Apa Itu Hepatitis dan Bagaimana Penanganannya?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Hepatitis. Tentunya Anda pernah mendengar nama penyakit tersebut, bukan? Tapi tahukah Anda, apa sebenarnya penyakit Hepatitis tersebut? Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang organ hati manusia. Di sini hati atau liver mengalami peradangan sehingga membuat fungsi hati, yang sebagai tempat penyaring racun-racun dalam darah, menjadi terganggu. Dengan terganggunya fungsi hati tersebut, maka terganggu pula fungsi organ yang lain, sehingga membuat kesehatan seseorang akan hancur secara keseluruhan. Akibat lainnya adalah hati menolak darah yang mengalir sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan pecahnya pembuluh darah.

Penyebab kerusakan fungsi hati atau liver ini bisa karena seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan atau karena termakan racun yang membebani kerja liver dan mengakibatkan fungsi hati menjadi rusak. Tetapi, pada kebanyakan kasus, hepatitis disebabkan oleh virus yang ditularkan penderita hepatitis.

Ada 5 macam virus hepatitis yang dinamai sesuai abjad. Kelima virus itu adalah virus hepatitis A (VHA), virus hepatitis B (VHB), virus hepatitis C (VHC), virus hepatitis D (VHD) dan virus hepatitis E (VHE). Virus-virus ini terus berkembang dan bahkan diperkirakan sedikitnya masih ada 3 virus lagi yang dapat menyebabkan hepatitis.

 

Gejala Hepatitis

Gejala-gejala umum dari hepatitis ini adalah rasa nyeri atau sakit pada perut bagian kanan, badan lemas, mual, demam dan diare. Pada beberapa kasus juga ditemukan gejala seperti akan flu dan sakit kuning yang ditandai kulit dan mata yang terlihat kuning. Namun, gejala penyakit hepatitis tidak selalu tampak, khususnya pada kebanyakan kasus yang menimpa anak-anak.

Virus dapat berpindah dari seorang penderita ke orang yang sehat. Jika kekebalan tubuh seseorang sedang lemah, virus akan menjangkiti tubuh orang yang sehat. Walau sebenarnya, virus dapat dibersihkan oleh antibodi manusia itu sendiri jika sistem kekebalan tubuhnya baik.

 

Hepatitis A

Virus hepatitis A biasanya terdapat pada kotoran si penderita, dan virus ini dapat hidup pada air atau es batu. Virus ini menyebar karena seseorang meminum air yang tercemar VHA atau mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan benar sehingga virus tetap hidup pada makanan atau bisa juga karena orang yang mempersiapkan makanan tidak mencuci tangan dengan benar terlebih dahulu, padahal mungkin saja pada tangannya terdapat virus hepatitis A. Tidak mencuci tangan sehabis menggunakan toilet juga menyebabkan virus ada pada kotoran manusia ini akhirnya berpindah.

 

Hepatitis B

Virus Hepatitis B (VHB) biasanya menular melalui darah atau cairan tubuh seperti air liur, cairan vagina, atau air mani yang masuk dalam aliran darah orang sehat. Ini karena hepatitis B terdapat dalam darah dan cairan tubuh tersebut. Tranfusi darah, darah pada pisau cukur, perawatan gigi, gunting kuku, jarum suntik atau jarum yang digunakan untuk membuat tato dapat memindahkan sejumlah kecil darah yang terinfeksi virus hepatitis. Bahkan noda darah yang sudah mengering dapat menulari orang lain selama 1 minggu sejak menempel pada suatu benda. Cara lain penyebaran virus ini adalah karena terbawa sejak dari kandungan oleh seorang ibu yang terinfeksi (keturunan) dan karena hubungan seks.

 

Hepatitis C

Cara penularan virus ini hampir sama dengan penularan hepatitis B, tetapi pada kebanyakan orang adalah karena jarum suntik.

 

Cara Menangani Hepatitis

Sebaiknya lakukan perawatan sejak dini agar penderita dapat disembuhkan, karena semakin lambat ditangani, virus akan semakin merusak hati dan bahkan menjadi kanker. Terkadang karena tidak menampakkan gejala yang jelas, kebanyakan orang tidak menyadari kalau dalam tubuhnya sudah berdiam virus hepatitis dan terlanjur hati sudah menjadi rusak parah.

Lakukan vaksinasi agar seseorang mendapatkan antibodi dari virus hepatitis A (VHA) dan virus hepatitis B (VHB). Namun, untuk hepatitis C tidak ada vaksinasi untuk mencegahnya. Walau seseorang belum terindikasi virus ini tetapi pemberian vaksin dapat mencegah virus merusak hati karena gejala hepatitis bisa saja baru muncul puluhan tahun kemudian. Pemberian vaksin khususnya perlu diberikan pada anak-anak karena kekebalan tubuh mereka lebih lemah untuk membersihkan virus hepatitis dibandingkan orang dewasa.

Lakukan pencangkokkan hati jika hati sudah rusak parah. Tetapi, ini akan sulit karena donor hati yang ada lebih sedikit dibandingkan daftar tunggu dari penderita yang membutuhkan hati.

Penderita hepatitis seharusnya mengkonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup agar tubuh mampu bertahan menghadapi virus ini dan mencegah jumlah virus semakin banyak yang akan menggeroti kesehatan penderitanya.

Penuhi gizi kita dan istirahat yang baik agar virus tidak menulari dan menyerang hati atau liver. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, tubuh akan mampu menangani virus hepatitis yang membahayakan ini.

 

Sumber: kumpulan.info/sehat

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. bagus

    selamat malam dokter..saya bagus, usia 20 tahun..
    begini dok. kemaren saya waktu ada penguburan jenasah yang meninggal karena penyakit Hepatitis B, saya tidak sengaja terkena kotoran jenazah yang masih keluar lewat dubur.. dikotoran itu juga bercampur darah.. setelah saya pulang, saya segera mencuci pakaian dan tangan saya menggunakan sabun dan cairan antiseptik DETTOL , pertanyaan saya :
    1. berapa kemungkinan saya tertular ? saat kecil saya sudah disuntik vaksin hepatitis..
    2. apakah mencuci pakain dan tangan menggunakan sabun + DETTOL antiseptik cair sudah cukup membunuh virus/kuman hepatititis?

    terima kasih…

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Penularan hepatitis B ialah melalui fecal oral, yang artinya bisa menular melalui makanan/cuci tangan yg tidak bersih Dan kemudian makan. Namun semua kembali Lagi ke daya tahan tubuh masing2. Bila menjaga pola hidup Yg sehat, maka kemungkinan tertular kecil. Dan buka Sudah divaksinasi sejak kecil, diperlukan kembali booster. Kamu bisa konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. sonny

    pagi Dok,
    saya mau nanya ni dok untuk seputar virus hepatitis,,,
    apakah virus tersebut sudah mempunyai anti virusnya? misalnya pada hepatitis B.

    makasih dok…

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Hepatitis Sudah Ada vaksinnya. Konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. fidah albaar

    apakah pengidap hepatitis B pasti akan mati?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. Dr. Vanny bernadus

      Semua makhluk di Dunia Ini pasti Akan menemui kematian.
      Untuk penyakit apapun, bila penanganannya tepat Dan Ada semangat untuk sembuh Dari Si pasien, maka enyembuhan Akan cepat terjadi. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. adifahmi

      Saya sudah periksa darah tapi hasilnya,reaktif dan tdk terdeteksi, tolong di perjelas ya.

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    2. Dr. Vanny bernadus

      Apa keluhan anda? Pemeriksaan apa Yg Sudah anda Lakukan. Untuk interpretasinhasil lab secara jelas, anda bisa bawa hasil lab anda ke dokter Yg melakukan pemeriksaan Dan meminta Rujukan lab. Hasil lab tanpa pemeriksaan Fisik Adan anamnesa Yg jelas, tidak dapat di jadikan sebagai Patokan untuk mendiagnosa penyakit. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. wiwin winar

    saya sudah beberapa hari mengalami gatal gatal pada seluruh tubuh,badan terasa lemas dan lesu bahkan tidak bergairah dan warna urine pun coklat seperti tehh..juga nafsu makan hilang
    apa saya terkena penyakit liver apa tidak??

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      apakah ada mual muntah? ada bagian tubuh yg kuning seperti mata, kuku? bila sangat mengganggu sebaiknya periksakan langsung ke dokter. kami tidak bisa langsung nyatakan langsung sakit anda tanpa keterangan dan pemeriksaan langsung. trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Desy Amy

    dok,apa itu hepatitis akut?apa bisa menular?bagaimana cara penyembuhannya?makanan apa saja yg tidak di perbolehkan?..
    terimakasih sebelumnya…

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Hepatitis bisa menular dan penularannya berbeda2 caranya tergantung jenis hepatitis yg diderita. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. damar raditya

    Dok hasil cek darah sy SGOT : 281,3 & SGPT 355,6. Tp HBSAG: non reaktif, IgM Anti HAV:negatif, Anti HCV; jg negatif..itu artinya apa ya dok? Trmksh

