informasi kesehatan


Apa itu Bayi Tabung?

Apa itu Bayi Tabung?

DokterSehat – Sering kali kita mendengar ‘ikut bayi tabung aja…’ atau ’anaknya dia dari hasil bayi tabung’. Apa sih sebenarnya definisi atau pengertian bayi tabung itu? Apakah ini adalah cara untuk mendapatkan anak?

Kalau dilihat dari kata ‘bayi’ & ‘tabung’, mungkin bayi tabung berarti bayi dari hasil pembuahan di tabung. Ada juga yang bilang bayi tabung adalah bayi dari hasil tabungan … memang benar juga sih soalnya proses bayi tabung itu tidak murah alias menguras kantong.

Tetapi bayi tabung itu sebenarnya adalah proses pembuahan sel telur dan sperma di luar tubuh wanita, dalam istilah kerennya in vitro vertilization (IVF).
In vitro adalah bahasa latin yang berarti dalam gelas/tabung gelas (nah nyambung juga kan dengan kata tabung). Dan vertilization adalah bahasa Inggrisnya pembuahan.

Dalam proses bayi tabung atau IVF, sel telur yang sudah matang (seperti masak telur saja ya) diambil dari indung telur lalu dibuahi dengan sperma di dalam sebuah medium cairan. Setelah berhasil, embrio kecil yang terjadi dimasukkan ke dalam rahim dengan harapan dapat berkembang menjadi bayi.

Salam semoga dapat menjadi lebih jelas.

Sumber: bayi-tabung

pf button both Apa itu Bayi Tabung?
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

13 Responses to “Apa itu Bayi Tabung?”

  1. Andy says:

    dulu saya kira bayi tabung itu apaan, ternyata begitu hahaha, thanks dokter :)

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 3 Thumb down 0

  2. thx u,dok informasi bayi tabung

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. rosemary says:

    dok? gimana dgn inul tuh proses bayi tabungnya! kok bisa dimasukan kerahim inul.apa ada salah satu dari pasangan mandul sehinga pake sprema lain untuk membuahinya,pernah denger dari klompok agama islam kalau bayi tabung itu diharamkan karna identik tdk diambil dari pasangan syah melainkan dari bantuan orang lain.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. dr. Ronald Iskandar says:

    @rosemary – bayi tabung merupakan salah satu solusi bagi pasangan yang sulit mempunyai anak, dengan syarat selama sperma dan sel telur dari pasangan yang sah,. thx

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

  5. laras says:

    Untuk yang takut, mungkin bisa lebih mempelajari apa itu bayi tabung. Keberhasilan tergantung banyak faktor. Jika itu sudah direkomendasikan oleh dokter jalan terakhir untuk mempunyai anak, maka harus dicoba. Anak yg lahir dari proses tersebut anak2 yang sehat. Semua tergantung dari perawatan kita waktu hamil. Jika konsepsi natural tapi waktu kita hamil merokok dan minum alkohol jelas akan berdampak negatif juga… Saran saya, semua cara harus ditempuh utk meraih kebahagian utk mempunyai anak. Dari akupunture, yoga, relaksasi mental, pola makan dan hidup yg sehat utk kedua suami dan istri, pola hidup bahagia, menghilangkan stress, menimbulkan energi positif, minum jamu, etc., etc… Pikiran yang sehat, happy dan positif akan sangat membantu proses ini, percaya deh! Saya juga sudah menempuh perjalanan ini sudah lama sekitar 8 tahun, tapi akhirnya dapat membuahkan hasil. Plus efforts saya utk bertanya2, mencari informasi dan sebagainya utk memfokuskan kepada proses bayi tabung. Semoga bisa membantu… Oh ya, selama ikutan bayi tabung yg memakan biaya banyak ini, sy sempat menghemat juga…hehehe… Karena biaya yg paling besar dalam bayi tabung adalah biaya obat-obatannya… Mungkin bisa menghubungi apotik langganan saya apotik Medika Center di area tanjung duren, 021 56957245 atau 081927740999. Terima kasih semoga sharing saya bisa membantu teman2. Salam. – laras

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  6. rahim says:

    kukira bayi tabung itu bayi yg ada dlm tbng elpiji

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 1

  7. ryuzaki says:

    yang lebih lengkap ada untuk laporan sekolah

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. cimutz says:

    Widih … maksudx sel telur itu di aduk2 gtu ya dgan sperma.. trus perut wanita di bedah dan di masukan gtuuu.. bgung kk…. ><

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. pipik says:

    berapa biayanya dok..? n kira2 bagaimana jika dg kondisi si istri yg punya toksoplasma..maksih ya dok atas jwbannya.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. Tika says:

    Bayi tabung memang salah satu solusi bagi pasutri yang ingin punya keturunan, tapi biayanya lumayan juga…

    Barangkali bermanfaat, bagi pasutri yang menginginkan momongan dengan cara mudah dan biaya minimal, silakan klik di http://sehatdanharmonis.wordpress.com. Ada krim herbal yang insyaAllah bisa membantu supaya bisa mendapatkan keturunan, dengan cara cukup dioles saja. Alhamdulillah sudah banyak yang terbantu, termasuk mereka yang keguguran berkali-kali, pernah kena kista, kanker, indung telur tidak normal, dll. Bahkan yang tuba falopi lengket juga bisa dibantu.
    Semoga bermanfaat….

    Salam,
    Tika

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. tri julianti says:

    hahaha baru tau nih bayi tabung itu sperti apa, ternyata gak jauh beda sama hamil biasa :))

    jika berkenan mohon kunjungi Info Ibu dan Bayi terima kasih :)

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. ida says:

    klu sperma sangat kurang ktif, apakah ada pengobatan agar sperma dpt aktif dan membuhi sel telur?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. ida says:

    klu sperma sangat kurang aktif, apakah ada pengobatan agar sperma dpt aktif dan membuahi sel telur?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0