informasi kesehatan


Apa itu Campak

Apa itu Campak

DokterSehat.com – Campak/measles/rubella/campak 9 hari, adalah infeksi virus yang sangat menular yang menampakan gejala dan ruam-ruam kulit dengan karakteristik tertentu.

Apa penyebabnya ?
Penularan infeksi terjadi karena menghirup percikan ludah yang terkontaminasi virus. Seorang penderita mulai menularkan penyakitnya 2-4 hari sebelum timbul ruam-ruam kulit sampai ruamnya menghilang. Sebelum diketemukan vaksinasi, epidemi campak terjadi setiap 2 sampai 3 tahun, terutama pada usia prasekolah dan usia sekolah.

Pada saat ini wabah terjadi pada remaja dan dewasa muda yang pernah mendapat imunisasi, usia prasekolah yang tidak diimunisasi dan anak-anak yang terlalu kecil untuk imunisasi ( kurang dari 12 bulan). Seorang wanita yang pernah menderita campak atau pernah mendapat imunisasi campak akan meneruskan kekebalannya pada bayi yang dikandung. Kekebalan ini akan bertahun selama tahun pertama setelah anak dilahirkan. Seorang yang pernah terinfeksi campak akan mempunyai kekebalan seumur hidup.

Gejala klinis
Gejala mulai 7 – 14 hari sesudah terinfeksi. Gejala dimulai dengan demam, hidung berair, nyeri menelan, batuk ringan, dan mata merah. Koplik spot (bintik putih kecil) muncul dalam mulut 2 – 4 hari kemudian. Ruam-ruam dengan rasa gatal ringan timbul 3 – 5 hari setelah gejala pertama. Ruam mulai muncul di depan dan dibawah tellinga dan di samping leher. Mula-mula berupa bercak merah tidak beraturan yang kemudian menimbul. 1 – 2 hari kemudian ruam akan menyebar ke tubuh, lengan dan tungkai ketika ruam di wajah mulai menghilang. Pada puncak penyakit, penderita nampak sakit berat, ruam sangat luas, dan suhu tubuh mencapai 40 derajat Celcius. Dalam 3 – 5 hari suhu mulai turun, penderita akan merasa lebih baik dan ruam yang tersisa akan segera menghilang. Diagnosa ditentukan dari gejala dan ruam yang khas. Tidak diperlukan pemeriksaan khusus.

Faktor resiko
Pada anak yang sehat dan cukup gizi, campak biasanya bukan merupakan penyakit serius. Tapi komplikasi bakteri seperti pneumonia dan infeksi telinga tengah cukup sering terjadi. Penderita campak sangat mudah terinfeksi oleh Streptococcus. Kadang-kadang kadar platelet darah turun sangat rendah sehingga mudah terjadi memar dan perdarahan.

Ensefalitis (infeksi otak) terjadi pada 1 dari 1000 sampai 2000 kasus, ditandai dengan demam tinggi, kejang dan koma biasanya 2 hari sampai 3 minggu setelah ruam muncul. Ensefalitis biasanya singkat dan sembuh dalam satu minggu, tapi kadang-kadang berkepanjangan, mengakibatkan kerusakan otak serius atau kematian. Pada kasus yang sangat jarang muncul komplikasi subakut sklerosing panensefalitis dalam beberapa bulan atau tahun yang berakhir dengan kerusakan otak.

Pengobatan
Penderita dijaga tetap hangat dan nyaman. Diberikan parasetamol atau ibuprofen untuk meringankan demam. Antibiotika hanya diberikan kalau terjadi infeksi sekunder oleh bakteri.

Pencegahan
Imunisasi campak adalah imunisasi rutin pada anak-anak. Secara tunggal diberikan pada usia 9 bulan. Ada pula kombinasi dengan vaksin lain yaitu MMR (mumps / gondongan, measles / campak, rubella / campak jerman) yang diberikan setelah usia 12 bulan.

Sumber : kimiafarmaapotek.com

pf button both Apa itu Campak
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>