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Apa keluhan anda? Interpretasi hasil lab harus disertai dengan keluhan dan pemeriksaan fisik. Kontrol kembali ke dokter yg memeriksa dan merujuk anda ke lab. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. aji

    dok,saya mau bertanya seputar hepatitis b. Beberapa bulan yg lalu saya cek di laboratorium dan hasilnya hbsag saya positif dan bukan akut. Virus tersebut masih tidur dan saya belum flare/kuning. Saya tidak ada keluhan apa-apa. Saya sudah ke dokter dan dokter menyarankan saya minum sebivo telbivudine, namun karena harga terlalu mahal saya beralih ke gamat untuk alternatif,namun setelah minum 7 botol tetap tidak ada reaksi apa-apa, padahal dari pengalaman yg sudah2 biasanya bisa langsung negatif. Lalu apa yg harus saya lakukan agar hbsag saya bisa negatif dok?terlebih untuk jangka waktu yang dekat karena tahun depan saya ingin mendaftar tni dimana syaratnya hbsag harus negatif. Saya sudah k dokter spesialis mana pun tetapi mereka tidak bisa berbuat apa-apa. Tolong dok, saya ingin meraih cita-cita saya. Terimakasih.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Sebaiknya lakukan terapi secara medis bukan alternatif. Keterangan anda menyatakan disarankan untuk minum obat diatas tapi dokter manapun tidak bisa berbuat apa2 maksudnya bagaimana? Bila sudah diresepkan obat, minum obat tersebut sevara teratur. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      1. aji

        ketika dibandung saya disuruh minum sebivo hingga waktu yang tidak bisa ditentukan, tapi ketika saya kontrol dengan dokter spesialis disolo saya malah dimarahin minum obat tersebut karena saya belum flare/sakit dan obat tersebut memiliki efek samping, terus saya disarankan untuk berhenti meminumnya dan dokter tersebut bilang tidak bisa melakukan apa-apa karena saya belum kuning, nah daripada tidak melakukan apa-apa saya kemudian mengambil jalur alternatif tersebut tetapi tetap tidak berhasil. lalu kira-kira langkah apalagi yang dapat saya ambil agar hbsag saya bisa negatif?terutama dalam waktu dekat ini. terimakasih.

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

        1. dr. Vanny Bernadus

          Bila tidak bergejala maka tidak dapat dilakukan apapun. Jaga stamina dan istirahat yg cukup. Trims

          Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Pingback: HEPATITIS | iraboneta

    1. dr. Vanny Bernadus

      Hepatitis ada banyak jenis dan penularannya pun berbeda2. Pada artikel diatas sudah dijelaskan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. dino abdullah

    Malam dr
    Apakah benar penyakit hepatitis
    Kebanyakan rata2 karna
    meminum alkohol

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Alkohol bisa merusak hati. Dan penyakit hati bukan hanya hepatitis. Ada bermacam2. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. satria

    dok saya mau tanya ttg ibu saya, setahun yang lalu ibu saya menjalani oprasi by pass saluran empedu, sekarang ibu saya mengalami sakit kuning di sertai demam,setelah di bawa k rumah sakit, selama 10 hari dokter menyarankan untuk di rawat di rumah, tetapi kondisi ibu saya tetap belum membaik, apa yang harus saya lakukan??

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Bila tidak membaik, periksakan kembalu ke dokter yg menanganinya. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Bila terinfeksi lagi, bisa kambuh lagi. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. amal

    Saya ingin bertanya pada dokter, bagaimana cara membersihkan pakaian atau alat makan atau tempat tidur pada penderita hepatitis B? Mohon pencerahannya Dok, krn saya kerja volnteer dirumah orang tua dan ada yang terindikasi sakit hipatitis.

    Terimakasih….

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Untuk hepatitis B, penularannya melalui darah, yg perlu diwaspadai ialah penularannya melalui darah. Untuk mencuci bisa seperti biasa. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. Muhammad ilham

    Dok saya kena hepatitis a,adakah minuman atau makanan khusus untuk mempercepat proses penyembuhan?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Tidak perlu makanan atau minuman khusus. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. indah

    hello dokter yg baik.
    hasil tes lap anak saya unfit hbs ag 2,36, saya mau tanya apakah bisa negatip bila di lakukan pengobatan? bagai mana cara pengobatanya? mohon penjelasanya.terimakasih.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Periksakan ke dokter yg meminta rujukan pemeriksaan lab. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. Dhivia

    Dok, guru saya kena hepatitis A, itu virusnya bisa menular lewat udara gak dok? Trus kalau mau salaman itu bisa ketular juga gak dok? Trims.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Pada artikel diatas sudah dijelaskan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. Darman

    Selamat siang Dokter.
    Beberapa hari ini rongga mulut saya bengkak ( bagian langit langit ). Apa penyebab dan gimana mengobatinya, trima kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Sebaiknya langsung periksakan ke dokter gigi atai spesialis bedah mulut. Kami tidam meresepkan obat disini. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      1. vicky

        Selamat malam Dok,
        Sy dinyatakan positif mengidap hepatitis B sejak April 2014. Sebelum ny dari jumlah virus 8,61 x 10^3 sekarang sy msh menjalani pengobatan rawat jalan, jumlah virus sy skrg 3,1 x 10^2 Sy jg cek ke lab anti HBE dan hasil ny : HBEAG = reaktif S/CO 57.66
        Anti HBe : non reactive S/CO
        HBV DNA : tidak terdeteksi
        (terakhir sy cek darah april 2015)

        Obat yg saya minum adlh ricovir.

