarang ini sedang musim penyakit kulit yang gejalanya mirip dengan herpes ini, tapi penyebabnya adalah hewan-hewan kecil yang menempel pada tanaman lalu terbang dan menempel di pakaian yang sedang kita jemur. Karena gejala yang mirip itulah banyak orang yang salah kaprah akan penyakit kulit yang mereka derita tersebut dengan herpes. Sebenarnya herpes yang sesungguhnya itu seperti apa, sih?

 

Apa itu herpes?

Herpes atau kadang disebut dengan penyakit cacar merupakan penyakit radang kulit yang ditandai dengan pembentukan gelembung-gelembung berisi air secara berkelompok. Penya

kit Cacar atau Herpes ini ada 2 macam golongan, Herpes Simplex dan Herpes Zoster. Keduanya sama-sama disebabkan oleh virus.

 

Herpes SimplexHERPES3 150x150 Apa Itu Herpes?

Herpes Simplex dibagi menjadi dua tipe. Tipe 1 atau dikenal dengan Herpes Simplex Virus-1 (HSV-1), virus ini menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas. HSV-1 pada kenyataannya adalah infeksi yang sangat umum. Di Amerika Serikat, 30% sampai 90% dari orang yang terkena herpes kulit lebih banyak pada orang dewasa, walaupun banyak orang tidak pernah mengalami gejala. HSV 1 seperti sariawan di mulut bibir dan ruam lepuh lainnya, bisa diobati tapi tidak bisa sembuh secara total karena sewaktu-waktu kalau tubuh lemah bisa muncul lagi.

Tipe 2, biasa dikenal dengan HSV-2, virus ini menyerang bagian pinggang ke bawah, biasanya bagian kelamin sehingga biasa disebut dengan Herpes Genitalis. HSV2 (herpes genitalis) tidak bisa menular melalui udara, tetapi bisa menular melalui hubungan sex. Herpes ini bisa muncul di vagina, dubur, selangkangan kaki. Ini juga tidak bisa sembuh. Pada laki-laki herpes ini bisa terlihat tapi pada perempuan tidak kelihatan.

 

Herpes Zoster

herpes2 150x150 Apa Itu Herpes?

 

Herpes zoster juga dikatakan penyakit infeksi pada kulit yang merupakan lanjutan dari pada chickenpox (cacar air) karena virus yang menyerang adalah sama. Hanya terdapat perbedaan dengan cacar air, herpes zoster memiliki ciri cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tertentu di badan, bisa di bagian punggung, dahi atau dada. Proses penularan herpes zoster ini bisa melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung/lepuh yang pecah.

 

Gejala Herpes

Tanda dan gejala yang timbul akibat serangan virus herpes secara umum adalah demam, menggigil, sesak napas, nyeri dipersendian atau pegal di satu bagian rubuh, munculnya bintik kemerahan pada kulit yang akhirnya membentuk sebuah gelembung cair. Keluhan lain yang kadang dirasakan penderita adalah sakit perut. Biasanya gejala ini akan terjadi selama kurang lebih 8 hari atau 1 minggu.

 

Penanganan dan Pengobatan Herpes

Hal terpenting yang harus dilakukan oleh si penderita adalah menjaga gelembung cairan tidak pecah agar tidak meninggalkan bekas dan menjadi jalan masuk bagi kuman lain (infeksi sekunder), antara lain dengan pemberian bedak talek yang membantu melicinkan kulit. Penderita apabila tidak tahan dengan kondisi hawa dingin dianjurkan untuk tidak mandi, karena bisa menimbulkan shock.

Obat-obatan yang diberikan pada penderita penyakit cacar ditujukan untuk mengurangi keluhan gejala yang ada seperti nyeri dan demam, misalnya diberikan paracetamol. Pemberian Acyclovir tablet (Desciclovir, famciclovir, valacyclovir, dan penciclovir) sebagai antiviral bertujuan untuk mengurangi demam, nyeri, komplikasi serta melindungi seseorang dari ketidakmampuan daya tahan tubuh melawan virus herpes. Sebaiknya pemberian obat Acyclovir saat timbulnya rasa nyeri atau rasa panas membakar pada kulit, tidak perlu menunggu munculnya gelembung cairan (blisters).

Pada kondisi serius dimana daya tahan tubuh sesorang sangat lemah, penderita penyakit cacar (herpes) sebaiknya mendapatkan pengobatan terapy infus (IV) Acyclovir. Sebagai upaya pencegahan sebaiknya seseorang mendapatkan imunisasi vaksin varisela zoster. Pada anak sehat usia 1 – 12 tahun diberikan satu kali. Imunasasi dapat diberikan satu kali lagi pada masa pubertas untuk memantapkan kekebalan menjadi 60% – 80%. Setelah itu, untuk menyempurnakannya, berikan imunisasi sekali lagi saat dewasa. Kekebalan yang didapat ini bisa bertahan sampai 10 tahun.

Yang paling penting adalah jika mencurigai seseorang memiliki infeksi herpes kulit, menginformasikan kepada dokter adalah hal yang terbaik agar identifikasi awal dan pengobatan infeksi kulit segera dilakukan demi kepentingan kesehatan penderita itu sendiri maupun kesehatan orang-orang disekitar ketika berinteraksi (mencegah penularan).

 

Sumber: Berbagai Sumber

pf button both Apa Itu Herpes?
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

125 Responses to “Apa Itu Herpes?”

  1. mpul says:

    sore dokter
    disekitar bibir bagian atas saya muncul bercak merah kemudian setelah 2 hari mengering seperti koreng tetapi tiak mengeluarkan cairan tetapi terasa panas perih seperti terbakar.
    apakah itu salah satu jenis herpes dok.
    lalu cara penyembuhan dan obatnya apa ya dokter.
    trims

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Belum dapat dipastikan apakahnherpes atau bukan. Perlu pemeriksaan langsung. Kami tidak meresepkan obat disini. Sebaiknya periksakan langsung ke dokter untuk ditangani segera. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • qiqin says:

      Buat Agan-agan, ada info sapa tau ada yg lagi membutuhkan :

      *MELIA BIYANG : POM.SI.124 603 441
      Manfaat Melia Biyang:
      • Mengencangkan Kulit Wajah
      • Mengencangkan & Memperbesar Payudara
      • Meningkatkan kemampuan sex (pria & wanita)
      • Mengeluarkan minyak KOLESTEROL
      • Menyembuhkan dan Menghaluskan wajah dari Jerawat,Jerawat batu,Komedo,Flek2 hitam
      • Mengecilkan Perut
      • Meningkatkan kekuatan Tulang & pembentukan Otot
      • Meningkatkan Daya Ingat
      • Menambah stamina Fisik & Mental
      • Mempercepat proses Penyembuhan serta Meningkatkan Imunitas
      • Membantu penyembuhan Darah Tinggi/Stroke
      • Merangsang fungsi Organ² Tubuh vital: Jantung, Hati, Pankreas, Limpa & Ginjal..
      • Membantu mengembalikan warna Rambut & Pertumbuhannya.. Dan msh bnyak lg..

      *PROPOLIS: POM.TI.124 646 701
      Efek Propolis pada Manusia:
      • Anti Infeksi, Radang, Alergi & Kanker(sgala Jenis penyakit)
      • Memperkuat Daya Tahan Tubuh
      • Mempercepat Regenerasi Sel
      • Nutrisi yang Bergizi Tinggi

      Manfaat PROPOLIS untuk Penyakit: ?
      • Batuk, Asma, Bronchitis, Paru², Sinusitis, Flu, Demam, Sakit Kepala
      • Luka benda Tajam & Luka Bakar
      • Infeksi Kewanitaan
      • Herpes, Penyakit Kulit serta penyakit Jamur
      • Jerawat, Bisul
      • Infeksi Telinga & Gigi
      • Inveksi Vagina, mium, kista, rubella
      • Wasir, Ambeien
      • Kanker, Katarak, Tumor, Gangguan Jantung, Ginjal, Hati & Diabetes
      • Darah Tinggi & Rendah
      • Hepatitis/ Liver
      • Stress, Parkinson
      • Gangguan Pencernaan, Maag dan msh bnyak lagi.

      Lebih baik mencegah dari pada mengobati!

