Apa Itu Blighted Ovum Atau Kehamilan Kosong?

DokterSehat.Com – Setiap pasangan yang baru menikah tentu mengharapkan segera mendapatkan momongan. Kehamilan adalah masa yang selalu ditunggu-tunggu karena hal ini akan menandakan buah cinta yang segera bisa dilahirkan. Sayangnya, ada sebuah kondisi kehamilan yang disebut sebagai kehamilan kosong atau blighted ovum. Kehamilan kosong ini tidaklah terjadi karena masalah mistis sama sekali. Dalam dunia medis, hal ini bahkan bisa dijelaskan sebagai sebuah kondisi dimana rahim sedang mengalami masalah sehingga harus ditangani dengan baik.

shutterstock_164104064 copy

Blighted ovum sendiri bisa dianggap sebagai kondisi dimana wanita berpikir bahwa Ia telah hamil namun setelah diperiksa dengan benar, Ia ternyata tidak benar-benar dalam kondisi hamil dan tidak ada sama sekali rahim yang ada dalam rahimnya. Yang unik adalah, wanita akan mengalami kondisi yang hampir sama persis dengan gejala-gejala kehamilan pada wanita pada umumnya. Wanita yang baru saja hamil biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan dan juga mual-mual di pagi hari atau morning sick. Selain itu, kondisi tubuhnya juga mengalami perubahan signifikan dari payudara yang mengeras atau semakin membesarnya perut. Bahkan, saat dites dengan testpack pun hasilnya juga menunjukkan tanda positif hamil.

Pakar kesehatan masih mendebatkan penyebab utama dari masalah blighted ovum ini. Hanya saja, banyak pakar kesehatan yang meyakini jika masalah kelainan pada kromosom saaat pembentukan janin menjadi penyebab hal ini. Selain itu, kondisi sel telur yang tidak sempurna saat dibuahi oleh sperma dan juga disertai dengan infeksi dari rubella, TORCH, hingga efek dari penyakit diabetes dan juga streptokus juga akan menyebabkan hal ini. Biasanya, ibu hamil akan baru merasakan tanda-tanda kehamilan kosong ini setelah tiga bulan layaknya adanya flek yang terus-menerus terjadi dan kram perut yang tidak segera hilang.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Kebugaran Tubuh setelah Melahirkan

Blighted ovum sendiri untungnya tidak memberikan dampak kesehatan yang besar bagi ibu. Dengan penanganan yang tepat dari dokter kandungan, maka kondisi ibu pun bisa tetap sehat dan bisa mendapatkan kesempatan untuk hamil di masa depan. Untuk mencegah ibu mendapatkan blighted ovum, ibu hamil bisa melakukan imunisasi rubella dan juga pemeriksaan TORCH setelah menikah sehingga setiap ibu hamil bisa memastikan bahwa kehamilan yang dimiliki bukanlah kehamilan kosong.