        Saya mau tny apakah dr hasil lab tsb Menurut dokter ada kemungkinan sy bs sembuh??

        Dan sampai brp lama sy hrs konsumsi obat tsb, jika dihitung sy sdh mengkonsumsi 14 botol sampai dengan bulan agustus 2015??

        Terkadang sy lupa minum obat bbrp hari, apakah akan ada masalah yg serius nanti ny??

        Makanan apa yg tdk boleh di makan oleh seorang yg terkena hepatitis B?

        Aktivitas sy yg padat dan jam istrht yg tdk teratur apakah akan menganggu kesehatan saya??

        Jika sy memiliki pasangan akan terkena hepatitis B walaupun sy mengkonsumsi obat dr dokter??

        Brp lama umur seseorang yg terkena hepatitis B?? Sy berumur 26thn

        Ada makanan atau obat yg ampuh utk menyembuhkan seseorang yg terkena hepatitis B? Sy dengar ada pengobatan melalui suntikan ke tubuh

        Dan sy baca artikel hepatitis B bs dikarenakan virus HIV??

        Maaf jika sy terlalu banyak bertanya sama dokter, karena dr pengobatan rawat jalan dan sy sdh coba ke 2 dokter tp sy tdk mendapatkan jawaban dari penyakit sy ini.

        Saya bingung dok sampai sekarang thdp penyakit ini, krn sy hny diberitahukan oleh dokter utk konsumsi obat dlm jangka panjang dan tdk tahu sampai kapan?? Yg dokter pernah sampaikan HBSAG dr positif k negatif , HBEAG hrs negatif, HBV-DNA hrs negatif sampai muncul anti HBE, sy msh blm mengerti dr penjelasan dokter yg biasa sy konsul??

        Mohon bimbingan dan jawaban dari dokter, trima kasih.

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

        1. santo

          Selamat malam Dok,
          Sy dinyatakan positif mengidap hepatitis B sejak April 2014. Sebelum ny dari jumlah virus 8,61 x 10^3 sekarang sy msh menjalani pengobatan rawat jalan, jumlah virus sy skrg 3,1 x 10^2 Sy jg cek ke lab anti HBE dan hasil ny : HBEAG = reaktif S/CO 57.66
          Anti HBe : non reactive S/CO
          HBV DNA : tidak terdeteksi
          (terakhir sy cek darah april 2015)

          Obat yg saya minum adlh ricovir.

          Saya mau tny apakah dr hasil lab tsb Menurut dokter ada kemungkinan sy bs sembuh??

          Dan sampai brp lama sy hrs konsumsi obat tsb, jika dihitung sy sdh mengkonsumsi 14 botol sampai dengan bulan agustus 2015??

          Terkadang sy lupa minum obat bbrp hari, apakah akan ada masalah yg serius nanti ny??

          Makanan apa yg tdk boleh di makan oleh seorang yg terkena hepatitis B?

          Aktivitas sy yg padat dan jam istrht yg tdk teratur apakah akan menganggu kesehatan saya??

          Jika sy memiliki pasangan akan terkena hepatitis B walaupun sy mengkonsumsi obat dr dokter??

          Brp lama umur seseorang yg terkena hepatitis B?? Sy berumur 26thn

          Ada makanan atau obat yg ampuh utk menyembuhkan seseorang yg terkena hepatitis B? Sy dengar ada pengobatan melalui suntikan ke tubuh

          Dan sy baca artikel hepatitis B bs dikarenakan virus HIV??

          Maaf jika sy terlalu banyak bertanya sama dokter, karena dr pengobatan rawat jalan dan sy sdh coba ke 2 dokter tp sy tdk mendapatkan jawaban dari penyakit sy ini.

          Saya bingung dok sampai sekarang thdp penyakit ini, krn sy hny diberitahukan oleh dokter utk konsumsi obat dlm jangka panjang dan tdk tahu sampai kapan?? Yg dokter pernah sampaikan HBSAG dr positif k negatif , HBEAG hrs negatif, HBV-DNA hrs negatif sampai muncul anti HBE, sy msh blm mengerti dr penjelasan dokter yg biasa sy konsul??

          Mohon bimbingan dan jawaban dari dokter, trima kasih.

          Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

Leave a Comment