      Hub.0838 3456 6010 / Pin BBM 7487491B (qiqin)

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. papoy says:

    Dada bagian atas saya (di bawah leher) ada spt jerawat yg saling berkelompok dan tidak memiliki nanah, lalu di bagian dada lain ada bercak2 merah yg kadang terasa gatal dan tbtb terbentuk spt sbuah jerawat tanpa nanah, apakah pemberian acyclovir merupakan tindakan yg tepat? apakah daya harus menggunakan bedak her***n saja sdh cukup?? trims

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Acyclovir digunakan untuk lesi Yg disebabkan Oleh virus. Untuk kasus anda Sebaiknya gunakan cream Yg mengandung antibiotic Dan antiinflamasi. Pemberian bedak hanya mengurangi keluhan bukanlah menyembuhkan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Clint says:

    halo dok,
    Sekitar tahun 2005-2006 saya terkena herpes genitalis dan sampai sekarang sudah tidak timbul gatal atau gelembung cairan di bekas luka. yang mau saya tanyakan
    1. apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan bekas tersebut?
    2. berapa besar kemungkinan saya tularkan ke orang lain ketika berhubungan badan?
    3. apa ada yang bisa dilakukan untuk mencegah lawan main sex saya untuk tidak tertular?
    Terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Apakah saat itu Sudan diobati sampai tuntas? Bila diobati sampai tuntas, kemungkinan tidak menimbulkan bekas apa pun. Dan tidak Akan menular. Cara pencegahannya yaitu hindari sex bebas Dan berganti2 pasangan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. doni says:

    Dok,slangkangan sya gatal dan ada bntol,tpi tak berair,apakah itu herpes,mslhny sya jg blm prnh brhbnhan sex,jd itu apa ya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,
      Salam sehat,

      Dari daerah munculnya keluhan dan deskripsi bentuknya, kemungkinan besar bukan disebabkan karena herpes. Pada daerah selangkangan yang lebih sering muncul adalah dermatitis akibat gesekan celana pada daerah lembab atau infeksi jamur yang berbentuk kemerahan dengan gambaran pulau dengan penyebuhan di tengahnya.

      Untuk lebih baiknya, Doni berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mendapat terapi yang sesuai.

      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Achmad Faizal says:

    Dok.. Jika anak sdh di vaksin varicela apakah dpt tertular herpes? Anak sy umur 2thn.. Anggota keluarga ada yg terkena herpes dibagian atas mata/dahi.
    Gimana cara menghindarinya agar tak tertular? Thank you dok

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Daya tahan tubuh anak2, orang tua, Ibu Hamil Dan menyusui Lebih rendah dibandingkan dengan dewasa muda. Kemungkinan tertular tetap Ada, namun yang muncul bukanlah herpes, melainkan ialah cacar air, Karena biasanya yang terkena herpes ialah orang yang pernah menderita cacar air/varicella dimana kumannya “tidur” pada persarafan di tubuh kita Dan bila daya tahan tubuhnya menurunkan maka virus tersebut Akan Bangkok kembali Dan terjadi lag herpes,
      Cara menghindarinya ialahm jauhkan Dari anggita keluarga Yg terkena herpes, sampai sembuh total. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Surya Zaoldyeck says:

    Dear Dokter Sehat…

    Anak saya umurnya 8 bulan, awalnya dia sakit panas, terus muncul bintik2 merah yg ada airnya… awalnya saya kira itu cacar, tp setelah ke dokter tenyata itu herpes… bagaimana cara mengobati peyakit ini dok… karena saya sayang sm anak saya… saya ingin dia cepat sembuh…

    Thanks
    Surya zaoldyeck

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila Sudah ke dokter, Ikuti anjuran Dan minum obat yang iresepkan Oleh dokter. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. adi says:

    Dulu saya pernah kena herpea genitalis. Tidak saya obati dan akibatnya sekarang disekitar selangkangan saya terdapat bekas hitam besar. Apakah bekas tersebut dapat dihilangkan dok? Saya harap ada solusi untuk ini. Thx

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,
      Salam sehat,

      Bekas lesi yang telah lama, bisa dihilangkan namun perlahan dengan menggunakan krim oles. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter (spesialis kulit) untuk krim racikan tersebut.

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Mikha says:

    Dok, apa ada ukuran gelembung tt sehinggga disebut herpes? Pagi ini saya bangun dan mendapati seluruh badan saya terasa capek,*njarem istilahnya :D setelah sy cek, tiba tiba sekijur badan saya merah dan di siku bagian adalam ada kumpulan gelemlbung tapi diameterny kecil, diameter sekitar 0.5 mm…apa itu herpes?atau campak? Trims

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Herpes hanya menyerang bagian tubuh tertentu Dan sifatnya hanya satu Sisi saja. Bila seluruh tubuh Ada gelembung, kemungkinan ialah cacar air. Untuk enih jelasnya sebaiknya periksakan langsung ke dokter. Semoga lekas sembuh. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. Cecil says:

    dokter, herpes trmsuk penyakit keturunan apa bukan?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. lala says:

    dokter, teman saya pernah mengalami rasa gatal di bagian sudut bibirnya, setelah di cek ternyata herpes
    skrng sudah sembuh
    namun yg saya amau tanyakan
    apakah penyakit ini dapat timbul kembali,?
    penyebabnya apa dok,?
    meningkatkan daya tahan tubuh yang baik selain dari makanan dan olah raga, apalagi dok,?
    sebelumnya terima kasih dok…:)

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Penyakit tersebut dapat timbul kembali, penyebabnya ialah virus Dan bila daya tahan tubuh lemah maka bisa muncul kembali.
      Istirahat Yg cukup, makan makanan bergizi, berolah raga Dan bila perlu minum suplemen/vitamin tambahan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. Elis Nurul says:

    Dokter Vany ysh,
    Keponakan saya berumur 6 tahun. saat ini terdapat benjolan-benjolan yang ada airnya,kemudian mengering atau pecah dengan sendirinya, badannya panas,tetapi tidak terlihat menggigil dan sesak nafas. satu hari saja benjolan makin menyebar, awalnya terdapat satu benjolan pada muka dekat hidung, kemudian ke pelipis, pipi, punggung dan ke dada. tetapi tidak berkumpul seperti yang disebutkan ciri2 herpes di atas, melainkan benjol satu2 yang menyebar. satu bulan yang lalu dia pernah mengalami seperti ini, saat itu dibawa ke dokter dan sembuh. sekarang muncul lagi dan ketika berobat ke dokter katanya terkena cacar atau herpes. obat yg diberikan dokter adalah salep oles, obat herpes (4x1tablet), pertanyaan saya
    1. apakah dia terkena herpes atau cacar?
    2. di rumah terdapat bayi berumur 5 bulan yang terlihat sehat dan masih asi ekslusif. apakah herpes ini mudah menular kepada orang lain yang satu rumah, terutama kepada bayi? dan apa yg harus saya lakukan untuk bayi tersebut, apakah ada pencegahnya?

    Terimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      1. Benjolan besar2 berisi air kemungkinan ialah impetigo bulosa. Hal Ini memang bisa menyebabkan demam, Karena proses infeksi Yg terjadi. Pada cacar air, gelembung biasanya Lebih kecil Dan terkena pada seluruh tubuh. Pada herpes zoster, gw bung berkelompok Dan mengenai hanya salah satu Sisi tubuh sesuai dengan persarafan dermatomnya.
      2. Penyakit Ini bisa menular, jauhkan bayi Dari Si pasien, Dan segera bawa pasien e dokter untuk diterapi segera. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. andika says:

    siang dokter
    dok di sekitar selangkangan saya terdapat bercak bercak seperti biang keringat namun tidak terasa sakit tetapi saya merasakan gatal yang luar biasa sehingga mengganggu aktivitas saya dok.
    gejala pertama yg saya alami timbul rasa gatal, lalu kulit selangkangan saya menghitam dan kasar juga makin lama makin menyebar luas dan berwarna merah. kira kira itu termasuk herpes apa bukan dok? apa berbahaya buat saya?
    trimakasih dokter dan selamat siang.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Ada riwayat berganti2 pasangan sexual?
      Kemungkinan ialah Karena infeksi Jamur, sebaiknya segera periksakan kedokter spesialis kulit untuk diterapi Dan hindari pemakaian handuk/celana secara berganti2an dengan orang lain, Karena bisa menular, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. Abhe Arif says:

    malam dok, sy pria 30 tahun, sudah hampir seminggu ini timbul bintik2 merah kecil sprti jerawat bergerombol pada pinggang saya, dlm seminggu ini kok malah menyebar. saya obati dgn salep, tablet acyclovir dan tablet neurobion tp tdk ada perubahan sama sekali dan makin menyebar disekitaran pinggang dan perut bagian bawah. awalnya tidak tidak perih dan gatal tp skrg knp jd gatal? bintik ini tidak saya garuk. bintik yg prtma keluar jd agak kehitaman. pertanyaan saya: apakah ini herpes? mengingat sy bbrp tahun lalu pnh kena cacar air. apakah bintik2 ini akan menyebar lbh luas lg dok? saat ini sy lg fitness dan konsumsi suplemen susu gainer tinggi protein dan karbohidrat, apa ada pengaruhnya suplemen tersebut? makasii dok atas jawabannya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Apakah Ada gejala2 seperti demam, nyeri pada persendian, nyeri pada area Sekitar lesi di kulit? Apakah muncul mengenai satu sisi pinggang saja atau kedua sisi?
      Untuk herpes disertai demam, nyeri sendi, nyeri pada lesi, lesi hanya pada satu sisi tubuh, bentuknya khas, berulang bintil2 kecil berisi cairan Dan bergerombol.

      Bila keluhannya tidak seperti Yg kami sebutkan, kemungkinan bukan herpes, Dan pengobatan Yg anda Lakukan tidak Akan efektif. Kemungkinan untuk menyebar Ada Karena obatnya tidak tepat.
      Untuk supplement Yg sedang anda konsumsi, tidak Akan berpengaruh, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • Abhe Arif says:

        saya tidak mengalami demam tp mngalami nyeri sendi. sy pikir itu krn nyeri krn fitness. bintik merahnya sprt yg dokter blg, bergerombol dan berair kecil hanya pd pinggang kanan saja tp sdh mnyebar ke tengah tlg blkg…. apakh akan menyebar lbh luas lg? skrg2 ini malah jd gatal dan tidak sy garuk. kira2 pengobatannya bgmn ya dok? apa ini jamur?

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Disini kami tidak meresepkan obat Dan untuk herpes Yg Sudah 1 minggu, perlawanannya hanya dengan antibodi Dari badan sendiri. Perbanyak istirahat, makan makanan bergizi. Semoga lekas sembuh. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. reni rere says:

    mlm dok di punggung saya ada bercak merah brklompok n di antaradua payudara saya jg ada,suami sya mengjurkan di gosok pkai oval pembersih muka,stlh pkai oval trasa sangat perih n warnanya mnjdi sprti trbakar.hasilnya mlh bertmbh banyak masih trsa sangat gatal n sakit,apakah itu herpes?adakah pantangan makanan dok n apa obatnya?terimakasih sblmnya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kami tidak dapat menyebutkan apakah itu herpes atau bukan Karena gejala Yg anda sebutkan kurang spesifik. Namun untuk lesi kulit, sebaiknya jangan diberikan produk2 perawatan wajah sembarangan. Untuk terapinya sebaiknya segera ke dokter. Karena disini kami tidak meresepkan obat, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • Abel says:

        Pagi dokter …
        Di sekitar slangkangan sy timbul herpes dan mulai menyebar .
        Sy butuh terapi & pengobatan untuk menyebuhkan penyakit ini , krn sangat mengganggu aktivitas apalagi di saat sy sedang tidur .
        Di dokter mana saya bisa mendapatkan terapi & pengobatan dok ??
        Saya stay di Jakarta selatan , apa ada recommend untuk dokter spesialis kulit yah dok ??
        Makasih

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • qiqin says:

      Buat Agan-agan, ada info sapa tau ada yg lagi membutuhkan :

      *MELIA BIYANG : POM.SI.124 603 441
      Manfaat Melia Biyang:
      • Mengencangkan Kulit Wajah
      • Mengencangkan & Memperbesar Payudara
      • Meningkatkan kemampuan sex (pria & wanita)
      • Mengeluarkan minyak KOLESTEROL
      • Menyembuhkan dan Menghaluskan wajah dari Jerawat,Jerawat batu,Komedo,Flek2 hitam
      • Mengecilkan Perut
      • Meningkatkan kekuatan Tulang & pembentukan Otot
      • Meningkatkan Daya Ingat
      • Menambah stamina Fisik & Mental
      • Mempercepat proses Penyembuhan serta Meningkatkan Imunitas
      • Membantu penyembuhan Darah Tinggi/Stroke
      • Merangsang fungsi Organ² Tubuh vital: Jantung, Hati, Pankreas, Limpa & Ginjal..
      • Membantu mengembalikan warna Rambut & Pertumbuhannya.. Dan msh bnyak lg..

      *PROPOLIS: POM.TI.124 646 701
      Efek Propolis pada Manusia:
      • Anti Infeksi, Radang, Alergi & Kanker(sgala Jenis penyakit)
      • Memperkuat Daya Tahan Tubuh
      • Mempercepat Regenerasi Sel
      • Nutrisi yang Bergizi Tinggi

      Manfaat PROPOLIS untuk Penyakit: ?
      • Batuk, Asma, Bronchitis, Paru², Sinusitis, Flu, Demam, Sakit Kepala
      • Luka benda Tajam & Luka Bakar
      • Infeksi Kewanitaan
      • Herpes, Penyakit Kulit serta penyakit Jamur
      • Jerawat, Bisul
      • Infeksi Telinga & Gigi
      • Inveksi Vagina, mium, kista, rubella
      • Wasir, Ambeien
      • Kanker, Katarak, Tumor, Gangguan Jantung, Ginjal, Hati & Diabetes
      • Darah Tinggi & Rendah
      • Hepatitis/ Liver
      • Stress, Parkinson
      • Gangguan Pencernaan, Maag dan msh bnyak lagi.

      Lebih baik mencegah dari pada mengobati!

      Hub.0838 3456 6010 / Pin BBM 7487491B (qiqin)

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. eka says:

    Salam hormat dokter. Saya ingin menanyakan apakah herpes dapat kambuh kembali? Penyebabnya apa saja?
    Thx before.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Herpes bisa kambuh kembali, terutama bila daya tahan tubuh menurun. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. Andika Meldiya says:

    Dok, saya menderita hsv1 dan sering berulang ulang. Pada saat ini virusnya sdg muncul, apa masih bisa untuk saya suntik vaksin varisela?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      HSV-1 bisa diobati tapi tidak bisa sembuh secara total karena sewaktu-waktu kalau tubuh lemah bisa muncul lagi.
      Mengenai vaksin dikhawatirkan tidak membantu banyak, Karena di dalam badan sdh terbentuk antibodi untuk melawan virus tersebut. Sebaiknya jaga pola hidup, istirahat Yg cukup, makan makanan bergizi Dan berolah raga agar daya tahan tubuh baik.
      Semoga lekas sembuh, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. yanti says:

    Dok mau bertanya, ibu saya usia 50thn Tb2 mengeluh kakinya sakit yg kanan awalnya dikira dokter reumatik selang beberapa hati keluar bintik2 merah bergerombol di bagian kaki kanan saja saedah lutut n sekitarnya,kata dokter terkena sejenis herves n dikasih cream n obat. Apa benar itu herves, ibu sy hanya mengeluhkan sakit di kakinya saja n kdng kaku untuk digerakan tetapi badan tdk demam. Trimakasih dok

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kami dial bisa katakan iya atau bukan itu herpes tanpa Melihat secara langsung Karena bentuk herpes sangat khas seperti Yg diuraikan di artikel diatas. Bila Sudah diperiksakan dokter, maka kemungkinan besar memang herpes, Dan gejalanya juga tidak 100%akan sama pada semua orang. Bila area Yg terkena luas, maka bisa timbul demam. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  18. chii says:

    dok, di beberapa bagian tubuh saya, selangkangan, bawah dada, dan perut muncul bintik2 merah yang kian menyebar. terasa sangat gatal, bintik2nya kecil seperti dermatitis. tapi jika herpes saya tidak merasa hingga sesak napas, nyeri sendi bahkan demam. saya belum pernah melakukan hubungan seks, karena saya pikir penyakit ini tertular dari ibu saya. ibu saya sudah mengobati menggunakan PK dan sembuh. tapi untuk saya belum sembuh juga. bagaimana dok? ibu saya menolak untuk memeriksakan saya ke RS.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0