Apa Itu Anoreksia Seksual?

Doktersehat.com – Tak dipungkiri bila seks merupakan salah satu kegiatan intim yang menyenangkan. Bahkan banyak orang yang ketagihan dengan sensasi yang dirasakan saat bercinta. Namun, ternyata tak semua orang senang bahkan cenderung menghindari seks. Kondisi ini merupakan kelainan seksual yang disebut anoreksia seksual.



Normal bila Anda sesekali kehilangan gairah dan tidak menginginkan seks. Namun, perlu diwaspadai jika kondisi ini berlangsung lama dan disertai pula dengan tingkat kecemasan yang tinggi. Bisa jadi ini pertanda jika Anda mengalami anoreksia seksual.

Gejala anoreksia seksual  ditunjukkan dengan timbulnya rasa ketakutan dan kecemasan berlebihan terhadap hubungan seksual. Akibatnya, seseorang akan menghindari seks. Sebagaimana dikutip dari Self, berikut ini tanda-tanda dari anoreksia seksual  :

1. Membenci segala sesuatu yang berhubungan dengan seks

2. Malu, menyesal, dan timbul rasa benci setelah melakukan hubungan seks

3. Keraguan diri yang obsesif

4. Muncul rasa takut berlebihan terhadap penyakit seksual yang menular

5. Berusaha merusak atau melukai diri sendiri untuk menghindari seks

6. Terjadi kekeringan seksual

Kondisi seperti ini harus segera diatasi dengan melakukan hubungan seksual yang sehat dengan pasangan karena dengan cara itu seseorang lebih merasa dicintai dan kehidupannya jauh lebih sehat. Seseorang yang memiliki masalah keintiman seperti anoreksia seksual seringkali disebabkan kurangnya kasih sayang dan kesulitan dalam mempercayai orang lain.

Selain itu, anoreksia seksual juga bisa disebabkan adanya trauma terhadap hubungan seksual terdahulu, adanya pelecehan seksual, atau akibat trauma emosional tentang hal-hal yang berhubungan dengan seks .

Bila gejala anoreksia seksual terjadi pada Anda segeralah lakukan pengobatan dengan terapis seks.

Sumber: detik.com