Apa Itu Benjolan Mutiara Kecil pada Penis Anda?

Penyakit Varikokel adalah Momok untuk Pria

DokterSehat.Com– Anda pria, melihat ke bagian bawah selangkangan mungkin tidak selalu memperhatikan apakah ada benjolan atau tidak di batang penis Anda. Mungkin cukup banyak dari mereka para pria, di bagian bawah kepala penisnya terdapat benjolan kecil. Terkadang bahkan ada lebih dari satu benjolan kecil seperti mutiara.

Apakah benjolan mutiara pada penis tidak baik?
Nah, benjolan mutiara bisa menandakan infeksi menular seksual tertentu, tapi jenis benjolan kecil yang sedang kita bicarakan di sini sangat berbeda. Benjolan ini disebut papul penis mutiara, dan mereka muncul sebagai satu atau dua baris benjolan berbentuk kecil.

Apa itu benjolan mutiara?
Nama lainnya benjolan ini adalah hirsuties coronae glandis. Benjolan ini adalah lesi yang berwarna putih seperti mutiara dan merupakan varian anatomi penis yang normal, menurut S. Adam Ramin, M.D., ahli urologi dan direktur medis Spesialis Kanker Urologi di Los Angeles.

Benjolan mutiara ini bukan penyakit, kelainan, atau risiko kanker.  Hanya sedikit benjolan, biasanya banyak di antara kepala dan poros penis Anda.

Benjolan mutiara lebih umum yang mungkin Anda pikirkan. Sekitar 38 persen pria berusia di bawah 25 tahun memiliki benjolan mutiara, dibandingkan dengan 11 persen di antara mereka yang berusia di atas 50 tahun, sebuah penelitian di tahun 2009 dari Inggris Raya menemukan. Itu menunjukkan bahwa mereka cenderung mengalami kemunduran, atau setidaknya menjadi kurang terlihat saat Anda bertambah tua.

Benjolan mutiara lebih cenderung muncul pada orang yang tidak disunat, namun terkadang bisa terjadi pada orang yang sudah disunat. Dalam studi yang sama, 27 persen pasien yang disunat mengalami benjolan, dibandingkan dengan 42 persen orang yang tidak disunat.

Apakah benjolan mutiara berbahaya?
Banyak pria menganggapnya sebagai kutil kelamin, tapi kecil, pertumbuhannya berbentuk kembang kol yang terkadang terlihat bersisik. Benjolan penis mutiara di sisi lain jauh lebih kecil —seringkali lebarnya sekitar 1 milimeter dan tidak kering dari kutil kelamin.

Benjolan mutiara juga tidak tumbuh lebih besar, hanya pada satu tempat —sebaliknya biasanya membungkus penis atau menyebabkan rasa sakit. Jika Anda mengalami gejala tersebut atau baru merasakannya, saatnya untuk menemui dokter.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa benjolan mutiara tidak berbahaya bagi Anda. Karena itu bukan infeksi, tidak ada risiko transmisi benjolan Anda.

Apakah Anda memilikinya, terutama dari remaja berusia 20-an? Benjolan mutiara mungkin tidak berbahaya, menurut Philip Werthman, M.D., ahli urologi dan direktur Center for Male Reproductive Medicine and Vasectomy Reversal di Los Angeles.

Apakah harus menghilangkan benjolan mutiara pada penis Anda?
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of STD & AIDS, lebih dari sepertiga pria dengan benjolan mutiara khawatir akan lesi (jaringan kulit) mereka, dan sekitar 1 dari 4 mengatakan bahwa mereka merasa malu terhadapnya. Jadi, tidak mengherankan jika 14 persen pria dengan lesi kecil (kurang dari 1 mm) dan 75 persen dengan yang lebih besar (lebih besar dari 1 mm) ingin menghilangkannya.

Mungkin Anda bisa menghilangkannya dengan teknik seperti perawatan laser atau ablasi frekuensi radio.

Tapi tidak ada alasan untuk menghilangkannya,” kata Dr. Werthman. Benjolan mutiara sangat jarang menimbulkan komplikasi atau masalah, dan biasanya hanya masalah kosmetik jika Anda menginginkannya hilang.

Pendekatan yang lebih baik? Cukup berdamai dengan benjolan mutiara di penis Anda.

“Benjolan mutiara pada penis itu normal, dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata Werthman.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik